RUMAH TANGGAP GEMPA

Baru aja pulang kuliah struktur nih.. tadi topiknya sih space frame, tapi mbahasnya jadi kemana. Termasuk soal rumah tahan gempa yang sekarang lagi marak dibangun di
Indonesia. Sebenernya, gada rumah yang tahan gempa. Kuasa Allah siapa sih yang bisa nolak? OK, mungkin bangunannya g rubuh, tapi kalo tanahnya kebelah? He he.. tetep aja
kan? Yang bener, yang ada itu rumah tanggap gempa. Yaitu rumah yang memberikan waktu kepada penghuni rumah untuk sadar, dan berpikir, sampai keluar dari rumah, sebelum rumahnya hancur. Korban gempa
kan kebanyakan meninggal karena ketimpa dinding rumah. Begitu gempa, g sampe berapa detik, karena pas mbangun rumah g mengabaikan
gaya horizontal, rumah langsung aja rubuh. Apalagi pake batu bata, yang kaku.

Nah, rumah tanggap gempa ini dalam perancangannya memperhitungkan
gaya vertical dan horizontal yang bisa terjadi. Rumah tanggap gempa biasanya memiliki bentuk denah yang sederhana. G neko2. Kotak aja, ato lingkaran aja. Jadi
gaya yang disalurkan juga g rumit. Kalopun pengen bikin rumah/bangunan letter L ato U, ya harus dipisah2, pake dilatasi ruang.

Jadi, buat kita2 yang tinggal di daerah yang rawan gempa, yang harus diperhatiin, kalo buat rumah cobalah buat dengan bentuk dasar yang sederhana aja. Klo bisa, dindingnya dimensinya limas an ato malah dome biar penyaluran gayanya lebih stabil. Tapi bisa juga rumah biasa kok. Untuk menngantisipasi beban horizontal pada rumah standar, buat nguatin dindingnya, dari kolom2 sebaiknya begisting disisain agak panjang, trus dikaitin ke ring balk ya.. klo kerangka dah Oke, pasang batu bata. Trus biar lebih stabil, sebelum dinding di plester, di kasih tulangan diagonal di dalem n luar dinding. Baru deh di plester. Ini mengurangi kemungkinan dinding ambruk nimpa kita.. itu kalo temen2 mo make dinding beton yang kaku.. klo mo lebih awet n tahan gempa, pake kayu yah. Karena lebih elastic, n fleksibel, jadi g gampang rubuh..

Diinget2 ya klo dah pada mo mbangun rumah ntar…

One thought on “RUMAH TANGGAP GEMPA

  1. bagus juga postingnya…salam kenal…

    kalo boleh nambahin..
    Rumah merupakan wujud kesadaran manusia untuk membentengi diri dari mara bahaya sehingga ada rasa aman didalamnya..rumah tahan gempa memang tidak ada tetapi kita harus bisa mengantisipansinya dengan baik,karena kita diberikan akal budi untuk berinteraksi dengan alam. Sebenarnya pertahanan akan rumah sudah dipelajari oleh orang2 terdahulu…untuk seluruh perumahan di muka bumi ini..layaknya kita belajar dari sejarah akan pengalaman mereka…seperti orang jawa yang memakai struktur kayu diwujudkan dalam bentuk rumah joglo dan limasan… rumah tersebut kemungkinan sudah merupakan pembelajaran terhadap bahaya gempa dan konstruksi pengikat satu sama lain membuat kestabilan struktur ketika terkena getaran besar pada konstruksinya…

    salam kenal

    Ryan

    visit my we and blog to comment

    Riyantoyosapat.com
    toepay79
    limasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s