mengurus IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)

Sebelum memulai mendirikan bangunan, rumah sebaiknya memiliki kepastian hukum atas kelayakan, kenyamanan, keamanan sesuai dengan fungsinya. Ternyata, IMB tidak hanya diperlukan untuk mendirikan bangunan baru saja, tetapi juga dibutuhkan untuk membongkar, merenovasi, menambah, mengubah, atau memperbaiki yang mengubah bentuk atau struktur bangunan. Tujuan diperlukannya IMB adalah untuk menjaga ketertiban, keselarasan, kenyamanan, dan keamanan dari bangunan itu sendiri terhadap penghuninya maupun lingkunan sekitarnya. Selain itu IMB juga diperlukan dalam pengajuan kredit bank. IMB sendiri dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat (kelurahan hingga kabupaten). Dalam pengurusan IMB diperlukan pengetahuan akan peraturan-peraturannya sehingga dalam mengajukan IMB, informasi mengenai peraturan tersebut sudah didapatkan sebelum pembuatan gambar kerja arsitektur.

Persiapan pengurusan IMB
Untuk mengajukan IMB diperlukan dokumen-dokumen sebagai prasyarat kelengkapannya yang nantinya diperiksa kesesuaiannya oleh petugas yang bersangkutan. Adapun dokumen-dokumen tersebut antara lain :

  • Formulir permohonan IMB, yang bisa diminta di instansi tersebut. Isi dari surat permohonan tersebut kira-kira seperti ini :
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: ____________________
Alamat: ____________________
____________________
No KTP: ____________________
Sebagai pemilik rumah yang dimaksud, bersama ini memohon penerbitan
Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk rumah tinggal pada alamat di atas.
Demikian surat permohonan ini kami buat untuk dipergunakan sebagaiman
mestinya.
Tertanda,
(nama anda)
  • Fotokopi KTP pemilik dan/atau pengurus
  • Surat kuasa, bila yang mengurus adalah kontraktor pelaksana
  • Fotokopi bukti pelunasan PBB terakhir
  • Fotokopi bukti kepemilikan tanah yang sah
  • Gambar arsitektur berikut gambar situasi. Jika rumah anda tidak memiliki gambar arsitektur, dapatkan denah rumah dari kontraktor anda. Jika tidak memungkinkan, Dinas Tata Kota dan Bangunan juga memberikan jasa untuk pembuatan denah rumah.

Proses pengurusan IMB

skema tahapan pengurusan IMB :

imb.jpg
Secara prinsip, bila dokumen lengkap, 5-7 hari kemudian akan diterbitkan IP. Dengan IP kita sudh bisa mulai membangun sambil menunggu IMB yang keluar 20-30 hari kemudian. Selama pembangunan, petugas daerah akan melakukan control berkala dan evaluasi di lapangan. IMB memiliki masa berlaku 1 tahun. Apabila dalam 1 tahun pembanguna belum selesai, maka harus mengajukan permohonan perpanjangan IMB. Bila tahun berikutnya masih belum selesai, maka harus mengajukan permohonan pembuatan IMB baru.
Setelah bangunan selesai, masih ada surat yang diperlukan yaitu IPB (Ijin Penggunaan Bangunan). IPB memiliki masa berlaku 10 tahun untuk rumah tinggal dan 5 tahun untuk bangunan non hunian. Bila masa IPB habis, maka pemilik harus mengajukan PKMB (Permohonan Kelayakan Menggunakan Bangunan). Dalam proses tersebut petugas akan memriksa kelayakan bangunan tersebut, terutama dari segi struktur dan konstruksinya.
Semoga penjelasan tadi bisa membantu sebelum kita melakukan tahapan pembangunan. Dengan mengurus IMB secara benar dan jujur, akan memberikan kenyamanan, keamanan, dan keselarasan dari bangunan yang akan kita bangun dengan lingkungan sekitar. Jadi, jangan sepelekan perijinan IMB, ya…

untuk lebih kengkapnya, bisa klik di sini

sumber : serial rumah “Pengembangan Rumah Mungil”, dll

About these ads

124 thoughts on “mengurus IMB (Ijin Mendirikan Bangunan)

  1. mencoba menanggapi pertanyaan tingtong di comment about me tentang perlunya IPB..
    makasih mz/mb tingtong atas pertanyaannya.. hhmm lets read the article carefully.. ^_^

    “Setelah bangunan selesai, masih ada surat yang diperlukan yaitu IPB (Ijin Penggunaan Bangunan). IPB memiliki masa berlaku 10 tahun untuk rumah tinggal dan 5 tahun untuk bangunan non hunian.”

    berarti, seharusnya IPB diperlukan untuk semua jenis bangunan..

    • mbak presti, ada yang saya mau tanya kan? mbak apa beda imb dan ipb mbak? imb dulu yang keluar apa ipb dulu mbak???? tolong di balas mbak???

      • IMB : Ijin Mendirikan Bangunan
        IPB : Ijin Penggunaan Bangunan
        Diatas ada sedikit penjelasannya, say. Jadi, IMB, diperuntukan untuk ijin pada saat membangun rumah. masa berlakunya 1 tahun. Klo belum selesai, perpanjangan. kloa setahun lagi belum selesai, bikin IMB baru. nah, klo udah selesai dibangun, bangunannya mau digunaklan, baru ngurus IPB…. :)

    • bu saya pemula dlm bidang ini,saya punya tanah mau tak bikin ruko,untuk urus ijin sama permodalan mgsdnya,caranya menjalankan bisnis ini bagai mana?.trims tangguh pekalongan

  2. Mba Presty, saya mau tanya, gimana caranya mengurus imb pembangunan tower /menara saluran telekomunikasi/ BTS

    tolong balas secepatnya ya Mba, sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan terima kasih

    thank’s

    afri

  3. mz afri,

    maaf agak terlambat memberi informasinya, semoga masih berguna…
    mengenai perijinan mendirikan bangunan tower, prosedurnya, pada umumnya,hampir sama dengan IMB bangunan. tetapi memang bergantung pada kebijakan daerah/kabupaten masing2. karena setiap daerah memiliki peraturan perijinan yang berbeda.

    khusus untuk perijinan bangunan tower, peraturan umumnya berada di bawah wewenang departemen komunikas informasi dan departemen perhubungan. dalam pengajuan perijinan, harus ditinjau dari aspek tata ruang kota itu sendiri.

    yang paling penting, dalam perijinan bangunan tower saluran komunikasi / BTS harus mendapatkan rekomendasi dari dinas perhubungan terlebih dahulu. karena sinyal dari saluran komunikasi memiliki pengaruh terhadap dinas perhubungan udara (transportasi udara). untuk daerah yang dekat dengan bandara, maka peraturan yang diberikan untuk perijinan mendirikan tower akan lebih rumit.
    untuk mendirikan tower di daerah pemukiman, juga memiliki peraturan tersendiri, seperti tinggi maksimal, jarak radius dar pemukiman, dll.

    jadi inget dulu kayaknya pernah ada kasus di suatu daerah berkaitan dengan pendirian sebuah tower saluran komunikasi yang meresahkan warga… :-)
    semoga informasi kecil ini bisa bermanfaat…

    • Presty kamu tu kuliah opo too.. aku yang kuliah di Tek Sipil kok kalah yoo.. ehehehe.. ijin copy ya bu’, persiapan buat bangun rumah nanti :)

      pa kabar nih? masi di Bengkulu aje? :D

      • haha, yo arsitek tho yaa kuliahnya wid…. :D
        sip, silahkan copass..
        ho-o ni, masih d bengkulu… mana dapet PNS pulak! huehehee..
        hehe, 10 hari lg diriku meried loh, doain yaaa :)

    • pak ,.bagaimana kalau saya mau mendirikan tower triangel 25meter tapi di daerah pedesaan dan pegunungan daerah tambaksari wanareja,untuk kebutuhan jaringan wi-fi,…terimakasih

  4. info yg membantu, mksih

    • tolong info

      saya sisca mohon bantuannya atas pengurusan masalah imb,kami sekarang tahap akhir membangun ,kami renovasi bangunan kami dulu ambil kpr tapi saya beli cash,dulu tipe 45 kami rubah jadi luas bangunan 120m2 sedangkan imb dari properti yang standart tipe 45 ,kami belum terima dengan alasan masih dalam proses, dan sekarang pihak kami selalu was2 masalah ini, bagaimana caranya untuk mengurus imb dari tipe 45 ke 120,tolong di bantu penjelasan perincian perhitungan secara detil ,mohon di bantu jawabannya, atas bantuannya kami ucapkan terimakasih

  5. Bu, mau tanya saya mengurus permohonan surat IMB untuk rumah lama.
    Setelah diurus yang keluar IPB (Izin Penggunaan Bangunan), saya dapat dokumen berupa buku, plat imb dan plat ipb. saya tidak mendapatkan surat IMB, apakah prosedurnya memang begitu.
    Apa beda IMB dan IPB, apakah dengan IPB sudah bisa mewakili dokumen untuk pengajuan kredit ke bank.
    apakah kedua dokumen ini harus kita miliki untuk kelengkapan dokumen rumah tinggal. tlg dijawab ya Bu…kalau bisa ke email langsung.terima kasih

    = = = = =
    sebelumnya, IMB tersebut saudara perlukan untuk apa?
    apakah saudara akan melakukan pembangunan?
    perbedaan IMB dan IPB seperti yang sudah saya jelaskan di postingan ini. untuk lengkapnya akan segera saya kirimkan k email bapak

    • hello, saat ini kebetulan saya mengalami kasus yang sama. saat ini saya akan membeli rumah dengan status SHM thn 2000, terdapat beberapa kendla yang saya alami :
      1. Tanah dan bangunan bukan atas nama si penjual tetapi atas nama kakaknya. langkah yang saya lakukan adalah membuat surat Perjanjian Kesepahaman Kepemilikan BAngunan dan Tanah antara keduanya yang menyatakan milik si penjual.
      2. bangunan dan tanah yang saya akan beli tidak memiliki IMB sedankan bangunan sudah berdiri dari tahun 1980. bagaimana mengurus IMBnya
      3. PBB yang tertera luas tanah tidak sama dengan yang tertera di sertipikat, ini terjadi karena saat penjual melakukan penambahan luas tanah tidak dilaporkan ke kantor pajak, jika melihat tanggal sertifikat ini sudah terjadi sejak tahun 2000.

      mohon masukannya jika ada gambaran biaya pengurusan akan sangat membantu

      hormat saya
      rachmat

  6. Yth. Mbak Presty,
    Saya merenovasi rumah, dan sudah mengurus IMB-nya, tapi IMB-nya hilang apa yang harus saya lakukan; dokumen apakah yang saya perlukan dan berapa biayanya.

    saya tinggal di komplek perumahan.

    Terimakasih.

  7. mbak saya orang yg awam mau menanyakan apa fungsi dari IMB,? saya memiliki tanah beserta bangunan namun ,surat yang saya punya hanya sertifikat Hak MIlik,belum ada IMB, dan saya denger rumah saya akan di bongkar untuk proyek pelebaran jalan, apakah nanti uang ganti rugi yang akan saya terima lebih banyak jika ada ijin IMB?

  8. bu, mohon bantuannya…
    saya rencana membangun sebuah bangunan seperti ruko/ pasar yg saya sewakan.
    terus untuk pengurusan IMB saya sedikit terlambat, bangunan sudah dibangun 10 % baru mengurus IMB…
    apakah mungkin perizinan tersebut dipersulit.??
    kalau tidak apakah sama persyaratan (imb) mendirikan sebuah pasar / ruko dengan rumah biasa..????
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak…

  9. Selamat siang bu,
    Keluarga membeli sebidang tanah (girik) di daerah Cipanas (masuk kedalam), rencananya mau di tanami pohon2 sekaligus mendirikan rumah JOGLO (rumah adat jawa) untuk dapat digunakan sebagai tempat peristirahatan kalau kelokasi.
    Pertanyaan : 1) Apakah pembangunan rumah JOGLO (rumah jawa) juga memerlukan IMB? 2) Adakah batasan luas suatu bangunan yang memerlukan IMB ? Misal: dapur yang berukuran 3×4 m2, perlu IMB?

    Kami sangat mengharapkan jawaban dari ibu, terima kasih sebelumnya. -pingkan-

  10. Bagaimana dengan advice planning??? Fase-fasenya seperti apa???

  11. Terima Kasih atas informasi yang sudah di”share”… sangat membantu…

  12. shalom…
    mo nanya nie buu … bagaimana dengan tatacara / urutan penganjuan IMB gereja mohon petunjuknya. terima kasih. GBU

  13. ssalammualikum
    istri saya memebeli rumah 2 bulan lalu dengan serifikat shm atas nama istri saya.pas sy cek tidak ada imbnya karena tidak mengertian istri saya tersebut.saat saya mau mengurus dengan diwakili oleh seseorang diyatakan bahwa status tanah itu PHU dan tidak bisa terbit imbnya katanya
    pertayaannya adalah :
    1. bisakah saya mngurus izin imb secara resmi/non resmi yang penting imb keluar.dan berapa kisaran uang yg harus dikeluarkan kalau tidak resmi
    2.tetangga saya punya izin imb.apakah izin tersebut asli.apakah cuma aspal saja.
    3. apakah yg dimaksud tanah PHU.bagaimana saya terlanjur beli dan tinggal disana.takut banayak oknum kecamatan minta uang rokok nih.iyakalau satu kalau seratus.

  14. ada yang mau saya tanyakan…
    rumah saya sudah dibangun 5 tahun yang lalu… dan oleh kontraktornya memang tidak diurus IMB nya..
    nah sekarang saya hendak mengurus… kira2 denda yang harus saya bayar berapa ya… dan kisaran biayanya berapa ? luas rumah saya 80m2

    Terima kasih atas bantuannya.

    = = = = =
    hhmm.. jujur dew, presty gatau kisaran harganya berapa…
    dan sepertinya tiap daerah berbeda, karena IMB diatur oleh pemerintah daerah.

    itu rumah dew bangun sendiri atau beli jadi?
    IMB itu hanya diperuntukkan untuk bangunan yang akan dibangun/di renovasi dew.. klo bangunan yang udah jadi, yang diperlukan iotu namanya IPB. sebagai warga negara yang baik dan taat pajak, ada baiknya dew coba urus kepemilikan IPB itu, klo emang belom punya..

    maap ya dew, gbisa membantu banyak..
    ^_^

  15. Bu, Mohon informasinya mengenai peraturan mengenai IMB.
    dari Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri sampai peraturan Daerah.
    kalau saya tidak salah, peraturan pemerintah tidak mengatur tentang IMB tetapi peraturan IMB diatur didalam Peraturan daerah masing masing.
    Terima kasih atas bantuannya
    Mohon bantuan nya dan terima kasih

    = = = = =
    hhmm..
    IMB itu diatur dalam hukum pranata pembangunan. pemerintah pusat mengatur IMB, hanya tidak detail. hanya penegasan bahwa setiap bangunan wajib memiliki IMB pada saat membangun/renovasi. untuk detail IMB, memang diatur oleh pemerintah daerah.

    kenapa diatur setiap daerah? karena tiap daerah memiliki karakteristik berbeda. pemda juga memiki RUTRK (rencana umum tata ruang kota) sendiri, yang mengatur tata ruang kawasan perkotaan masing2. menetapkan letak kawasan pemukiman, penduduk, wisata, perkantoran, dll. RUTRK ini juga mengatur masalah aliran limbah perkotaan, jaringan listrik, dll. nah, perolehan IMB itu sendiri berdasar RUTRK ini.

    dalam memperoleh IMB, pemda sebaiknya tahu terlebih dahulu fungsi bangunan, apakah bangunan yang ingin di bangun berada pada area yang diijinkan, apakah memenuhi syarat ketentuan yang berlaku untuk bangunan di area itu (ketinggian bangunan maks, fungsinya, GSB,dll dll), dsb. sehingga pada masa penggunannya, keberadaan bangunan tersebut tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya.

    semoga penjelasan sederhana ini bisa dipahami..
    ^_^

  16. Salam kenal mba,
    Trim’s atas artikel cara urus imb-nya. saat ini saya memang sedang butuh info seputar imb dan lanjutannya krn berencana mendirikan bangunan ruko.
    Moga akan ada pertanyaan2 di kunjungan berikutnya.

    note:mohon info kenapa link “untuk lebih kengkapnya, bisa klik di sini” tidak bisa dibuka ya?

    rgrds

  17. Assalamualaikum…
    Terima kasih untuk penjelasan nya atas peraturan mengenai IMB.
    mohon dibantu lagi mengenai tata cara pengurusan IMB untuk tower telekomunikasi beserta persyaratan nya dan dasar peraturan perundang undangan nya. (misalnya tata cara pengurusan IMB tower di satu daerah tertentu saja.)
    terima kasih sebelumnya.
    wassalamualaikum

  18. Salam kenal mba,

    saya mau tanya, saya mempunyai ruko yang baru saja saya beli terdiri dari 3 lantai. saya ingin menambah bangunan menjadi 4 lantai,bagaimana cara mengubah IMB-nya? prosedur apa yang pertama saya lakukan?

    Terima kasih…

  19. Mau tanya, ada yang tahu urus izin KMB (Kelayakan Menggunakan Bangunan)?
    Bisa dihubungi dimana ya ?
    thanks.
    Sani

  20. Mba, mo tnya, rumah mama sy lagi dibangun ulang, kita pakai jasa kontraktor borongan. Saat ini rumah lama suda dirobohkan, dan sdh dibangun yg baru lantai 1 dasarnya saja, dan rangka2 nya. Permasalahan muncul,kontraktor blg, imb ga bs keluar, karena rumah itu mst nya diperuntukkan untuk jalan umum , jadi dinas tata kota tdk keluarkan ijin. Kontraktornya blg bisa keluarin plat kuning setelah “uang” keluar (ktnya sekitar 20juta), tapi kt kontraktor lagi, dia tdk bs mengurus surat imb nya. Jadi tanggung jawab dia hny sampai rumah kelar dibangun, tp surat imb tdk dpt jg blueprint tdk dpt. Pertanyaan saya : 1) apa mgkn kita pnya SHM tp tata kota seenaknya saja mengalokasikan tanah kita utk jalan? 2) apa masalah yg mgkn timbul bila bangunan selesai tp kita tdk punya imb dlm bentuk surat? 3) kenapa kl jual rumah yg diminta itu imb, bukan ipb? 4) berapakah biaya untuk mengurus ipb? 5) setelah bangunan selesai, apa mgkn bangunan di bongkar lagi krn tdk pnya imb?
    Terima kasi mba sebelumnya utk jawabannya. Saya resah krn masalah ini, krn ini rumah warisan dari papa, dan mama jg perna sakit keras, sy tdk mau gara2 masalah ini beliau kepikiran terus. Soalnya untuk pembangunan rumah ini, kita ngumpulinnya juga susah payah. Jgn sampai stlh selesai malah mo dibongkar secara semena mena dgn alasan tdk pnya imb. Terima kasi mba sekali lagi atas penjelasannya. Salam.

  21. hi, salam kenal,
    mao nanya donk, soal pembangunan BTS. disebelah saya lg dibangun menara bts. kami tinggalnya di ruko 3 lantai. masalahnya, warga pada tidak setuju dan pernah dibongkar 2 kali. sekarang dibangun lagi dan anehnya sebelah saya sudah ada IMB-nya. kok bisa yah? padahal kami pada tdk setuju. bahkan RT, RW dan Kelurahan jg tidak tahu. skrg dlm tahap pendirian. skrg kami bingung musti gmana lagi. tolong bantuannya, terima kasih sebelumnya.

  22. saya mau tanya, saya lagi renovasi rumah yang luasnya 60M (type 29), dimana saya renov menjadi 2 lantai. selagi saya bangun datang orang PEMDA BEKASI yang menanyakan IMB, padahal status rumah saya masih Kredit BTN, yang saya tahu kalau belum lunas kan tidak bisa mengurus IMB, karena surat menyurat dan IMB asli ada ditangan Bank, tapi orang Pemda tersebut bilang bisa mereka urus, walaupun surat2 masih ditangan Bank, apakah benar dengan pernyataan orang PEMDA tersebut atau hanya akal-akalan orang itu saja yang ingin cari uang rokok? dan dia juga akan memberikan surat undangan untuk datang ke Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan, mohon penjelasannya dari Bapak2 yang mengerti Hal ini. Terima kasih

  23. Dear Momod,

    Mohon ijin copy link ya..

    Regards,
    Toro

  24. kalau untuk pengurusan ijin guna pakai lahan parkir gimana nich. please jawab yaaa triim. ilmu/ pengetahuan jika di berikan dg iklas pasti akan menambah gitu. trims bantu saya yaaa. biar bantu diri anda

  25. mau tanya, saya rencana membangun rumah di tanah seluas 72 m2 dan luas bangunan kira2 138 m2. Berapa yah tarif penerbitan IMBnya? Saya dimintai oleh petugas camat jaksel uang 10 JUTA untuk biaya IMB.

  26. ijin brtanya bu, saya baru beli rumah baru, dan ingin (renovasi) menambah jumlah ruangan, bagaimanakah perijinannya? terima kasih

  27. Selamat pagi Mbak Presty, Saya membeli rumah dalam kompleks perumahan dengan standar tipe 65. Kemudian saya renovasi perpanjang ke belakang dan 1 lantai ke atasnya. Ketika saya mengurus IMB nya dan lama tidak keluar walaupun semua persyaratan sudah saya penuhi sementara renovasi rumah terus berjalan, akhirnya disarankan mereka untuk pemutihan saja karena bangunan sudah hampir selesai. Akhirnya IMB tsb keluar namun juga ada IHB dengan jangka waktu 5 thn. Yg ingin saya tanyakan: Apa perbedaan IMB dengan IHB? Apa kegunaan IHB? Apakah memang wajar IHB sementara rumah itu kita bangun atas biaya kita dan untuk menghuni masih harus membayar lagi? Apbl habis jgk waktu IHB apakah harus diperpanjang terus?

  28. salam kenal mba,

    mba mau tanya,
    1. seberapa kuatkah IMB yg dikeluarkan dari kelurahan dengan kecamatan/kabupaten di mata hukum?
    2. bagaimana cara perhitungan biaya pembuatan IMB jatimurni, kota bekasi?
    3. klo pembuatan IMB menggunakan KTP selain KTP kota bekasi bisa ga?
    4. apakah ada biaya u/ IPB?

    mohon bantuan mba u/ dapat menjawab pertanyaan2 saya ini& untuk disampaikan ke email saya.

    sekian & terima kasih

  29. Kepada Yth,
    Mbak Presty,

    Mbak, saya mau bertanya, apabila saya ingin meninggikan jalan masuk ke pabrik saya , apakah perlu izin? lokasi yg ditinggikan adalah depan pagar (diatas Saluran ai/got)sampai ke dalam lokasi pabrik,
    Terima kasih

  30. slam kenal mba presty,
    mba saya mo nanya nich…..saya beli rumah kredit lewat BTN selama 10 tahun. tahun ke 3 sayalunasin semua. sertifikat saya msh di BTN karena IMB nya katanya belom jadi… saya dh tanyakan ke BTN, dari sana saya di suruh chek ke developer. setelah di developer sya tanya sesopan sopannya..sampai kira kira bolak balik ada 10 kali selama 3 tahun juga setelah pelunasan.. saya jadi jengkel, jawabannya diulang ulang seperti itu (MAAF LAGI DI URUS-MAAF LAGI DI URUS). kalo rekan2 saya yg juga sudah di lunasi sudah ada yang komplit (sertfkt n imb). kalo saya urus sendiri katanya mahal.. dan itu kan masih tanggungan dari developer perumahan. banyak rekan2 saya jg demikian tapi hanya saya yg selalu aktif nanyain. bagaimana solusinya ya mba.. rasanya belum plong kalo rumah sudah lunas tapi surat suratnya masih keteteran ulah developer…

    PERLU DI KETAHUI :
    NAMA DEVELOPER : ALINDATAMA SAKTI
    ALAMAT DEVELOPER : CIKARANG, Perum MEGA REGENCY
    NAMA PERUMAHAN : PERMATA CENGKONG PERSADA
    ALAMAT PERUM : Ds.CENGKONG, Kec.PURWASARI, KARAWANG TIMUR

    saking jengkelnya pengin saya coba lapor lewat jalur hukum, tapi saya masih sabar sy tahan dulu. dan setiap di tanya lagi, seperti itu lagi…saya bingung sistem kerja developer ini… makasih sebelumnya mba presty atas jawabannya.

  31. mbak presty..

    saya ingin menanyakan ttg pengurusan IMB, buat persyaratan KPR . awalnya saya melalui calo (oknum freelance dari p2b yg melayani pengurusan IMB, tidak ada petugas p2b ASLI yg melayani masyarakat) untuk mengurus, ternyata setelah 15 juta yg diberikan baru bisa advis palning dan gambar arsitektur, jadi berkas belum diserahkan ke p2b. AKHIRNYA saya mencoba untuk mengurus sendiri melalui prosedur yg ada. semua berkas IMB saya serahkan ke meja layanan p2b yg ditempat lain (di jaktim ada 2 tempat layanan), kemudian kata petugas p2b dari meja layanan p2b berkas yg sudah masuk, akan dilanjutkan ke subdin pengawasan dan setelah diajukan cek ke lapangan baru muncul imb. sekedar informasi rumah yg saya beli berdasarkan peta rencara tata kota rumah saya masuk dalam WKT(wisma ruko/dagang) sehingga pengurusannya tidak bisa lewat kecamatan tapi langsung ke p2b di tata kota (jakarta timur). pertanyaan saya…prosedur apa saja yg harus saya lakukan setelah berkas semua sudah masuk, berapa lama saya harus menunggu hingga terbit IMB. terima kasih atas bantuaanya

  32. salam bu…
    saya sinta baru membeli ruko di medan..
    apa apa aja berkas yg harus saya miliki sebagai tanda bahwasanya ruko tersebut sudah syah menjadi milik saya..
    saya takut suatu hari akan ada permasalahan..
    atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih..

  33. Mohon bertanya.
    Saya memiliki rumah berukuran 4 kali 10 meter. kemarin saya menambah dengan ngecor menjadi 2 lantai.Apakah harus ada ijin menambah bangunan.
    Mohon segera dijawab darurat.
    Terimakasih

  34. Mb, mohon bantuanya.
    Rumah kost saya adalah perumahan dan IMB nya masal atau ikut IMB perumahan. Sedangkan rumah saya sudah berkali kali pengembangan. Bagaimana baiknya terkait IMB rumah saya? Jika saya memisahkan jadi IMB personal khusus rumah saya, bagaimana prosedurnya, apakah sama dgn pengurusan di postingan diatas? Dan apakah nantinya saya dikenai denda atas pengembangan yg dilakukan tanpa ijin terlebih dahulu?

    Terimakasih. Saya harapkan bantuanya.

  35. mbak presty..

    saya ingin menanyakan mengenai batas mendirikan bangunan dipersimpangan jalan / hoek. soalnya sekarang ini di depan komplek perumahan saya dipinggir jalan raya sedang dibangun sebuah rumah dan tembok samping dan depan tingginya 3 mtr sampai pinggir jalan, sehingga kami warga komplek bila ingin keluar naik kendaraan motor / mobil menuju ke jalan raya tidak bisa melihat kendaraan dari arah kiri, begitu pula bila ada kendaraan dari jalan raya arah sebelah kiri yang mau masuk belok ke kanan ke komlek kami tidak bisa melihat kendaraan yang mau keluar komplek.
    yang ingin saya tanyakan apakah mendirikan tembok setinggi 3 meter sampai ke pinggir jalan diperbolehkan? karena kami sebagai pengguna jalan merasa terganggu bila ingin ke jalan raya. mohon penjelasannya dan bila ingin komplain kemana kami harus komplain masalah tersebut. terima kasih sebelumnya

  36. kalo di Karanganyar solo lebih gampang lagi persyaratannya…
    cuma FC sertifikat, (2 x) FC KTP (2x), FC Gambar/denah bangunan (3X)
    kemudian ke :
    1. kelurahan minta tanda tangan plus stempel (50rb + retribusi)
    2. kecamatan minta tanda tangan plus stempel (sda)
    3. Pelayanan Terpadu id itung trus nunggu selesai.
    kemarin luas tanahku 164m2 habis 850 rb, 2 minggu sudah jadi
    awalnya sih tak kiraain susah ternyata gampang banget…

  37. Mau tanya mbak, martua aku punya rumah yang disewa sejak tahun 1940 an, setiap tahun penyewa membayar sewa, hanya surat rumah tersebut terbakar pada tahun 1950an, saat ini rumah tersebut sedang direnovasi oleh penyewa tanpa seizin martua kami, bagaimana seharus kami lakukan… terima kasih atas jawabannya.

  38. Mbak presty….
    Saya mau tanya. Rencana saya mau bangun rumah tinggal tetapi tanah yang saya tempati masih tanah sawah. bagaimana cara mengurus IMBnya? Apakah cuma IMB bangunan biasa atau harus mengurus pengeringan lahan juga? terimakasih atas jawabannya.

  39. kemana pertama kali bila kita harus mengurus IMB kelurahan atw kantor apa

  40. Selamat ajick. Tidak demikian yang saya alami di kabupaten bekasi sebulan ini. Saya akhirnya kubur impian punya imb karena melihat di depan saya berbaris setan-setan mata duitan, meski saya sudah punya syarat lengkap, rekomendasi kecamatan juga sudah ada(300ribu melayang), malah sudah nginap di bppt hampir sebulan. Anda beruntung sekali. :)

  41. Dear mba Presty

    Mba aku mau tanya untuk syarat pengajuan kredit ke bank yang menggunakan jaminan SHM itu harus ada IMB nya, nah yang mau aku tanyakan fihak bank mengecek ke dina tata kota tidak ya…atas keabsahan IMB tersebut…..? trimakasih atas jawabanya.

    Hormat saya

    Tari

  42. mbak saya mau tanya. misalnya ada tanah a/n pribadi dan kemudian si pemilik tanah ingin membuat imb atas tanah itu untuk keperluan perusahaan. bisakah tanah a/n pribadi dibuat imb tapi di imb nya atas nama perusahaannya??

  43. Mbak gimana ya cara urus IMB buat tempat usaha apa sama seperti mengurus IMB rumah hunian?

  44. bisakah imb tanah dibawah sutet

  45. Bu/pak ….
    saya ingin menanyakan dimanakah kalau kita ingin mendapatkan izin mendirikan bangunan di kot PEKANBARU

  46. Bu saya mau tanya, kalau saya mau bikin bangunan toko luasnya kira2 6 x 6 m, berapa yha biaya yang harus saya keluarkan . . terima kasih atas bantuannya

  47. Ibu mohon infonya donk,…
    saya bangun rumah dikampung tepatnya type 21, alhamdulillah sudah selesai bulan agustus ini. Dan baru di isi sekitar 4 hari datanglah seseorang yang mengaku petugas dari kecamatan
    yang meminta biaya IMB sebesar Rp: 560.000 rupiah, nah… yang jadi masalahnya saya tidak mengerti dan tidak tahu cara itung-itungannya dari mana 560.000 itu..?
    tapi yang anehnya lagi rumah tetangga yang lainnya tidak dipungut”

    Atas bantuan dan informasinya saya ucapkan banyak terima kasih.

    hormat saya:
    Ujang Ruslye

  48. BU maaf mau tanya apakah sebuah bangunan dalam mengurus IPB & IMB juga akan ditanyakan dokumen lingkungan nya, kalo iya dokumen seperti apa ?

  49. Kalo seandainya IMB rumah hilang, bagaimana cara untuk mengurusnya kembali yah??
    Sehubungan rumah tsb akan dijual.
    Terimakasih

  50. Salam kenal , saya mau tanya proses IMB Bagaimana Untuk daerah Tangerang apakah Biaya Retribusi sama tidak dengan retribusi daerah lain ? kalau ada perbedaan kisarannya brp, trimakasih.

  51. Selamat siang…
    Bu… Rumah kami trletak dibelakang perumahan ўɐ♌ğ tdk jauh garis pmbatasnya dgn rumah kami. Oleh krn itu, stiap ada prubahan struktur pmbangunan dari pemilik rumah (pnmbhn bngunan ataupun prubahan bangunan) maka rumah kami slalu trkena dampaknya spt atap rumah ўɐ♌ğ bocor krn kena batu2an dr pmugaran rumah tsb. Apakah ada diatur dlm pmbuatan IMB bhwasanya pmbangunan hrs dilksnakan dgn trtib srta tratur tnpa mrugikan pihak lain? Jk ada mohon informasinya agar jk trjadi sesuatu dgn rumah kami, kami dpt melakukan pngaduan ke pihak brwajib guna mengetahui hak2 kami slanjutnya. Trims atas informasinya.

    • Ass.
      Ibu, sy mohon penjelasannya, bgm prosedur pengurusannya jika dokumen IMB hilang, apakah prosedurnya sama dengan prosedur pengurusan sertifikat?
      Terimakasih,

      Wass,
      Nita

  52. wow… cool.. bagus banget nih tulisan.. saya penggemar teknik dan akan memulai usaha perumahan.. bagi tips and trik donk.. boleh..??

  53. Dear mbak presty.. kasusku mgk byk jg dialami ama teman2 lainya.Aku pny rmh BTN Luas 72m2..sewaktu beli rumah kondisi satu lantai.sekarang aku bangun jd 2 lantai. Lagi enak2 ngebangun dtg petugas Satpol PP minta ditunjukin IMB rmh..Klo IMB rmh bgnan 1 lantai aku ada.Apa IMB dg bgnan 1 lantai saja dah cukup mbak,g perlu ngurus IMB dgn design rmh yg baru?Aku pernah baca, klo luas tanah TIDAK ADA 200m2 tdk perlu mengurus ImB lg klo mang ada IMB satu lantai.Mohon informasinya ya mbak..terimakasih ya..

  54. Salam kenal bu,

    saya mau tanya, jika dalam tata letak dan lokasi di peruntukkan untuk sarana ibadah dan saya sudah terlanjur beli untuk dibuat rumah bagamana ya bu agar bisa terbit imb untuk rumah tinggal, apa ada peraturan yang bisa menguatkan apabila permohonan perizinan saya di tolak oleh pemerintah dan kalau ada buku tentang hal tersebut tolong sekalian diinformasikan kepada saya. mohon bantuannya atas pertanyaan saya tersebut karena saya sangat butuh jawaban tersebut. atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    • ketika membeli rumah, apakah sudah ada site plan yang menyatakan bahwa tanah tersebut diperuntukkan untuk tempat ibadah?
      tata letak itu berdasarkan atas apa? lokasi di perumahan atau bagaimana?
      biasanya, yang dipermasalahkan pemerintah adalah ketika bapak membangun rumah di kawasan industri, atau bangunan yang direncanakan tidak sesuai dengan syarat tinggi bangunan, dll dll.
      untuk lebih jelasnya, bapak bisa datang langsung ke pelayanan terpadu pengurusan ijin yang biasanya terdapat di Kantor Walikota/Bupati.
      Terima Kasih

  55. oh iya saya lupa ini email saya fardanraka@yahoo.com. sekali lagi saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas jawaban pertanyaan saya

  56. salam kenal,,

    sy mau tanya, bagaimana cara memperpanjang IMB yang telah ada?? apakah dikenakan biaya?

    • kalau untuk perpanjangan IMB, tergantung kebijakan daerah masing2. mba Novi bisa datang langsung ke pelayanan ijin 1 atap yang biasanya sekarang ada di kantor2 pemkot atau pemkab.. :)

  57. saya mau beli tanah,tp yg saya incer tanah tsb ada PHU nya, -+ 40%.
    saya kurang paham tentang PHU. yang di maksud PHU itu apa?
    mohon penjelasanya. tanks

    • mungkin PHU yang mas Halid maksudkan adalah Peruntukan Hijau Umum. Jika memang begitu, bisa berarti, tanah yang saudara incar berada di kawasan yang memiliki ketentuan PHU 40%. Artinya, 40% tanah yang dimiliki harus merupakan lahan hijau bagi publik.
      sebenarnya saya kurang memahami secara mendalam masalah PHU ini, jika memang PHU yang dimaksud sama dengan yang saya terangkan tadi, mas Halid bisa melihat Undang-undang no.26 Tahun 2007, berikut linknya : http://hukumonline.com/pusatdata/download/fl52198/parent/26897.
      Maaf jika penjelasan saya kurang berkenan, saya juga masih belajar. terima kasih, mas Halid :)

  58. salam kenal,

    saya sudah mendirikan bangunan rumah tinggal untuk saya tinggalin bersama keluarga dan belum ber IMB, apakah saya perlu mengurus IMB-nya? Klu iya maka bagaimana cara mengurus IMB untuk bangunan rumah tinggal yang sudah terlanjur dibangun tanpa IMB?

  59. Mbak Presty ..saya boleh tanya, bagaimana jika pada sertifikat a.n alm.ayah saya ternyata hanya tertera luas tanah saja, tidak ada luas bangunan, pdahal sudah lama dibangun rumah diatasnya?bagaimana prosedurnya? apakah harus dibalik nama a.n ahli waris dlu baru urus IMB, atau bagaimana? terima kasih banyak atas jawabannya.

    • memang sebaiknya dibalik nama dulu agar kepemilikannya jadi jelas. tapi asal ada sertifikat dan pernyataan bahwa saudara adalah ahli waris beserta ahli waris lainnya maka dapat juga diproses qo.

  60. ada proses yang lebih singkat kah??? :-)

  61. alo, saya masih awam nih….
    baru-baru ini saya membeli rumah dan untuk IMB nya hanya mendapatkan fotokopi yang sudah dilegalisir (IMB nya untuk tiga kapling nomor 2,3, dan 4 sedangkan rumah yang saya beli no 2).
    pertanyaannya adalah apakah legal saya hanya memegang fotokopi IMB saja? terima kasih untuk pencerahannya :)

  62. Penjelasan tentang IMB, sangat membantu sekali. Saya minta tolong juga dimana ya kantor IMB untuk Jakarta timur? Sebelumnya terima kasih Mbak Presty

  63. bagi teman2 yang berdomisili di DKI Jakarta dan membutuhkan informasi mengenai IMB, IPB, KMB bisa langsung menghubungi saudara Aris Djiwosusilo di Nomer 0813 1501 1288..
    semoga bermanfaat :)

    • Mba Presty, saya mau tanya, saya mengajukan renovasi rumah, diminta surat ijin tetangga kiri kanan dan belakang. salah satu tetangga tidak mau menanda tanganinya.
      apakh surat ijin tetangga mutlak diperlukan?
      Bagaimana pemecahannya kalau tetangga tidak mau memberi ijin.
      Terima kasih

  64. mba rumah saya ber imb.saat ini terkena pelebaran jalan sehingga gsb nya berkurang.apakah saya berhak untuk menuntut ganti rugi untuk mendapatkan gsb yang seharusnya.dan peraturan yang mengatur nya tolong diberitahu,trims sebelumnya .

  65. tata cara mengurus perubahan IMB / karena merenovasi rumah??

  66. Selamat dan terimakasih, memang tidak mudah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang IMB, walaupun setiap daerah itu prosedurnya berbeda, namun secara prinsip tetap sama, kadang kepada pejabat daerah pun sulit memberikan pemahaman, banyak yang menganggap pengurusan IMB seperti mengurus KTP tanpa muatan teknis. Sekai lagi terimakasih.

  67. Mbak…mo nanya..ngurus imb perlu nggak surat tanda persetujuan dari jiran tetangga. Titik persoalannya sebenarnya sekarang ini tetangga saya membangun rumah bertingkat, mulanya itu tanah kosong, tanpa ada basa-basi izin atau mau kenalan ama tetangga tiba-tiba maen bangun aja, Bangunannya tersebut bersinggungan dengan les plank atap saya, dan pekerjanya tidak segan2 menginjak seng/atap saya untuk menyemen. Mohon penjelasannya serta apa jalan yg mesti saya tempuh mbak..

  68. Bu, izinkan sy bertanya.
    Saya punya tanah dipinggir jalan negara,
    Saya ingin membangun dan mengurus IMB namun kendalanya tanah tersebut memiliki surat tanah dari kelurahan atau dari kecamatan, dan belum pernah bayar PBB, yang ingin saya tanyakan?
    1. Seperti apa bukti surat tanah yg di harapkan?
    2. Apakah boleh mengurus tanah hny dgn SK Lurah ?

    Mohon pencerahannya bu, terimakasih

  69. Mbak presti …saya masih awam ni tentang izin izin,,di sini saya mau tanya,,saya rencana mau beli tnh untuk di buat perumahan,,kelas mengah kebawah,,izin izin apa aja yang harus di buat,,sebelum pelaksanaan pembuatan perumahan tersebut,,tolong di jelaskan ya mbak,,

  70. OMG , apakah Anda melihat whats terjadi di Suriah ? Meskipun tindakan keras pemerintah brutal, manifestasi melanjutkan

  71. salah kaprah dalam retribusi izin-izin di indonesia termasuk IMB ini adalah bahwa retribusi ini dijadikan target dalam PAD. padahal IMB ini adalah sebagai pengendalian dalam perkembangan fisik suatu kawasan. Jadinya dasar pemberian izin ini tak pelak hanyalah dari kemampuan si pemohon untuk membayar, bukan dari kelayakan bangunan atau daya dukung kawasan. Retribusi ini pun sebenarnya hanyalah kontribusi masyarakat dalam membantu pemerintah untuk menyelenggarakan administrasi perizinan, dalam prakteknya disalahkangunakan oleh oknum untuk mempertebal kantongnya.

    • Saya setuju pendapatnya. Sangat tidak wajar Perijinan menjadi obyek PAD…
      Rasanya beberapa Daerah di Jawa Tengah dan kalau tidak salah, Lampung sudah mulai mengkoreksi kesalahan ini dengan membebaskan biaya beberapa perijinan.
      Tapi biasa, PNS banyak akalnya soal ‘narik duit’, “Iya Pak tidak ada biaya lagi…, paling hanya untuk Pengisi Kas Kita”.

  72. mbak apa yang harus di lakuka jika perijinan di tolak karna unsur politik padahal syaratnya sudah lengkap???
    saya mohon jawabanya ya…

    by : reza

  73. apakah file atau kalkir blue print bisa kita dapatkan?

  74. mbak’presty,

    saya sedang mengincar sebuah rumah di dalam komplek di daerah pamulang, tapi kendalanya si penjual tidak memiliki IMB dan saat saya tanya dibilang kalau IMB mereka global dari pihak developer tetapi saudara saya yang tinggal di komplek yang sama memiliki IMB, yang ingin saya tanyakan:

    1. resiko terburuk apakah yang kemungkinan terjadi jika saya tetap membeli rumah tersebut??

    2. kalau saya ingin mengurus IMB nya, prosedur apakah yang harus saya lakukan dan persyaratannya?? sekadar informasi developer komplek perumahan tersebut sudah tidak ada karena komplek tersebut berdiri tahun 1986an jadi bagaimana saya mengurus IMB nya??

  75. mbak kalo untuk kawasan industri didaerah karawang barat untuk IMB kisaran biaya untuk pengurusanya berapa ya dan apa saja surat@2 yang diperlukan (Bangunan pabrik 2 Lantai LB +/- 5.5 Ha) tolong infonya thx salam

    • maaf mas, untuk domisili di DKI Jakarta dan membutuhkan informasi mengenai IMB, IPB, KMB bisa langsung menghubungi saudara Aris Djiwosusilo di Nomer 0813 1501 1288..
      semoga bermanfaat ^^

  76. salam kenal untuk semuanya. Bagi yang ingin lebih jelas mengenai apa itu IMB atau IPB/KMB yang sekarang berganti nama menjadi SLFn (Sertifikat Laik Fungsi ke-n), saudara sekalian bisa berpartisipasi langsung ke alamat resmi IMB DKI Jakarta.
    web : sdpb-jakut.org
    email : sdpb_jakut@yahoo.co.id
    facebook : Perizinan Bangunan Jakarta Utara
    twitter : @SDPBjakut

    terima kasih atas partisipasinya. Semoga kami bisa menjadi benar- benar lebih baik.

  77. pagi, saya coba googling tentang IMB dan menurut saya wordpressnya Mbak Presty ini yang paling interaktif, sangat bermanfaat. keren banget Mbak :)
    kalau boleh ikutan nimbrung, saya juga ada pertanyaan mbak.

    saya sudah membeli rumah, dan ternyata PBB dan IMB rumah saya ini masih “saling berbagi” dengan rumah tetangga (satu IMB-PBB untuk 2 rumah yg beda kepemilikan). tetangga yg merupakan empunya tanah membangun rumah baru di sebelah rumahnya dan dijual ke saya. tapi dia belum memecah PBB dan IMB (originalnya 200 m2 lalu 70 m2 dijual ke saya), sementara IMB asli diberikan ke saya.

    pertanyaan saya, apakah saya perlu memperbaharui IMB dan PBB tersebut dari 200 m2 menjadi hanya 70 m2?
    apa konsekuensinya kalau saya tidak mengubah IMB yang sudah ada?
    mohon bantuannya mbak. atau kalau misalnya tidak keberatan, mohon kirimkan japri no telpon yg bisa dihubungi dan saya akan telpon Mbak.

    mohon maaf sudah merepotkan, terimakasih banyak Mbak Presty. sukses selalu dan semoga karyanya semakin banyak membantu/memberi pencerahan ke orang2 bingung seperti saya :)

    terimakasih,
    ryvo

  78. Mba ♏áŭ tanya untuk pengurusan IMB tower mini diatas gedung tinggi 12 m biaya berapa mba? Persaratannya seperti apa?

  79. Pingback: Mengurus IMB di Tangerang Selatan Bagian 1 | Keluarga Andrivito

  80. Mbak Presti,

    Salam kenal. Terima kasih atas sharingnya yang sangat bermanfaat mengenai pengurusan IMB ini yang ribet birokrasinya. Semoga nanti saat saya mengurusnya dimudahkan. Amin.

    Oiya, maaf sebelumnya saya link postingan ini di blog saya.

  81. Informasinya sangat bermanfaat bunda Presty….

  82. Saya memang sedang cari-cari info tentang IMB buat meningkatkan layanan saya ke klien, dan info mbak Presty ini inspiratif sekali… thanks mbak.

  83. Ibu Presty,

    Mau tanya :, yang harus memiliki IMB, bangunan dengan klasifikasi/jenis bagaimana Bu.
    Apabila saya membangun shelter terbuka untuk garasi mobil (*misalnya), apakah tetap harus mempunyai IMB ?

    Terima kasih

  84. mbak Presty mau tanya bila imb hilang gimana mengurusnya ya, soalnya sy beli rumah surat masih hgb mau ditingkatkan ke shm tp imb hilang bagaimana solusinya ?

  85. biasanya biaya retribusi imb dibayarkan ketika sudah mendapatkan surat imb atau sebelumnya ya kak?

  86. bu gimana cara mengurus imb sementara menjadi imb tetap sedang gambar arsitektur udah gak ada

  87. met sore bu laras.mhn pencrahan nya…klo pengambilan formulir IMB biaya nya brpa….klo membuat IMB jd ny brp lma… mksh bu

  88. Bu mau tanya, berapa batas bangunan dari jalan besar dan gang? Terimakasih

  89. Pingback: Pengantar Bisnis Informatika | Achielamirudin's Blog

  90. Pingback: Dokumen Legal Aspek Pendirian Perusahaan | News and Code

  91. ibu presti mau nanya nih…. kenapa pengurusan imb saya kok sampe 5 bulan belum jd…

  92. A series of true different colours is programmed in the display, and the transmission quick through spots

  93. Selamat pagi….semoga rahmat dan hidayahNYA selalu bersama kita Aamiin…saya mempunyai permasalahn,dimana tetangga membangun 2 ruko 3 tingkat,tapi sangat mengganggu sekali,waktu minta ijin suami saya dipinta tanda tangan,yah ditanda tangani saja,tapi pembangunan itu pas didinding rumah,sangat mengganggu sekali,pertanyaan saya apakah ada solusi UNDANG2 YANG JELAS MMBANGUN DIPERBATASAN RUMAH?

  94. Dear Bu Persty, maaf dong tanya, kalau saya memiliki rumah 1 lantai dengan IMB tahun 2000 – 2 lantai, sekarang saya mau bangun 2 lantai, apakah bisa memperpanjang IMB tersebut? atau harus apply IMB baru? Mohon informasinya ya Bu..

  95. maaf Bu Persty mau tanya IMB Rumah Ibadah dalam hal ini Gereja sudah ada SK dari Walikota Samarinda dan Rekomendasi dari FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) Kota Samarinda tapi terkendala karena di Tolak oleh masyarakat yang kebetulan didaerah tersebut mayoritas Non Nasrani yang meminta trelebih dahulu persetujuan disertai tanda tangan dari masyarakat sekitar. yang ingin saya tanyakan apakah IMB memiliki masa berlaku karna sudah lebih satu tahun IMB terbit tapi tidak bisa dbangun karna kendala adanya aksi penolakan tdi mba.. dan apakah ada peraturan terlebih dahulu harus ijin terhadap masyarakat sekitar?

  96. Berapa biaya untuk rumah kontrakan petak2an 31m/2 x 6 petak pluas seluruh 231m/2 di jagakarsa

  97. Bu saya mau nanya apa perlu untuk membuat IMB harus ada surat rekomendasi dari dishub,kita mau mengurus imb untuk perusahaan ,perusahaan ini bukan perusahaan expedisi,melainkan perusahaan produk kayu limbah hutan.

  98. Bu saya mau nanya bangunan usaha apa perlu untuk di kaji ulang oleh konsultan lalulintas baru bisa dapat rekom dari dishub,bangunan di pinggir jalan LB.15×30

  99. hallo , saya odie 22 tahun tinggal di palembang .
    saya mau tanya jarak rumah untuk izin tetangga ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s