Bank of China Tower

2009344_.jpg

 

DATA BANGUNAN

Nama Bangunan :Bank of China

Arsitek : Ieoh Ming Pei

Tahun pembuatan : 1982-1990

Tipe bangunan : bangunan perkantoran komersial, high rise

Style : modern, structural expressionism

Lokasi : garden road, central. Hongkong-china

Tinggi bangunan : 369 m

Jumlah lantai : 72 lantai

Luas lantai : 135,000 m2

Material : aluminium, beton, granit, kaca, baja


PROSES DESAIN dan ANALISIS DESAIN

Pelaksanaan pembangunan karya arsitektur termashyur ini dimulai pada 18 april dan upacara peresmian bangunan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 1990.

Saat mendesain bangunan ini, IM Pei ingin menciptakan sebuah struktur yang menggambarkan aspirasi masyarakat China sekaligus simbolisasi kebaikan akan melawan koloni Inggris.

Dalam masa pembangunan karya arsitektur ini, IM Pei menemukan banyak kendala dengan para pakar feng shui di hongkong sejak awal pembangunan gedung ini. Karena ketika kita merancang sebuah bangunan di Hongkong, kita tidak bisa melupakan masalah Feng Shui.

Desain original dari Bank of China yang memiliki tepi-tepi tajam dan berbentuk huruf ‘X’ merupakan hal yang paling banyak ditentang oleh ahli Feng Shui. Bagaimanapun juga, huruf ‘X’ merupakan symbol negative yang terlihat sebagai symbol dari kematian. Karenanya IM Pei memilih untuk memodifikasi desainnya beberapa kali.

Agar bangunan ini mendapatkan berkah, dilaksanakan upacara selamatan gedung ini pada tanggal 8-8-1988. Dimana angka 8 (delapan) merupakan angka keberuntungan, dan di negara ini tanggal tersebut dipercaya sebagai hari keselamatan, hari yang memberi banyak harapan. Bangunan ini diresmikan pada tanggal 17 mei 1990.

2bank0001.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Simbol lain yang digunakan dalam ekspresi structural Bank of China Tower ini adalah pertumbuhan dari pohon bamboo yang rapi, dimana setiap bagian batangnya akan terdorong semakin tinggi dan tinggi di setiap pertumbuhannya. Sama dengan bangunan ini, setiap bagian batang bangunan terlihat seperti tumbuh dengan rapi. Bamboo juga merupakan symbol dari kehidupan, harapan, dan kemakmura, kekuatan, pertumbuhan dan vitalitas.

Tampak bangunan dari beberapa sudut pandang terlihat seperti belahan. Dalam Feng Shui, Bank of China dideskripsikan sebagai bangunan terbelah, dan samar-samar terlihat bahwa bangunan ini menghadap ke markas besar HSBC Hong Kong.

Perubahan ukuran, dari lantai dasar hingga beberapa perubahan ukuran sampai ke ujung menara, menghasilkan tampak bangunan yang bagus dari berbagai sudut pandang, yang merefleksi cahaya dan terlihat seperti komposisi dari jajaran crystal.


STRUKTUR BANGUNAN

 

22084200.jpg

Bangunan ini merupakan bangunan tingkat tinggi pertama dengan megastruktur yang tersusun dari space frame. megastruktural baja hasil pabrikan ini mengekspresikan keluar panel positif secara natural yang merupakan bagian dari tebaran dinding tinggi.

Megastruktur yang tersusun dari space frame digunakan untuk menopang hampir seluruh berat bangunan yang sekaligus dimaksudkan untuk menahan beban lateral dari angin topan yang sering terjadi di Hong Kong. Dengan harapan, dengan memenuhi kebutuhan dari koneksi 3D, ruang beban terselesaikan tanpa berlindung pada kompleksitas dan kerugian yang telah terhubung dengan struktur silang-kait sebelumnya.

Keseluruhan struktur bangunan ini ditopang oleh lima kolom baja di pojok-pojok bangunan, dengan empat rangka berbentuk segitiga yang mentransfer beban struktur bangunan ke kolom-kolom ini. Keempat rangka kaca-aluminium yang tampil dengan ukuran bervariasi ini tampil dari podium granit.

Shaft-shaft / kolom menopang beban bangunan dan mengeliminasi kebutuhan dari banyak sokongan internal vertical. Sebagai konsekunsinya, Bank of China Tower ini menggunakan lebih sedikit baja daripada bangunan dengan tinggi setipe lainnya.

19 thoughts on “Bank of China Tower

  1. Mbak,saya mahasiswa arsitektur di slh satu PTN di Aceh,saya kekurangn data mengenai Bank untuk tugas akhir saya. Mbak Presty punya referensinya gak????makasih

    >> presty : mas matunis, saya dah nyoba ngubungin sodara via email. kebetulan saya pernah dapet tuga bank untuk studio 4, insya Allah konsepnya masih ada. klo martunis mau, saya bisa kirimkan kemana, ya?

  2. mbk sya adalah mhasiswa arsitektur di salah satu PTN di maluku bisa mta bantu ngaak saya, sagat kukurangan konsep tentang bank.. klau boleh kirim juga buat saya. yudha_ngaak@yahoo.com

    >> boleh… sabar ya.. kebetulan pernah dapet tugas tentang bank. tapi bukan cuma bank… ntar coba aq attach ya.. ditunggu ^_^

  3. Mbak, pernah tahu nggak Fengshui yang diterapkan di public building tapi tipologi hunian ( apartemen, panti, asrama ) dll. Yang penghuninya banyak.
    Trims.

    >>fengshui buat keseluruhannya apa buat per kamarnya, mba?
    insya Allah sudah banyak kok mba bukunya…
    klo web yang mbahas soal itu, presty belum pernah cari..
    he he (belom begitu tertarik dengan fengshui dalam arsitektur, paling taunya cuma yang dasar2 aja..)
    tapi bukunya dah banyak bgt. di tabloid rumah juga ada tiap minggu..
    insya Allah presty bantu cari infonya😉

  4. Assalamualaikum mbak presty,saya T.Martunis mahasiswa arsitektur Unsyiah NAD,saya kekurangan data mengenai BAnk untuk tugas akhir saya.katanya mbak presty pernah dapet tugas tentang bank untuk studio 4 ya mbak?,kira-kira konsepnya masih ada gak mbak ya????.teuku_martunis@yahoo.com.Wassalam..

  5. Assalamualaikum mbak presty,saya T.Martunis mahasiswa arsitektur Unsyiah NAD,saya kekurangan data mengenai BAnk untuk tugas akhir saya.katanya mbak presty pernah dapet tugas tentang bank untuk studio 4 ya mbak?,kira-kira konsepnya masih ada gak mbak ya????.teuku_martunis@yahoo.co.id Wassalam..
    Terima Kasih.

  6. asslmkm.
    mb ta copy yaa bwt tugas skbg…hehe…
    salam kenal, anak bengkulu juga neeh ^^

    waalaykumsalam..
    kasih daaah..😀
    anak bngkulu?Kuliah dmana?

  7. asalamualaikum wwb.maaf mba ak memberanikan diri katanya mba pernah dapat tugas tentang bank, ak mahasiswa arsitektur smester 3 ak kekurangan data2 nya, kalau mba gak keberatan saya mau minta konsep2 nya, ni email ak, dhanw_xxx@yahoo.com, sebelumnya ak ucapin terima kasih…wsllm

  8. mbakk…
    kalo bank of china itu pake sistem core gak yaaa??
    emm.. kalo nyari gbr pra rancangan ada gak yaa??
    trus nyarinya di mana yaa???
    thanks 4 the information
    it usefull 4 me…
    email aQ yaa…
    tulankcil@yahoo.om

  9. mbak saya mahasiswi arch Unika Semarang say ingin tau lebih jauh ttg Bank ini karena saya ingin membahas ttg struktur space frame nya…
    bisa kah memeberikan saya refernesi2 lebih lanjt???
    tengkyu…
    ina.ratnawati@yahoo.co.id

  10. mba,saya jg mau konsep dan cara pembangunannya kl bisa,buat tugas presentasi saya..kirimnya ke reshki_na@yahoo.com
    makasi banyak yaa mba!hehe

  11. mbak…
    saya mahasiswa arsitektur…
    sekarang saya diberi tugas membuat apartemen…
    dan saya diberi tugas untuk mencari bestek apartemen..
    mbak punya ga bestek apartemen…
    kalo punya boleh minta besteknya ga mbak??
    kirim via email az…
    maksih ya mbak..
    =D

  12. asw..mbak saya mahasiswa teknik arsitektur unsri… mbak boleh mita gambar struktur bangunan bank of china nya g mabak???sama ukuran balok kolom dan jenis struktur bangunan tinggi yg digunakan bangunan tersebut…..ni buat tugas struktur konstruksi saya mbak…..mksh…..krm k email saya saja y mbak…..^_^

  13. bank of china ini termasuk struktur tabung atau mega truss y kalau saya boleh tau?
    tengkiu ^^

  14. Mbak, saya mahasiswa arsitektur di slh satu PTN di Aceh,saya kekurangan data untuk study literatur mengenai Bank untuk tugas akhir saya. Mbak Presty punya referensinya gak?
    makasih

  15. Assalamu’alaikum.wr.wb

    mbak,,, boleh berbagi data2nya mengenai bank..
    baik konsep, keamanan,fasilitas2 yg ada…. dll…😀

    terima ksh

  16. ass……..mba,,,,minta bantuanx dong soal bangunan tingkat tinggi menggunakan struktur majemuk………..,,,,,,

  17. maf…. saya mahasiswa architctre ITN malang…..
    saya ada tgas mengenai bangunan bank yang tingginya lebh dari 8 lantai….
    saya pengen menganalisa strukturnya…..kira2 referensi tentang struktr Bank of china ada g y??????
    trima kasih…
    By Budi Sarwono

  18. mbak minta analisis strukturnya boleh ngga,saya butuh buat tugas studio struktur

Leave a Reply

