tari persembahan rejang-bengkulu

The traditional welcoming dance of Rejang Tribe

Presented by Sanggar Dulang mas to celebrate the Adipura arrival in Tempel Rejo Village, as border line Rejang-Lebong district and Kepahiang district. Photo by Arga 07-06-2008

untuk melihat rekaman tari penyambutan di even yang berbeda oleh sanggar Dulang Mas kabupaten Rejang-Lebong, klik di sini

Tari Penyambutan di Inspirasi Tari Kejai yang sakral dan Agung di Tanah Rejang
Tari Penyambutan adalah Tari Kreasi Baru yang diatur sedekat mungkin dengan Tari Kejai. Terinspirasi oleh tari Kejai karena Suku Rejang sendiri jaman dahulu tidak mempunyai Tari Penyambutan, di jaman dahulu penyambutan tamu dilakukan dengan upacara adat. Tari Kejai adalah tarian sakral dan agung, sehingga sangat pantas untuk di persembahkan untuk Penyambutan Tamu, seperti Pejabat Tinggi Negara, Menteri, Bupati yang berkunjung ke Tanah Rejang, atau pada even-even lain yang bersifat ceremonial, seperti pada acara penyambutan piala Adipura yang tiba di Kota Curup tanggal 7 juni lalu.

Jumlah Penari

Jumlah penari tidak dibatasi,sesuai dengan tempat,bisa putra bisa pula putri, bisa juga berpasangan. Di Rejang Lembak Tari Penyambutan disebut Tari Kurak, namun dalam pembahasan disepakati menggunakan Tari Penyambutan yang telah dibakukan.

Musik yang mengiringi Tari Penyambutan
Di inspirasi oleh tarian sakral dari Tanah Rejang, musik dan alat musik Tari Penyambutan memakai alat musik khas tradisional Suku Rejang, yaitu gong dan kalintang, yang dari jaman dahulu kala di pakai pada musik pengiring tarian sakral dan agung Suku Rejang yaitu Tari Kejai.
Pada umumnya dipakai irama lagu Lalan belek dan Tebo Kabeak.

Gerakan Sembah (Penghormatan) :

  1. Sembah Tari : Tangan diangkat diatas bahu
  2. Sembah Tamu : Tangan diangkat diatas dada
  3. Penyerah Siri setengah jongkok dan setengah berdiri pada saat berada diluar rumah
  4. Khusus busana yang menyerahkan siri ( wanita ) mengenakan pakaian / baju kurung / renda penutup dada

sumber : blog blogger bengkulu
Posted by Tanah Rejang
Author of Rejang Land blog by Curup Kami

About these ads

About presty larasati

an ordinary independent wonder woman. a wife from great husband, and a mom for a beautiful daughter. i'm a workingmom who wanna be an "ibu profesional".. ^^

Posted on June 18, 2008, in bengkulu, budaya daerah, membahas sesuatu. Bookmark the permalink. 52 Comments.

  1. huh keringetan
    abis nyapu beresin sampah plesty di blogku

  2. plesty,,
    ini toh tarian penyambutan kalo ak dateng ke bengkulu?

  3. njenengan ikut nari to mbak??

  4. muakasih plesty,,,
    pulang ah ga jd hatrix,,pleaty dah brubah jd baek hati

  5. mirip tari raneuk lampuan di aceh ya…

  6. yang nari cakep2x ya :) kesannya indonesia sekali

    lam kenal ya

  7. lebih senang sama penari daripada tariannya … abis caem-caem sih

  8. Kirain tarian ini pas nikahan Pres :)

  9. Tapi g mungkin ga ngundang2 :lol:

  10. hwadoh keren ya

    aku suka baju adatnya…mirip baju adat padang kah???

  11. kl presty yg nari pasti yg dibawa itu berisi makanan :lol:

  12. neng presty ikutan nari ngga ya ?

  13. salam ya buat yang nari, bilang dari Mas Anto.

  14. Ini yang pernah aku tulis di postingan ku …
    Blog (calon) arsitek yang satu ini selalu mengedepankan budaya lokal daerah asalnya …
    bahkan bahasan arsiteknya pun membahas rumah adat bengkulu .,..

    Heh keponakan … kemana aja … ???
    lama nggak nyampah nih …

    Salam saya

  15. neng presty yg mana yah?
    yg depan?… bukan…
    yang belakang? … bukan…
    yang ngambil foto?? … mmmmm…

    yang mana dooooonnnngggg???

  16. lho katanya sibuk di studio..
    kok malah blajar nari :mrgreen:

    semoga cepet lulus dah.

  17. pengen liat mbak presty nari… :lol:

  18. hmmm….

    kita memang harus melestarikan budaya negeri sendiri…
    jangan sampai hilang atau direbut orang lain….

  19. mataharicinta

    mbak presty, yang didepan itu cantik sangat ya
    jadi inget waktu wara wiri nari zaman SD dulu

  20. oh itu tho tari persembahan rejang bengkulu

  21. oh itu tho tari persembahan rejang bengkulu

  22. heu…heu.. ikutan wanoja :lol:

  23. saking kreatipnya tuh jadinya ikutan wanoja :D

  24. mirip tarian persembahan minang kabau

  25. kalo di padang mirip dengan tari pasambahan kali ya…. *sok tau si ichanx*

  26. jadi tambah pengetahuan nih soal tari2an Indonesia..:D

  27. wah.. bisa nari juga presty?

  28. slamat siang

  29. assalamualaikum

  30. kok lma ga pernah main kerumahku?

  31. kangen euy :lol:

  32. af1 g da niat aku ngrusuh

  33. Lha saya kan ikutan nari juga? kok fotonya tidak ada ?

  34. MARI KITA SUKSESKAN VISIT BENGKULU 2008
    (aku bantu promosi ya mbak..hehe – indonesiaku memang kaya budaya)

  35. just wanna say… I miss u TymBiL…

    maap blm sempet blogwalking sana sini :(

    *doain ya… alhamdulillah tadi dah checkup, penyakitnya sudah ga ada* :)

  36. tarinya sering dipake nyambut tamu pejahat..e.eh..bukan pejabat kan ??

  37. Pres.. Warna pakaian nya kok ampir mirip ma Palembang yak :) , dominan merah dan emas :mrgreen:

    btw, pa kabar jeung.. lama tak mampir, jd kangen disampahin ma presty :D

  38. arifrahmanlubis

    presty nari?

    manstabs

  39. aku tau bahasa bengkulu
    lemak tegalau
    aku tau itu dari seorang wanita bengkulu hehehe….

  40. Thanks yah buat info ini. Saya suka banget seni budaya daerah^^

  41. Iya ini palembang kali …..

  42. waktu kirab di solo kok kayaknya ga ditampilin ya???
    padahal banyak yang nampilin atraksi lho??

  43. duh, nyari lagu minang yang judulnya “persembahan” dimana ya,,
    tapi yang arangesementnya aja,, bingung nech..
    ada yang bisa bantu…??

    = = = = =
    wah, presty juga g ngerti.. :(

  44. wah ternyata ada blog yang membahas tentang bengkulu
    salute buat mbaknya nih
    salam kenal ya mbak dr pendatang baru didunia blog…

  45. oi neng gue ilem mau kenalan dan tolong ajarin semua tarian rejang dong

  46. mbak presty nari dunkzzz…..!!!!!!

  47. ya ampun bgus bnget yah tarian Indonesia inih…..
    saya jadi Mkin cinta INdoNesia’
    Hidup Indonesia….

  48. ijay inaw ku ngen sadey ku waktaw kemliak die a, tulung kliak kulo blog ku e.
    http//rokar.wordpress.com
    :’)

  49. Tq…bermanfaat sekali buat nambah pengetahuan…….

  50. ingat waktu nari persembahan dulu… :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers

%d bloggers like this: