belajar tahsin tilawah ;)

Alhamdulillah, gatau ada angin apa yang mbawa, sudah 2 minggu ini aku tercatat jadi murid di kelas tahsin tilawah (perbaikan bacaan Al Qur’an agar sesuai dengan kaidah Tajwid). Sebenernya malu juga, dah umur segini baru belajar tahsin tilawah. Sekelas, Cuma aku n temen sekos Terry yang semester akhir. Paling tua, bo!! Yang lain angkatan2 daun muda semua.. salahnya dari dulu g tobat2, ya? He3…


Dan emang dasar g tau malu, ya PD aja belajar bareng ade2 tingkat. Lagi, kan gada kata terlambat untuk yang namanya mencari ilmu? Daripada g ngerti sama sekali?
Selama ini mbaca Quran
Alhamdulillah, lancar2 aja. Tapi ya itu, g jelas lantunannya. Jangankan mau membaca berirama, tajwid juga masih g pinter. Gmana tajwid mo pinter juga, sifat2 huruf aja g ngerti!! :lol: (membongkar aib sendiri)


sebenernya, keinginan belajar tahsin juga merupakan dampak setelah membaca buku Dr cilik, hapal dan faham Al-Quran, si Taba-Taba’i. gara2 baca buku ini, jadi punya cita2 pengen bgt bisa punya anak yang minimal, akrab ma Quran dari kecil. Amiiinn… trus, mikir dong, gmana mo ngajarin Quran yang bener k anak klo ummi-nya juga ngaji Cuma dengan bekal mengenal huruf doang.. :lol:
Dan
Alhamdulillah, g di sangka2, Terry tiba2 nawarin ikut kelas tahsin.. Subhanallah. Kesempatan nih! Dan jadilah, dua kali seminggu aku duduk di kelas tahsin bareng 14 murid lainnya.. :D


ternyata oh ternyata!! Tahsin tilawah itu seru, walau g gampang juga.. ge ge ge :lol: contohnya, hari ini kita belajar makhorijul n shifatul huruf (cara membunyikan huruf n sifat2 huruf). Tiap belajar satu huruf dan sifatnya, kita disuruh ngucapin satu persatu. Sementara yang satu mengucapkan hurufnya, yang lain ngoreksi, sambil ketawa2 juga.. He3.. masih banyak juga yang masih salah2 ngucapin hurufnya sesuai dengan makhroj n sifat hurufnya (belom biasa soalnya kali, ya?). ada yang njawa rada bermasalah dengan pengucapan ‘ba’, ada yang ngapax (purwokertoers) juga keseringan menambahkan huruf ‘ain mati di belakang huruf.. ge ge ge :lol: lucu bgt jadinya…


Alhamdulillah, kelasnya nyaman. Temen2nya enak, gurunya juga baik.. klo salah, kita diminta ngulang ngucapin sampe bener. Klo dah 3 kali masih belom fasih2 juga, kita dapet jam tambahan (istilah bu guru : tawanan :lol: ) di akhir pelajaran, privat deh ngucapin sampe bener.. he he…
Nah, rencananya, bukan mau sombong atau gimana, pengen juga men-share di blog ini, pelajaran tahsin yang presty dapet. Sebagai wadah buat presty belajar ulang, kan dengan ditulis, insya Allah belajar jadi lebih mudah.. sambil mencoba sedikit berbagi ilmu juga sih.. Katanya, bagilah ilmu, walau sedikit :P


Semoga presty bisa tetep istiqamah di kelas ini sampe bisa tilawah dengan baik dan benar.

Allah, beri hamba kemudahan untuk fasih melafalkan huruf dari surat-suratMu dengan baik dan benar.. amiiinn…

:)

About these ads

37 thoughts on “belajar tahsin tilawah ;)

  1. Ty….
    Postingannya bikin sakit mata…
    Ungu2
    kecil2
    perihhhhhhhhhhhhh…….. :mrgreen:

    >>he he he :lol:
    dah diganti bun warnanya..
    *g tega nyusahin orang tua :P *

  2. goooaaalllll (apaann???) ga nyambung ya

    >>lah, gawangnya belom dipasang, be… :D

  3. ya ampun Ty.. hare gene baru belajar tahsin tilawah ???
    *geleng kpala*

    Emang yg kaya gimana sih ??? :mrgreen:
    *pulang ah, malu* :(

    >>gya ha ha :lol:
    makanya, tobat bun… :D

  4. beda spsrspuluh detik pertamax ma bun-bun

    >>ck ck ck
    *geleng2 liet kelakuan orang tua :P * :lol:

  5. btw, apapun ituh…. tahsin tilawah emang perlu banget, dalam bacaan al-Qur’an beda baca panjang pendeknya ajah bis jadi lain artinyah….. saluth.

    >>bener tu, beh!! dan karena dah lama mengaji dengan tajwid dan pengucapan yang g keruan, jadi seru juga belajar tahsin.. :D

  6. mahaaf nulisnyah kok blepotan yah ……. (*malu ma yg lagi belajar tahsin*)

    >>gya ha ha :lol:
    *maklum kok beh :P *

  7. pertamaczzzxxx

    >>pusing, ngadepin orang mumetz… :D
    pertamax dari mane, om? :lol:

  8. Waduh, aku gak sempat ikutan tahsin kayak mbak ini.
    Dunia terus sih, akhirat berceceran….
    * Maluuu *

    >>aih… jangan berceceran di sini juga, dong… :lol:

  9. waaaa siiiip bgt dah presty…aku jg dl pas kuliah di jogja pernah ikutan belajar tahsin tilawah….emang berasa lucu klo dah mulai ngulang2 bacaan, bacanya hrs keras lg mirip bgt anak TK belajar IQRA, tp demi ilmu tancaaap terus pantang menyerah….

    >>gya ha ha :lol:
    bener bgt, bu…. kemaren baru masuk kelas IQRO…
    mirip bgt ma anak TK! lucu.. belum klo disuruh dibaca satu baris jadi kayak mbaca satu ayat, belepotan!!! :D

  10. mari belajar tahsin di blog bu guru prestea :)

    setelah tahsin, lanjut ke tahfidz mbak.

    biar anaknya kaya sayyid husein itu :)

    >>nah itu.. satu paket sebenernya, rief.. :lol:
    tapi setahun, jhe kelasnya.. semester depan baru mulai tahfidz…
    moga masih ada di solo.. :D

  11. Amiiiinnn.

    Semoga terkabul.

    Btw, aku juga masih kurang lancar bacaan Qur’annya. Jadi malu juga kalo belajar bareng-bareng adik kelas.
    Soalnya rencananya aku mau ikutan ta’lim ma liqo’ sama seorang murobbi.

    Deg-degan juga. Hari Sabtu dan Ahad ini. :D

    >>syukron, ghani…
    ayo SEMANGAT ya, ta’lim n halaqah-nya!!
    GANBATTENE!!! :)

  12. Hoalah Bunda Bunda, hare gene gk tau tahsin tilawah..
    kemana aja sehh..
    tolong dijelasin ya Mbak Presty, aku lg rodo lali :D

    Ilmunya Bagi-bagi ya, biar bisa ngalahin anakku.
    soale dianya sering ngetes Bpk e ini..

    >>ge ge ge :lol:
    bunda mah emang g niat mbaca postingannyah.. padahal dah jelas2 ditulis tahsin itu apah :P
    OKe mz, ntar coba ty tulisin di sini apa2 yang di dapet :D
    doain ya, mz… ;)

  13. hehehe…iya pres.. masing2 orang punya kelemahan sendiri2 untuk makhorijul huruf itu :D , ga menampikkan, latar belakang suku juga memengaruhi pelafalan lidah kita :D , tp justru itu serunya, saling belajar, saling koreksi, yang mn kita ga bisa orang lain bisa, dan sebaliknya..

    Keep on it sist ;)

    >>syukron, mel… :D
    iya tuh, jadi kelas tahsin-nya seru bgt gara2 logat2 ituh… :lol:

  14. tiada kata terlambat untuk memulai belajar!
    salam kenal

    >>tul tuh!! :D
    salam kenal juga…

  15. waduw.. kok kebetulan bgt..
    beberapa wt yg lalu aq jg diajak temen, tapi kubilang “kupikir2 dulu yah”
    Abisnya malu mbak, angkatan tua nih (gak tobat dulu2 sih… :( )
    Apa ikut semester depan aja yah? ntar deh aq coba lg, moga gak malu2in..
    Makasih mbak udah menginspirasiku (kalo mbak aja mau, knapa aku enggak? :wink: bararti kan belum terlalu terlambat gitu, he..)

    >>ayo smangat!!!
    g ada kata terlambat, kok.. :D

  16. pinjem donk bukunya!

    >>besok pas kopdar 2 tak bawain :D

  17. kalo punya anak pengen deh seperti doktor cilik itu
    kalo aku sih dah sulit kali :(

    >>sama, akh.. :(
    GANBATTENE!!
    kita pasti bisa punya anak kayak gituh!!! :D
    *optimis bgt*

  18. siapa yg nulis beginian ya???

    >>menurutmu, siapa ngga? :?:

  19. keknya bukan mbak presty

    >> 8)
    *pasang topeng* :P

  20. *balik lagi*
    ternyata bukan mbak presty*

  21. ^_^ amin.. amin…! Mudah-mudahan istiqamah..! Lanjut..!

  22. Lanjutkan perjuangnmu dalam belajar tahsin AlQur’an, tiada kata terlambat dalam belajar….

  23. @ Hangga
    Memang Ngga, diriku juga berpendapat begitu… :)

    *balik kanan*
    *pulang*

    >>ck ck ck…
    *geleng2*
    harusnya disyukuri, bun, ngga.. presty bisa nulis ini..
    biarpun ngopi paste cerita orang… 8)

  24. hare gene? maloeeee?
    gak deh, cuek ajah lagih

    = = = = =
    sepakat!!!
    *toss ma yella*
    cuek is the best
    *iklan produk baju :P *

  25. (*_*

    ntar klo dah fasih ajrai aku y

  26. salam kenal ya mba..
    pengen deh ica juga ikutan tahsin tilawah, tapi dimana ya??
    coba kalo kita deketan ya, ca kan bisa minta ajarin ke mba presty :)

  27. asw..
    mba mw nanya..
    tw ga di mana aja yg bersedia mengajar tahsin baik umum ato privat d jogja??
    ane pengen ikutan soalnya…

    jazakillah..
    wasw

    = = = = =
    waduh, jogja, tho? hhmm… insya Allah nanti di carikan. nanti ana kirim k email ukhti.. :)

  28. Pingback: 26 Agustus 2008 « pReSty LaRaSati

  29. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    afwan baru nih… tukeran link ya non.. Inrasyad.wordpress.com
    Jazakillah ya…

  30. Wah bagus Mbk…,hari ini lebih baik dari hari kemaren berarti, jd kagak ada kata terlambat buat belajar atau dalam kebaikan….
    Gimana sudah lancar sekarang?

  31. Assalamualaikuuuum
    wah kebetulan bgt aq jg ikt tahsin br awal th ini( itung2 resolusi) mb ikut yg dmana?

  32. Asw…Wr…Wb..
    Btw ana juga baru mau belajar tajwid ni. ana malah sudah lulus kuliah tapi ana minta ajari aja ma temen ana yang dah lumayan bisa truss juga baru mo diajarin ma MR ana. alhamdulillah ga malu-malu amat daripada baca qur’an lancar aja tapi gazebo… kedengerannya.. hehehe
    KEEP ISTIQAMAH N HAMASAH UKH!!!!!!!

  33. barakallah,,,smoga kas dapat tashkhih trus bisa berbagi k sesama,,,,oya.,,,,metode qiraati mujawwidin juga bagus lho

  34. Alhamdulillah…jgn lp ty, nyang panjangnya 2 harokat (mad thobi’i/mad asli) cara bacanya diayun…xixixixi

  35. website yang sangat bagus,,,

  36. Syukron,mbak Presty Larasati. Ini eyang kakung dari jkt.Alhamdu lillah .Tentu sekarang dah jadi ustadzah.tentu kl ngajar skrng pake mushaf tajwid yang berwarna biar murid mudah,terbitan malaysia DarulFikri bagus.Atau Syammil Qur’an juga.ada juga paket 2 VCD panduan tahsin tilawah,buku panduan dan bimbingan talaqqi H.A.MUZAMMIL ya metode rosm usmani.ada juga buku 188 halaman PRAKTIKUM QIROAT OLEH DR H ABDULMAJID KHON M Ag .Majuuu teruuuus.istiqomah

  37. Wah pengen juga tu benljar tahsin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s