Al-Anfal 45-46

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu bertemu pasukan (musuh), maka berteguh hatilah dan sebutlah (nama) Allah banyak-banyak (berdzikir dan berdoa) agar kamu beruntung.

Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar”

(QS Al-Anfal : 45-46)

Klo diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari zaman sekarang, artinya juga bisa kebaca jelas. Sebagai hamba Allah, saat kita menemui kesulitan dalam bentuk apapun, maka berteguh hatilah. Karena kesulitan di dunia itu merupakan ujian yang besar dari Allah. Ujian keimanan dan ketakwaan kita. Allah kan tidak akan memberikan ujian yang melampaui kekuatan hambaNya. Allah Maha Mengetahui yang dimiliki hambaNya.. Jadi kita harus meyakinkan diri terlebih dahulu, bahwa kita pasti sanggup menghadapinya. Dan lagi, setelah kesulitan pasti ada kemudahan, kan? Di Al-Quran aja meyakinkan kita 2 kali, bahwa bersama kesulitan ada kemudahan (Al-Insyirah : 5-6) Kemudahan baik di dunia maupun di akhirat..

Jadi, jangan mundur! hadapilah dengan banyak doa dan dzikir terucap dari bibir dan hati kita agar kita beruntung. Allah aja yakin kita bisa melaluinya dengan baik, kenapa kita mesti berbalik mundur? Hadapilah dengan keteguhan hati, dengan hati yang selalu bertasbih menyebut namaNya, dengan niat yang lurus.. Bila hati kita bersih, niat kita lurus, insya Allah, kita akan menjadi ikhlas dan sabar.. dan dengan bibir dan hati yang selalu menyebut namaNya, Insya Allah Dia akan memberikan bala bantuanNya. Dan Allah sungguh-sungguh Maha Perkasa. Insya Allah, urusan kita akan dimudahkanNya..

Lalu, hindarilah perselisihan di antara kita. Hindari selagi kita masih bisa berpikir bijak. Karena perselisihan bisa membuat kita lemah sebagai hamba di hadapanNya. Bersabarlah terhadap sesamamu dan terhadap masalahmu, hadapilah mereka dengan hati yang bersih, senyum di wajah, dan niat yang tulus. Hadapi dengan penuh kesabaran, karena Allah sungguh-sungguh berada di antara orang2 yang sabar..

Maaf kalo aku mengartikannya masih kurang sempurna. Sedang mencoba mempelajari makna-makna yang terkandung dalam ayat-ayat Allah. Lagi belajar, jadi harap maklum kalo masih ada kekurangan n kesalahan. Mohon ditambahin n dibenerin ya, biar aku g jadi sesat, biar kita g jadi sesat.. he he.. salah mengartikan bisa menyesatkan, kan? Astaghfirullah, semoga kita bukan golongan orang2 yang disesatkan oleh Allah… amiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s