arsitektur oh arsitektur…

Hhmm.. bicara soal arsitek ternyata g sesempit yang aku bayangin sebelumnya. Ternyata luuuuuuuuuuuaaaaaaaaaassssssss bgt yang bisa dibahas di bidang ini.

Kalo liet di TV-TV, iklan-iklan, sering bgt kita liet yang ditampilin, profil arsitek. Iya, kan? Makanya kebanyakan anak kecil dah ngimpiin jadi arsitek dari kecil. Termasuk aku. Dari kecil aku dah pengen bgt jadi arsitek. Kenal arsitek dari papaQ yang kerja di PU (sekarang jg dikenal dgn kimpraswil). PU gitu loh… tiap aku ke kota2 gede (maklum, Bengkulu kota asalku kan bukan kota gede) aku selalu takjub ngeliet bangunan2 yang bagus2, tinggi, kokoh, unik.. tiap aku Tanya ma ortuku, “ma, pa, yang bikin gedung ini itu siapa?” jawabannya selalu “oh.. itu yang bangun arsitek..” hua ha ha.. ya jelas lah, sejak saat itu aku bermimpi untuk bikin bangunan terkenal. Jadi kalo ditanya,” siapa yang bikin ni bangunan?” semua orang pada bilang, “arsiteknya presty..”

Simple bgt ya alesannya? Tapi alasan simple ini yang akhirnya bikin aku punya cita2 jadi arsitek. Dan yang akhirnya juga nganter aku duduk di bangku kuliah jurusan arsitektur. Awalnya aku seneng bgt,, gila, gimana g seneng klo cita2 kita yang dah kita impiin sekarang ada di depan mata? Tapi ternyata… jreng jreng… g segampang yang aku bayangin, bo! Berat juga. Tiap semester selalu Cuma disibukkan ngejer deadline pengumpulan tugas gambar (he he.. arsiotek gitu loh!!). mungkin orang ngira, apa susahnya Cuma nggambar doing? Tapi, coba bayangin kalo kita lagi mati ide, g mood gambar, tapi dikejer deadline dan tugas yang numpuk bruk! Pusing pusing deh.. klo tugas teori, seenggaknya biar kita g begitu mood ngerjain, kita masih bisa nyelesein. Nah kalo gambar, kehabisan ide? Masa harus njiplak karya orang?

Aku inget, KaJur-ku pernah bilang, arsitek itu intinya jalan2 n ngamati obyek n prilaku manusia. Ternyata emang bener loh! Untuk jadi arsitek, kita harus banyak2 ngamati preseden yang dah ada. Ngamati fungsi2 ruangnya, kelebihan kekurangan bangunannya, peredaran sirkulasi pengguna bangunannya, dll dll… trus kalo mo mbangun juga g asal bangun. Kita harus mempelajari site-nya, mempelajari lingkungannya juga. Baru kita bisa mulai ngerancang apa yang pengen kita bikin. Itupun harus disesuaikan dengan permintaan klien/pemilik…

Hhmm…g sampe di sana. Kita juga harus bisa bekerjasama sama teknisi2 lain. Ada bagian konstruksi, utilitas, desain interior, mekanik, dll dll.. dan kita harus bisa jadi pimpinan dalam proyek. Ya iya, lah.. yang ngerti bentuk2 dan fungsi ruangnya kan arsiteknya, bo!! He he. Eh. Itu baru arsitek bangunan gedung, lo! Gimana klo arsitek yang fokusnya ke pembangunan wilayah? Trus belum yang focus ke desain interior.. nah lo! Susahnya, klo belajar arsitek, kita harus ngerti semuanya. Gada fokus2an.. klo sipil ka nada tuh, focus ke transportasi, konstruksi, ato hidraulika.. nah kalo arsitek? Semua harus dikuasai… hhmm.. berat juga, ya?

Yah doain aja, moga aku beneran bisa jadi arsitek. Sekarang buannyyaaaakk bgt saingan lulusan arsitek lo! Ya, g mesti jadi arsitek terkanal juga sih, yang penting ilmu yang aku dapet nantinya bisa aku gunakan baik2. G sia2… ya g, sih? Doain aja ya….

4 thoughts on “arsitektur oh arsitektur…

  1. Nggak susah kok jadi arsitek beneran, kalo udah dijalanin!.. emang susah kalo selalu dipikirin dikepala doang.. inget lho tugas mulia arsitek “Meningkatkan kualitas kehidupan Manusia dan lingkungan”
    … peran kamu nanti itu bakalan luar biasa..!!!!

  2. semangaaaatt!!

    profesi arsitek itu selain bisa berguna buat orang lain, sebenernya berguna bgt buat diri sendiri looh.. kuliah dibawa hepi aja, belajar benerannya baru pas terjun ke lapangan ko🙂

  3. uhmmm iyah…
    arsitek itu luassss bgtttt………..
    aq dapet tugas aja bingung mau ambil pendapat dari siapa…..

    puyeng2……

  4. yg susah kalo semua dikerjain sendiri, arsitek merangkap drafter+konstruktor..😛

Leave a Reply

