KAPAN LULUS? KAPAN? KAPAN?

 

He he, kayak iklan Ringgo di sebuah produk rokok waktu ditanya ‘kapan kawin?’.. Kadang pusing juga mikirin kapan aku lulus. Temen2 seangkatan di fakultas lain mungkin dah banyak bgt yang dah nyandang predikat sarjana.. aku ikut bahagia dengan kelulusan mereka, dan bersedih dengan statusku yang masih aja jadi mahasiswa..hi hi..

Aku pernah jadi mayat hidup hampir setahun saat aku sedang terjatuh.. aku tetap bergerak, hidup, tapi aku g menyadari apa2 yang aku lakukan. (eh, g bermaksud menyalahkan masa lalu, ini jelas kesalahan diriku sendiri yang menjadi lengah sampai aku harus melemah dan terjatuh..) Sampai aku dapet KHS, dengan nilai1,29!! Malu2in bgt ya? Waktu itu ngambil 7 mata kuliah. Yang 4 make-up karena nilainya g memuaskan. Tapi karena waktu itu aku g punya semangat buat ngapa2in(hampir g punya semangat buat hidup), banyak bgt mata kuliah yang aku lepas. Trus, ada satu nilai yang emang g keluar. Jadilah nilaiku dipenuhi huruf C,D,E.. seumur2, biarpun aku g pinter2 bgt di arsitek, g pernah sekalipun aku liet KHS-q tanpa nilai A dan B satu pun!! Untungnya, IPK-ku Cuma turun 0,08.. turun juga sih.. tapi gpp lah.. emang harus jatuh dulu.. he he

 

Dan alhamdulillahnya, di saat nilaiku hancur2nya, KHS-nya mulai saat itu akan selalu dikirimkan pihak universitas ke rumah.. jadilah orangtuaku tau nilaiku. Jadilah mereka menanyakan padaku, apa penyebab nilai anak kebanggaan mereka jadi begitu jelek? He he, maafin adek ya ma, pa, mba, uti.. aku jadi inget perjuangan mereka nyekolahin aku. Aku jadi sadar, mereka g dengan gampang bisa nyekolahin aku. jadilah I feel so guilty.. sekali lagi, maaf ya mah, pah, mba, uti..

 

Aku jadi mulai semangat buat kuliah lagi. Seterpuruk apapun aku, sesedih apapun aku, aku g boleh lagi nyia-nyiain kepercayaan keluargaku. G boleh lagi nyia-nyiain kerja keras keluargaku buat nyekolahin aku.. tapi ternyata buat lulus dari arsitek emang g segampang itu. Aku harus nyelesin semua mata kuliah studio yang ada (klo kita lulus terus dengan mulus di mata kuliah studio, yang harus kita tempuh dalam 7 semester, g bisa dipersingkat).

 

Mata kuliah seminar tentang proposal konsep studio akhir baru boleh diambil paling cepat saat kita ngambil studio 7.. habis seminar, baru boleh ambil studio akhir. Klo konsep dah di ACC, baru boleh masuk studio akhir selama 3 bulan.. dan semuanya ber-periode. Kita g bisa seenaknya nentuin kapan kita lulus. Periode studio tugas akhirnya 3 bulan sekali. Pendadarannya baru setelahnya, berbarengan dengan temen periode studio TA kita.. dan habis pendadaran, kita akan nunggu 2 bulan untuk ikut wisudanya.. g kayak fakultas lain y, yang bisa lulus sesukanya. Yang penting, sebulan sebelum waktu wisuda, harus dah pendadaran. Tergantung cepet lambatnya kita nyelesein skripsi, g pake periode2an kayak arsitek..

 

Hhm.. doain aku aja ya.. karena hampir setahun kuliahku sempet ketetaran, aku jadi agak ketinggalan. Temen2 seangkatanku di arsitek, yang paling pinter sekalipun belum ada yang masuk studio TA. Mungkin periode juli ini 2003 sudah mulai menguasai studio TA. Aku maunya ngejer periode januari tahun depan. Biar lulus april, wisuda juni. Doain ya.. masih banyak tahap yang harus aku lalui..

One thought on “KAPAN LULUS? KAPAN? KAPAN?

  1. yakin pengen lulus cepet-cepet? yang nganggur masih banyak loo… nggak nunggu bekurang dikit niih?
    hahahaha…

Leave a Reply

