merancang, konsep dulu ato tampilan?

ada sebuah cerita. waktu itu, di perjalanan pulang dari jogja, aku ketemu Nashir (temen kuliah) di kereta. dan kami mendiskusikan banyak hal. yang paling menarik adalah diskusi tentang bagaimana sesungguhnya cara merancang yang baik? dimulai dari denah yang terpaku pada konsep atau memulai dari imajinasi tentang tampilan desain?

seorang temanku yang lain, Arief, waktu itu ikut workshop di UNPAR. pada workshop itu tiap 2 jam, peserta diminta mempresentasikan desain yang dibuat di laptop saat itu juga. temanku kelabakan karena terbiasa mengerjakan tugas yang terpaku pada konsep.

pak BP sendiri saat itu mengakui kelemahan sistem pendidikan arsitektur di PTN PTN indonesia… dimana mahasiswanya dituntut merancang sesuatu berdasarkan konsep, terpaku pada konsep. dimulai dengan konsep, site, denah, strukturnya harus OK, tampak, potongan, baru perspektif.. kadang hal ini membuat imajinasi mahasiswanya terbatasi..

padahal klo dipikir, orang awam kayaknya g akan begitu memperhatikan bentuk denah dan gamau ambil pusing soal strukturnya. yang mereka perhatikan hanya tampilan bangunannya.. dan tugas seorang arsitek yang paling utama di lapangan adalah memperhatikan detail tampilannya. bukan memperhatikan detail strukturmya.. ntar kita malah dimarahin ma anak struktur sipil klo kita sok ngitungin beban strukturnya.. he he..

kata pak BP, di lapangan ntar, yang punya hak buat pusing mikirin struktur apa yang mo dipake adalah anak sipil.. arsitek, musingin tampilan bangunan aja dah cukup mumet kok. dan sebenarya, apapun bentuk bangunannya, dengan teknologi yang semakin canggih sekarang, pasti ada struktur yang bisa diaplikasikan..

hhmm.. jadi sebenernya, akan lebih baik kalo kita merancang dari tampilannya. membayangkan bentuk bangunannya, tampaknya, ruang2 apa aja yang mo kita taruh di lantai itu, baru bentuk denahnya menyesuaikan dengan apa2 yang kita bayangkan. masalah struktur, harusnya sih g begitu kita pusingkan.. biar ide kita g terbatasi..

fiuh.. jadi sebenernya kita mau milih yang mana, niy? aku sekarang lagi nyoba bikin tugas studio pake cara baru. sampe sekarang, alhamdulillah lebih gampang nyalurin idenya emang. tapi aturan di kampus, tetap aturan..klo mo lulus, jangan di langgar…gimana caranya kita ngakali semuanya aja.. he he.. sukses ya, friends.. met mendesain bangunan2.. semoga bangunan2 yang mengagumkan akan tercipta atas nama kita.. amiiinnn….

One thought on “merancang, konsep dulu ato tampilan?

  1. mbak makasih yaa infonya
    kalo bisa yang berunsur arsitektur jepang dong…
    he he majulah arsitektur tradisional Indonesia!!!!!
    MERDEKA!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s