RUMAH TELETTUBIES DI SENGIR YOGYAKARTA

Nah nah.. sebenernya ada satu rumah tanggap gempa di Yogyakarta yang sempat menarik perhatian aku. Mungkin temen2 pernah denger, rumah telettubies? Ini dia rumah tanggap gempa yang bentuknya masih sangat g lazim di Indonesia. Apalagi ketika rumah itu dibangun di pelosok desa sengir, diantara rumah tradisional jawa lainnya. Jadi keliatan “berbeda” banget..

Rumah telettubies ini, ya kayak rumah telettubies. Temen2 tau kan rumah 4 sodara yang sering berpelukan ini berbentuk dome. Rumah tanggap gempa di Sengir ini juga berbentuk dome. Proses pembuatannya ternyata Cuma makan waktu 2-3 hari/unit. Rumah yang lantainya berdiameter 7m ini memiliki 2 kamar, ruang tamu, dapur, dan lantai atas yang bisa difungsikan jadi ruang keluarga. Dindingnya sama sekali g menggunakan batu bata. Batu batanya Cuma dipake sebagai dinding partisi ruangan di dalam rumah. Biayanya juga g mahal, Cuma 15-20 juta per unit. Ini harga yang murah banget lo, untuk ndapetin rumah tanggap gempa yang permanen, modern.

Pembuatan rumah2 ini ternyata ada di bawah control lembaga internasional, Domes For The World, yang udah banyak membangunkan domes2 tahan gempa di belahan dunia. Ternyata, untuk mendapatkan bentuk dan ukuran rumah yang serupa, digunakan balon besar berbentuk dome sebagai dasarnya. Setelah pondasi ditanam, angkur2 dipasang. Trus balonnya ditiup. Kalo udah, mulai deh dipasangin tulangan2 besi yang ngikutin bentuk balon tadi. Trus, kayak bikin beton bertulang, bikin deh dindingnya. Diplester, di cet, jadi deh..

Sayangnya, rumah yang bentuknya kayak igloo di kutub ini dalemnya puannas bgt! Ya iya, lah.. salah satu alas an kenapa bentuk igloo kayak dome kan supaya suhu di dalemnya tetep hangat. Nah, klo di kutub sih hangatnya nguntungin. Nah kalo di Indonesia yang Negara tropis gini? Hhmm.. kata penduduknya sih, klo siang g terlalu panas (kecuali di lantai 2 yang panasnya naudzubillah..) tapi kalo malem, saat 2 pintu dan jendelanya ditutup, di dalem rumah ini jadi panas bgt..

Hhmm..apa lagi ya? Itu dulu deh cerita domenya. Pokoknya aku tertarik ma rumah ini, pengen tak jadiin tugas struktur terakhir, studi lapangan gitu deh. He he. Sekarang bahan yang kekumpul dah lumayan dari temen2, dosen, kenalan yang ngerti tentang dome ini. Doain deh biar tugasnya selesi cepet. Jadi bisa ngerjain tugas lain yang dah ngantri buat diselesein semester ini.. he he.. Jadi kepingin lo bikin rumah dome juga. Tapi biar g panas, harus beli AC niy.. hu hu hu

6 thoughts on “RUMAH TELETTUBIES DI SENGIR YOGYAKARTA

  1. hai.. mbak?Presty.. aku adalah salah satu orang yang kagum dengan ke indahan Rumah Dome.
    sudah hampir 6 bulan ini saya membuat Video Eksklusif Rumah DOme di desa Ngelepen.
    kebetulan, didesa ini adalh Desa tempat tanah kelahiran AYah saya.
    Kalau Mbak, ingin sekali memilki Video tentang RUmah Dome, saya kasih deh.. FREE .. alias gak usah bayar. siapa tahu dengan Video itu, mbak terbantu tuk tugas akhirnya.
    berharap Rumah DOme tsb bisa dikenal oleh semua orang.bukan hanya di Jogja saja.tapi dikota kota lainya. aku pengen Rumah DOme itu menjadi tempat PARIWISATA alternatif bagi semua orang yang dateng ke Jogja. biar desa Ngelepen menjadi maju….

    Saat ini saya sedang merencanakan pembuatan Video Eks.New Ngelepen 2 Versi seperti acara di Televisi “Surat sahabat”. di VIdeo itu saya akan mencoba menampilkan ANak asli Ngelepen yang akan membantu saya dan teman2x utnuk menyelesaikan Video Eks.New Ngelepen 2 itu.

    Salam Sahabat….

    >> presty : subhanallah, alhamdulillah… makasih banget ya mas wahyu. presty emang lagi nyari2 gambar ato video proses pembuatan dome n data ngelepen… presty bisa dapet dimana ya videonya? sekalian pengen nanya2 yang banyaaaakk.. he he

  2. doanya ya semoga sukses dalam pembuatan Video Eks.New Ngelepen 2 itu…….. thanks..

    >> presty : pasti presty doain!! Allah pasti akan membantu hambaNya yang suka menolong dan berusaha…😉

  3. mo tau tinggi rumahnya berapa ya?

    dari lantai ampe ujung kubahnya

    thanks b4 ya

  4. hhmm… mas vmy, kalo berdasarkan diameter dome yang 7 meter, dan setelah saya melihat langsung ke lapangan, saya memperkirakan tinggi dome ini 3,5 s/d 4 meter

  5. Aslm,
    Mbak saya mau nanya tentang rumah dome ini boleh tidak, saya kebetulan membahas rumah dome ini sebagai bahan seminar karya tulis. Tetapi saya tinggal jauh, saya berada di bandung, jadi saya tidak bisa survei langsung. Terima kasih sebelumnya.

  6. aku punya fotonya, cuma penduduk disana mengeluh kalau hujan air tanahnya meresap melalui lantai-lantai bawah.. sehingga seperti menggenang, barangkali waktu pembuatannya dulu bekas sawah dan belum dikeringkan sehingga sering kalau musim hujan ada air masuk lewat nat keramik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s