Pola hidup sehat Rasulullah saw sehari-hari

100% sehat
Seperti janji saya, pengen berbagi sedikit informasi/pengetahuan yang saya dapat dari buku yang saya beli dari hasil dolan beberapa waktu lalu. Dalam buku “Panduan Diet ala Rasulullah” karya Indra Kusumah SKL, S.Psi dijelaskan mengenai pola hidup sehat sehari-hari ala Rasul. Ternyata, pola makan (termasuk dalam pola hidup sehat) Rasulullah merupakan salah satu aspek kehidupan yang patut kita tiru dari beliau. Beliau terbukti memilki tubuh yang sehat, kuat, dan bugar.

Adapun gambaran pola hidup sehat Rasulullah yang digambarkan oleh Prof. Dr. Mustofa Romadhon berdasarkan berbagai riwayat yang bisa dipercaya, adalah sebagai berikut :

  • Beliau bangun sebelum subuh untuk Qiymul lail, sehingga asupan awal ke tubuh beliau adalah udara sepertiga malam terakhir. Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara pada waktu ini sangat kaya akan oksigen, sehingga sangat bermanfaat untuk optimalisasi metabolisme tubuh, yang berpengaruh terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya sehari penuh. Itulah sebabnya orang yang yang memulai aktivitas dengan bangun subuh, biasanya menjalani hari dengan penuh semangat dan optimis.
  • Di pagi hari, Beliau menggunakan siwak untuk kesehatan mulut dan giginya. Siwak mengandung fluor alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Saat ini, ekstrak siwak dapat kita temui dalam pasta gigi, sehingga mudah untuk kita gunakan
  • Rasulullah membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin dicampur sesendok madu asli yang luar biasa khasiatnya. Dalam Al-Quran, madu merupakan syifaa(obat) isim nakhiroh(menyeluruh) atas berbagai penyakit. Madu juga mengandung mikronutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  • Masuk waktu dhuha(pagi menjelang siang), Rasulullah senantiasa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa’ (matang). Rasulullah pernah bersabda, “ Barang siapa makan tujuh butir kurma, maka akan terlindung dari racun”.
  • Menjelang sore hari, menu Rasulullah adalah cuka dan minyak zaitun yang dikonsumsi dengan makanan pokok seperti roti. Manfaatnya, diantaranya : mencegah lemah tulang, mencegah kepikunan, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol, melancarkan perncernaan, dll.
  • Di malam hari, menu utma makan malam Rasulullah adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran mengandung zat dan fungsi yang sama, yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan penyakit.
  • Setelah makan, Beliau tidak langsung tidur. Beliau beraktivitas dahulu sehingga makanan yang dikonsumsi masuk ke lambung dengan cepat dan mudah dicerna. Rasulu pernah bersabda, “cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan sholat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras” (HR. Abu Nu’aim dari Aisyah r.a)
  • Beberapa jenis makanan yang disukai Rasulullah tetapi Beliau tidak rutin mengkonsumsinya antara lain : tsarid (campuran roti daging dengan kuah air masak), buah yaqthin (labu air), buah anggur, dan hilbah (susu).
  • Rasulullah sering menyempatkan diri berolahraga, terkadang sambil bermain dengan anak dan cucunya. Olahraga diakui oleh para pakar kesehatan sangat bermanfaat bagi tubuh
  • Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk bergadang. Beliau tidak menyukai berbincang dan makan sesudah waktu isya. Beliau tidur lebih awal supaya bisa bangun lebih pagi. Karena istirahat yang cukup, seperti tidur yang merupakan hak tubuh, dibutuhkan oleh tubuh.
  • Inti pola konsumsi Rasulullah adalah menghindari isrof (berlebihan) dalam makan dan minum. Beliau tidak pernah melakukan idkhol at thoam ‘ala thoam (makan lagi sesudah kenyang). Prof. Dr. Musthofa menekankan bahwa assyab’u (kenyang) bukanlah al imtila’ (memenuhi perut dengan makanan. Kenyang yang sebenarnya adalah tercukupinya tubuh oleh zat-zat yang dibutuhkannya sesuai dengan proporsi dan ukurannya
  • Berdasarkan riwayat, Aisyah r.a. pernah mengatakan, “ Dahulu Rasulullah saw tidak pernah mengenyangkan perutnya dengan dua jenis makanan. Ketika sudah kenyang dengan roti, beliau tidak akan makan kurma, dan ketika sudah kenyang dengan kurma, beliau tidak akan makan roti”. Penelitian membuktikan bahwa berkumpulnya makanan dalam perut telah melahirkan bermacam penyakit. Untuk itu, sangat penting bagi kita dalam mengkombinasikan makanan (food combining) dengan baik.

Well, itu tadi sedikit informasi mengenai pola hidup sehat Rasulullah yang berkaitan dengan pola makan Beliau. Di tengah pudarnya semangat mengikuti sunnah Beliau, sedikit pengetahuan ini mudah-mudahan bisa menjadi spirit kita untuk memulai menghidupkannya kembali. Apalagi pola hidup tersebut terbukti bisa dipertanggungjawabkan secara medis.
So? Mari kita mulai merubah kebiasaan buruk pola hidup kita sama2. Saya juga sedang berusaha mengubah kebiasaan buruk saya. Like I always say, at the first U make habbits, at the last habbits make U (^_^)

About these ads

About presty larasati

an ordinary independent wonder woman. a wife from great husband, and a mom for a beautiful daughter. i'm a workingmom who wanna be an "ibu profesional".. ^^

Posted on March 9, 2008, in buku, our healthy. Bookmark the permalink. 48 Comments.

  1. Rasulullah emang teladan kita.
    Oh ya, kaka pamit pulang kampung ya!
    Jadi puasa ngeblog dlu nih. :D

    >>iyah.. :)
    pulang kempung? kenapa, akh?
    *langsung ke blog akh achoey*

  2. infonya bagus,mb…
    tapi,
    tetapi…
    ak suka banget makan ;p

    gimana y biar klu udah makan satu, dah stop, g ngiler ma makanan lain
    susah bgt klu soal makan,

    mengubah habits soal gaya makan, da tipsnya ga? 8)

    maacih mba…

    • Tipe laper ada 2 laper beneran atau laper “mata” , saran sebelum makan minum segelas air putih dulu kl lapernya ilang brarti laper ” mata”

  3. aslm,

    terima kasih atas informasinya,
    sebagian saya masukkan ke dalam blog saya juga,
    boleh kan??

  4. semoga kita dapat menjalankan hidup dengan mencontoh nabi Muhammad saw..

  5. ass. wah mbak prety, ini sangat bagus dan banyak dibutuhkan orang, saya ucapakan terima kasih banyak atas blog ini, dan saya selalu menunggu info lainnya

  6. Maaf emailnya kleru….ikhlas kan….

  7. Jzk ya informasinya.. :-)

  8. As War Wab ,
    Trimakasih atas infonya semoga aku dapat menjalankan sebagian dari blog ini aku tunggu info selanjutnya . amiin

  9. informasi ini sngt mmbntu bng gas..
    jd loh2 smu hrs meneladninya ckp gas

  10. bagus bgt nih saran q copy looo..

  11. thanks yaa
    ana kopi yaa

  12. googling2…
    lho… koq rasanya pernah maen k sini ya… *linglung*… :mrgreen:

  13. googling2…
    lho… koq rasanya pernah maen k sini ya… *linglung*… :mrgreen:

    thanks for share :)

  14. Mu. Iqbal Hakim

    Wajib dipraktekkan nih..

  15. erliyana wahyuningtias

    jazakumulloh…. sukron katsiron mb…. luar biasa mb infonya… mudah-mudahan banyak yg baca sehingga makan se2org tdk brlebihan terutama sy bsa berusaha tuk mencontoh menu makan ala Rosululloh SAW…. AMIN YA RABB

  16. oke bgt infi kayak gini,,,,bisa menuntun umat muslim bergaya hidup muslim…

  17. thx bgt mb infonya.. ijin copas ya??
    ow ya, blog mbak bagus.. boleh tukeran link?

  18. wah bagus banget informasinya thankz atas informasinya jadi tambah ilmu nih saya… mulai sekarang saya mau nyoba ah pola hidup rosull

    http://ipodproduct.wordpress.com

  19. hmmm,, bagus mbak…
    tapi saya masih pengin tau dalil-dalil haditsnya atau kalo boleh sekalian dalil Al Qur’annya..

  20. semoga kita menjadi orang yang selalu mensyukuri nikmat – nikmat allah swt

  21. infonya pas bgt aku lg butuh, thanks mbak nanti kita coba utk membiasakan pola hidup sehat cara Rasululloh SAW…

  22. izin mengcopy nya ya… mudah – mudahan bermanfaat
    terima kasih

  23. Entus PriadinMafia HxMsisukausil

    subhanallah, ini adalah salah satu cara umat muslim untuk merubah kebiasaan buruk’y yg d anggap sepele. trimkzh info’y mba.

  24. waalaikum salam..
    Makasih atas infonya ya.. Saya mau berusaha menjalankan sunnah Rasulullah saw.

  25. insan_pengharap_ridho ALLAH

    asl.wr.wb
    subbhanallah wah luar biasa sekali infonya
    mudah2an bermanfaat bagi kita semua
    ini menandakan bahwa islam itu indah dan menimbulkan banyak maslahat bagi kita
    apabila kita terapkan
    qita tahu.. ternyata islam itu luas, mengatur segala sesuatu.terkait manusia. dari hal yang
    terkecil hingga hal yang besar. dari keluarga hingga negara.
    hanya saja sekarang islam tidak diterapkan dalam segala aspek kehidupan, ya akibatnya
    banyak penyakit2 moril, yang bermunculan…ich sedih
    qita berharap agar kaum muslimin bangkit kembali,,,menyongsong kehidupan yang islami.dengan menerapkan segala aturan islam dalam semua aspek kehidpan.amin.ya Allah ya rabbal ‘aalamiin.
    wasl.

  26. catatan ini bermanfaat banget buat aku. thanks ya, dan salam kenal buat para blogger solo. aku tunggu di crisanova.blogspot.com biar kita bisa kenalan…ok, thanks.

  27. subanallah….emg gk ada dh yg kayak baginda rosul……semuanyaaaa….serba bermanfaat, beliau adalah guru, pembimbing dan nabi yang sangat cinta kepada umat nya………..ya rosul salamun ‘alaik

  28. boleh juga tuh…infonya!…..tq..

  29. boleh juga tuh…infonya!..trims…

  30. sukron ats infonya….

  31. masyallah.. makasi info nya website yang bagus -_- v

  32. Masya Allah begitu indahnya kehidupan Rasulullah

  33. ada lagi gk????
    please??

  34. semoga kita disertai “TAUFIQ WAL HIDAYAH” dalam rangka meng aflikasikan suri tauladan beliau (amiin) trim atas informasinya.

  35. assalamu alikum…syukron ya atas penjelasannya,smoga kita smua dpt menerapkan pola hidup sehat,apalagi zaman skarang byak mknan2 yang instan di konsumsi saudara2 kita…sbnarnya itu jga kurang baik…smoga smua dpat mengubah kbiasaan yg bruk itu…

  36. mantaps artikelny brow…

  37. maasyaallah tabarakallah!!infonya memang bagus bgt,,saya jg prnh nyoba klau sahur cuma ckp makan korma,perut jd enak dan badan nga terlalu loyo.cuma masalah tidurku yg nga teratur sebagai seorang tkw disaudia klau sdh musim liburan sekolah libur sampai 3 bulan kebiasaan orang disini malam nga tidur sampai pagi.tidurnya kadang mulai dari hbs subuh eeh bangunnya kdg ashar atau menjelang magrib,,yaa mau nga mau kita jg mengikuti mjkn

  38. Hmmm..Subhanallah..
    Resep jitu ni dari sang Idola Rasulullah..
    Tinggal di modifikasi aja untuk pola hidup skrg..
    Keren banget klo bisa dijalankan di hidup kita ..tentunya hrus dgn smangat..hehehe
    Thanx ya mbak infonya bermanfaat ni..

    Salam Kenal n Good Luck!

  39. subhanallah bermanfaat sekali informasinya. Cara sehat ala rosull memang seharusnya kita ikuti

  40. mbak ijin copy ya,bagus banget artikelnya

  41. mba.. izin share ya…

  42. thanks atas infonya… ijin copy ya..

  43. chairumah hasri

    mksh ya kak……..:)

  44. subhanallah Allahuakbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers

%d bloggers like this: