doa dalam Al-Quran

Di antara tata krama berdoa di dalam Islam, dianjurkan kita berdoa dengan menggunakan teks-teks yang termaktub di dalam Al-Qur’an. Hal itu dikarenakan kita ingin berbicara dan mengungkapkan keinginan kepada Allah, dan—tentunya—juga memerlukan ungkapan-ungkapan yang sesuai dengan Dzat-Nya Yang Maha Suci.

Doa-doa berikut merupakan teks dalam surat-surat Al-Quran yang dimulai dengan “Robbana”. doa-doa ini sangat layak untuk kita baca mengingat pembuat ungkapan-ungkapan tersebut adalah Allah sendiri yang mengetahui bagaimana dan dengan menggunakan bahasa apa Ia bisa dimohon. yuk, berdoa… ;)

  1. Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat
    Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka
    [Q.S. Al-Maidah (2) : 201]
  2. Doa Kesabaran dan Kemenangan
    Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir
    [Q.S. Al-Baqarah (2) : 250]
  3. Doa Pembebas Beban
    • Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah
      [Q.S. Al-Baqarah (2) : 286]
    • Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami
      [Q.S. Al-Baqarah (2) : 286]
    • Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang kami tak sanggup memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir
      [Q.S. Al-Baqarah (2) : 286]
  4. Doa Pemelihara Hidayah
    Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu; karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (Karunia)
    [Q.S. Ali Imran (3) : 8]
  5. Doa Pembebas Doa dan Peneguh Pendirian
    Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir
    [Q.S. Ali Imran (3) : 147]
  6. Doa Pembebas Dosa dan Penutup Kejelekan
    • Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu) : “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kamipun beriman
      [Q.S. Ali Imran (3) : 193]
    • Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbuat bakti
      [Q.S. Ali Imran (3) : 193]
  7. Doa Pengusir Kehinaan
    Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji
    [Q.S. Ali Imran (3) : 194]
  8. Doa Pengampun Dosa dan Pendatang Rahmat
    Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi
    [Q.S. Al-A’raaf (7) : 23]
  9. Doa Penolak Kelaliman
    Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama orang-orang yang lalim itu
    [Q.S. Al-A’raaf (7) : 47]
  10. Doa Pembuka Kebenaran
    Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya
    [Q.S. Al-A’raaf (7) : 89]
  11. Doa Kesabaran
    Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)
    [Q.S. Al-A’raaf (7) : 126]
  12. Doa Pelindung dari Kelaliman
    Ya Tuhan kami; janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang lalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir
    [Q.S. Yunus (10) : 85-86]
  13. Doa Penyempurna niat
    Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami lahirkan; dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi bagi Allah, baik yang ada di bumi maupun yang ada di langit
    [Q.S. Ibrahim (14) : 38]
  14. Doa Penurun Rahmat dan Keselamatan
    Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)
    [Q.S. Al-Kahfi (18) : 10]
  15. Doa untuk Keluarga
    Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa
    [Q.S. Al-Furqaan (25) : 74]
  16. Doa untuk Sesama
    • Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala
      [Q.S. Al-Mu’min (40) : 7]
    • Ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana
      [Q.S. Al-Mu’min (40) : 8]
  17. Doa Penyingkir Siksa
    Ya Tuhan kami, lenyapkanlah dari kami azab itu. Sesungguhnya kami akan beriman
    [Q.S. Ad-Dukhaan (44) : 12]
  18. Doa Penyingkir Kedengkian
    Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang
    [Q.S. Al-Hasyr (59) : 10]
  19. Doa pemasrahan kepada Allah
    Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakal dan hanya kepada Engkaulah kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali
    [Q.S. Al-Mumtahanah (60) : 4]
  20. Doa Penyempurna Cahaya
    Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu
    [Q.S. At-Tahriim (66) : 8]

(episode : presty ingat Allah…)
(postingan kali ini presty ambil dari sini dan sini :) , yang punya web/blog, presty ijin nyadur ya… 8) )

About these ads

58 thoughts on “doa dalam Al-Quran

  1. wah keren…sy seneng nih ama posting ini…ini jenis posting yg akan abadi sepanjang masa..dan ngak pernah basi

    >>amiin.. amiin…
    semoga bisa menjadi salah satu amal,,, :D

  2. terus dik
    tulis lagi doa2 yang lain
    biar orang gampang nyrinya
    sekalian juga hadist arbain!

    >>insya Allah…
    akh achoey juga, dunk… ;)

  3. klo dari sisi “isi” postingan ini, in syaaAllaah itu adalah Haq,
    sedangkan yg ingin Sy kasih comment adalah rujukan dari postingan ini, terutama http://quran.al-shia.com/id/dua-quran/03.htm
    web tersebut adalah milik orang Syi`ah … maka berhati2lah terhadapnya
    kenapa dengan Syi`ah ? silakan ke http://haulasyiah.wordpress.com/

    semoga ALlaah senantiasa menjaga Kita agar tetap di atas AgamaNya yg shahih

    >>wadew, syukron, akh.. :)

  4. assalamualaikum,wr,wb.

    salam kenal..
    wah doa-doa y?
    bagus2..

    >>syukron.. :)
    salam kenal juga :D
    bal, afwan ya presty besok aja ya mampir k blog-nya.. lagi sibuk..
    *sok sibuk* :)

  5. lengkap banget. tinggal dicari aja suratnya. moga barokah ya

    >>amiiiinnn.. :)

  6. wah doa2…
    tak save ya mbak…

    >>monggo monggo..
    semoga ada pahala buat saya dari situ.. :)

  7. *waras mode = on*

    thanks bgt dh share doa2 keseharian

    >>HAH????
    *g percaya pepi bisa waras juga :P *
    yupz, sama2, pepi…

    kamu kapan share nasi gorengnya? :lol:

  8. sebagian dari isi Al-Qur’an (termasuk doa) adalah peristiwa sejarah yang kemudian dikutip dalam Al-Qur’an.

    “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir”

    Doa diatas adalah doanya pasukan Thalut ketika melawan jalut.

    Jangan sungkan-sungkan untuk berdoa kepada-Nya dengan bahasa sendiri, meskipun yang terbaik tetaplah Al-Qur’an.

    http://1heart4love.wordpress.com/doa/


    >>iyah, bener tu.. g mesti pake bahasa Quran kq :)
    kan Allah mengerti hambaNya… :D

  9. Yup.. subhanallah…
    Tulisan ini bagus mbak.. mengingatkan kita dengan-Nya.. salah satu kelebihan blogger… ga cuma OmDo!
    Syukron katsir..

    >>aih,,, syukron juga y, zaxs.. :)

  10. pres tar tolong postingin doa tentang JODOH ya…hehe

    >>weiz…tentang JODOH??
    xi xi xi,, malah presty yang minta klo kumanz punya :D

  11. terimakasih mbak..
    ringkasan doanya lengkap sekali..
    terimakasih..

    >>belom terlalu lengkap kayaknya,,
    tapi semoga berguna ;)

  12. Wiiihhh, presty eling lagih :lol:
    Bagus ni dek, ta save juga ah :P

    >>monggo..
    *asiiikk.. moga2 pahalanya nambah…* :D

  13. asiiiik dpt ilmu baruuuu….dipraktekin yuuuk.. ;)

    >>hayuuuxx ;)

  14. Boleh ga kita berdoa dalam sholat ? di luar rangkaian bacaan2 sholat

    contoh, berdoa di saat sujud terakhir di rakaat terakhir

    >>setahu saya, insya Allah, klo untuk sujud terakhir itu kita boleh berdoa dengan bahasa sendiri :)

  15. aku juga…
    tak simpen yo…

    >>monggo… ;)

  16. Alhamdulillah, sangat berguna, salut buat presty, keep istiqomah

    *nyiapin kertas langsung tak print postingan ini

    >>beugh,, langsung di print
    *so pleasure.. :D *
    amin, moga bisa tetep istiqamah :)

  17. Hups, nggak ngira, keren deh mbak prez. :mrgreen: :cool:

    >>beugh… aku juga g nyangka, nas.. :P :lol:

  18. Hups, nggak ngira, keren deh mbak prez. :mrgreen: :cool:

    Jangan salah mas..
    [btw awas ntar kepalanya berat] :D

    >>ssstt… azaxs diem2 aja duonk… :lol:

  19. mbak, aku juga ikut2an ngesave ya..

    >>asiiikk… monggo2… :D

  20. Rangkuman Do’a2 yang sangat pas, tdk usah merangkum lagi sudah ada semuanya di LaRaSaTi. Terimakasih.
    Idem Sama Mbak marsini! Ikutan Save AS..! Kan selalu Teringat dan terkenal..

    >>terkenal gmana, mz? bukannya saya emang dah terkenal?
    *narsis mode : ON* :lol:

    monggo, atuh di save.. :)

  21. assalamualaikum
    berkunjung tinggalin jejak dulu ya…

    >>waduh.. jejaknya ketinggalan nih, zal.. :lol:
    *sok keberatan, padahal seneng :P *
    sering2 ninggalin jejak ya.. :D

  22. kalau do’a minta istri yg baik, cantik dan kaya ada ga mbak???

    *bawa perisai nangkis godam*

    >>perisai mah g mempan, Q..
    *minjem meriam mercon baru punya bunda*
    *siap2 ngeledakin blog-nya rhyzQ :P * :evil: :lol:

  23. copy

    >>monggo..
    *heran juga rhyzQ mo ngopy*

  24. paste

    >>bah, kau paste kemana pula, Q?
    *minjem logat wong batak* :D

  25. alhamdulillah,aku menjadi tahu doa2 itu semua…,makasih ya,mbak.

    >>sama2… :D

  26. keren
    punya ide buat posting doa..
    ngomong2 mbak yang disolo ne dah apal berapa doanya
    hehehe

    >>nah itu dia roy, yux kita hapalin bareng2 :D

  27. wah membantu sekali untuk seorang mualaf seperti saya ini :)

    salam

    >>subhanallah….
    semoga membawa banyak manfaat :)

  28. lengkap doanya……
    kayake ada yang kurang…..
    doa biar cepet pinter
    apa coba……????

    >>jadi inget satu iklan…
    “makanya belajaaarr…”
    xi xi :lol:

  29. Doa mohon cepet pinter…….
    Ntar di save juga ya….
    Doa akar kuadrat…… cari di buku SMA.

    >>doa biar cepet pinter…. g
    amau bagi2 aaah..
    *padahal belom tau :P *
    mba akar kuadrat di buku SMP kayaknya juga ada deh.. :lol:

  30. Tanpa ijin sudah saya kopi ke desktop.
    Terima kasih.

    >>monggo2.. dah diijinin kok pak.. :D

  31. Itulah yang telah langsung diturunkan oleh Nya , kita semagai manusia telah diajarkan tata cara yang diinginkan oleh Nya .
    Tapi sayang manusia sering merasa lebih tahu dalam cara berdoa ,sehingga banyak cara berdoa manusia yang aneh-aneh. Postingan mbak ini membawa kita semuanya sadar untuk kembali berdoa dengan cara yang diridhoiNya ;-)
    Selamat untuk mbak .

    >>syukron mz arie.. :)
    semoga memang bisa membawa banyak manfaat.. :D

  32. Alhamdulillah , terima kasih sudah diingatkan dengan memberikan tuntunan ini , semoga berkah bagi kita semua ya
    Amin

    >>amiiiinnn… :)

  33. elwara (10:04:36) :

    Boleh ga kita berdoa dalam sholat ? di luar rangkaian bacaan2 sholat

    contoh, berdoa di saat sujud terakhir di rakaat terakhir

    >>setahu saya, insya Allah, klo untuk sujud terakhir itu kita boleh berdoa dengan bahasa sendiri :)

    <<
    yg dimaxud bahasa sendiri ? bahasa lokal ? ato gmn ?

    *waktu mustajab doa dlm shalat :

    di waktu sujud (tdk hanya khusus di sujud terakhir)
    Rasulullah (Shallahu ‘alaihi Wasallam) bersabda: “Seorang hamba berada dalam keadaan yang paling dekat dengan Tuhannya adalah di saat sujud. Oleh karena itu, perba-nyaklah doa.” (Hishnul Muslim no 252)

    di waktu dubur asshalat (akhir shalat sebelum salam)
    …kemudian (supaya) dia memilih do’a yang dia kagumi/senangi…
    (Hadits dikeluarkan oleh Al Imam Ahmad dan Al-Bukhari)

    http://sholat-kita.cjb.net/

    *tambahan ttg sujud :

    “Ketahuilah bahwa aku dilarang membaca Al-Qur-an sewaktu ruku’ dan sujud…”
    (Hadits dikeluarkan oleh Al Imam Muslim dan Abu ‘Awwanah).

    >>wah, syukron azhar, dah membantu menjawabnya :)

  34. wah…
    seharusnya di link juga nih artikel ini utk postingan aku kmaren..

    >>di link sekarang juga boleh, akh..
    atau di postingan baru? ;)
    *ngarep.com*

  35. Numpang copy doa doa…. lagi gundah hati nich

  36. Thanks ya doe2nya sangat menambah pembendaharaan doa-doa lainya semoga allah senantiasa menambah hidayah untuk semua

    = = = = =
    alhamdulillah, semoga bermanfaat… :D

  37. Assalamualikum
    Barusan habis tarawih penceramahnya ngajakin kita untuk berdoa di waktu2 yg baik dengan mengerti apa isi doa (permohonan kita kepadaNya) semoga yg memberi ilmu mendapat pahala dr ALLAH SWT. Amin

    = = = = =
    wa’alaykum salam
    alhamdulillah,ceramah ustadnya g sia2.. :D
    semoga postingan ini juga bisa memberi banyak manfaat bwt kita smwa..

  38. Pingback: doa dalam Al-Quran « PuTRi ReNggaNis’s Weblog

  39. aduh content blognya bagus, tapi fotonya kurang memperhatikan aurat
    nuhun

  40. bagus banget…. makasih ya doanya … mudah2 an bermanfaat untuk orang banyak. supaya manusia lebih mudah berkomunikasi dengan Alloh SWT. Thanks a lot… bye…

  41. Maksh mbk doa ny…
    bs save ni…:-)

  42. Doa na aku suka..
    Doa bawa berkah bila dibaca dgn ikhlas. I <3 God!

  43. Alhamdulillah…terimakasih info nya

  44. Alhamdulillah…
    Mudah-mudahan Allah membalas Anda dengan kebaikan…

  45. IJIN YA MINTA DOANYA

  46. Nyaman nian.. didoain… jazakalloh Ya !

  47. makasih gan doanya. ane ijin nge-save-as ya

  48. no 1 dari Q. S al maidah atau al Baqarah?

  49. Assalammualaikum wbr. Terima kasih.

  50. thanks…. be success… and kita selamat di dunia dan sampe akhirat kelak… amiinnnnn

  51. Subhanallah…mb, izin share ya..syukron…

  52. semoga banyak membawa manfaat

  53. Terima kasih ya mbak atas doa-doanya…. Mohon ijin saya salin tempel dan sebar luaskan ke yang lain ya…. Kalau boleh sih mau minta nih supaya doanya dilengkapi dengan tulisan arab-nya, bacaan latinnya dan sekaligus terjemahan bahasa Inggrisnya…. Biar sekalian belajarnya…. Hehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s