tentang marifatullah niy..

Beberapa dari kita mungkin sudah g asing lagi dengan kata ‘ma’rifatullah’. Iya, ma’rifatullah, yang artinya mengenal Allah. Kata orang, tak kenal maka tak sayang, jadi untuk lebih mencintai Allah, kita harus mengenal Allah lebih dekat. Kenapa kita harus mencintai Allah? Karena fitrah manusia sesungguhnya adalah mencari Allah. Karena Allah adalah cinta sejati hambaNya. Kita selalu ingin dicintai Allah, tapi apa kita sudah mencintai Allah? Kadang, karena kita tau Allah selalu mencintai kita, kita malah jadi lupa untuk lebih mencintai Allah. Kita selalu meminta pada Allah, walaupun Allah selalu memberi, tapi apa kita g malu kalo kita g pernah memberi pada Allah? So, ma’rifatullah itu penting banget buat kita yang ingin lebih mencintai dan dicintai Allah.

Nah, sebenernya g susah kalo kita mau lebih mengeal Allah. Kita semua yang pada sholat pasti hapal dengan surat An-Naas, kan? Surat pendek yang paling akrab ma kita, surat terakhir dalam ayat Allah. Nah, ada tiga identitas utama Allah yang bisa kita temukan dalam surat An-Naas ini.

  • ..Robbinnaas.. : Rob-nya mnusia. Tuhannya manusia. Allah adalah pelindung, penjaga kita. Dzat yang paling berhak atas diri kita. Allah-lah sang pemilik atas diri kita. Gada seorangpun yang berhak atas diri kita selain Dia.
  • ..Malikinnaas.. : Rajanya manusia. Allah adalah pemimpin manusia yang tempat dan waktunya g terbatas. Di antara manusia-manusia juga terdapat raja-raja dan pemimpin, hanya saja terbatas sekali waktu dan area kekuasaannya, g bisa menandingin kekuasaan Allah sedikitpun..
  • ..Illahinnaas.. : Pencipta manusia dan alam semesta. G ada satu makhluk pun yang mampu menandingi ciptaan-Nya. Subhanallah.. kalo ada manusia yang menciptakan suatu karya, yang menemukan sesuatu, dia bukannlah pencipta, tapi penemu. Mereka menemukan partikel2 yang Allah ciptakan dan menggabungkannya menjadi suatu karya temuan. G ada satu manusia-pun yang mampu menandingi ciptaan-Nya. Dia yang menyukai keindahan, detail, dan kesempurnaan.

Bener2 Lailaaha illallahu, tiada Illah selain Allah..

Lalu, gimana cara kita belajar mengenal Allah? Ada banyak sekali caranya. Beberapa caranya adalah dengan Kauliyah dan Kauniyah. Kauliyah artinya kita belajar mengenal Allah melalui kitab suci Al-Quran dan hadist2. Di dalamnya terdapat ketetapan2 Allah. Cobalah membaca arti dari ayat2 Allah yang tiap hari kita dendangkan. Subhanallah, sungguh di sana kita bisa menemukan betapa Allah telah menetapkan banyak hal. Allah Maha Mengetahui apa-apa yang akan terjadi pada ciptaanNya. Lalu, kauniyah.

Kauniyah artinya belajar dari alam sekitar. Coba perhatikan, banyak sekali yang bisa kita pelajari dari alam. Dari anatomi manusia, banyak sekali yang dapat kita pelajari, yang semakin membuat kita terkagum-kagum pada ciptaan Allah. Bahkan banyak bidang yang mendasarkan ilmunya pada anatomi manusia, seperti ilmu arsitektur misalnya. Cacat pada ciptaanNya, seperti cacat yang diderita manusia, sesungguhnya bukan karena kelalaian Allah pada saat menciptakannya, karena Allah pasti memiliki maksud dan tujuan dalam mencipta. Pasti ada sesuatu yang baik di balik semua kehendakNya.

Itu tadi sebagian kecil cara kita untuk mengenal Allah dan belajar mencintai Allah. Masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk lebih mengenal Dia, sang Rabb, sang Malik, sang Illa.. trus, apa aja manfaat yang kita dapet setelah kita lebih mengenal Allah? Inget lagunya Raihan? Selangkah kita mendatangiNya, seribu langkah Dia mendekati kita. Selain itu, banyak banget manfaat yang bisa kita dapet, antara lain :

  • Setelah kita mengenal Allah, jalan kita akan lebih istiqamah. Jika kita berpegang padaNya, jalan kita akan dimudahkan. Kita akan diberi petunjuk jalan yang lurus olehNya.
  • Kita jadi g mudah putus asa. Karena kita tau, Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hambaNya. Dan kita yakin, Allah Maha Mengetahui kemampuan hambaNya dan Allah g akan memberi ujian yang melampui kekuatan hambaNya. Jadi kita g akan mudah putus asa dalam menghadapi cobaan. Karena kita yakin, kita pasti bisa melewatinya
  • Kita menjadi lebih berani dan g pengecut. Keyakinan menghadapi suatu ujian membuat kita berani melangkah. Keyakinan bahwa Allah lebih mencintai kita karena kita telah mengenal Dia, membuat kita g jadi seorang pengecut atau pecundang.
  • Kita menjadi lebih stabil, optimis, dan g gampang stress (atau malah g bakal stress? (^_^)). Karena saat kita mulai merasa kelelehan dan didera masalah, kita akan berdzikir dan bertasbih padaNya. Dengan berdzikir, hati akan lebih tenang. Dengan ketenangan, kita akan lebih stabil. Dan dengan kestabilan kita g akan menjadi pesimis, sehingga kita g gampag stress. Obat paling mujarab saat galau, adalah berdzikir dan bertasbih, mengeluh dan meminta hanya padaNya melalui doa-doa panjang kita.
  • Kita akan lebih ikhlas. Memasrahkan segala sesuatuNya padaNya dengan keyakinan dan niat yang lurus, dan dengan tujuan untuk mencari ridhoNya. Karena kita tahu, Allah-lah sang pemilik ketetapan. Kita wajib berusaha memperbaiki atau bahkan untuk mengubah keadaan kita, karena ‘Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga kaum itu mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri’ (QS Al-Anfal; 53 ) tapi kita tidak berhak menetapkan takdir kita atau takdir orang lain. ‘Maka celakalah dia! bagaimana dia menetapkan?’ (QS Al-Muddassir; 19-20).
  • Last but not least, hidup kita akan penuh berkah. Berkah di hati. kita akan hidup dengan tenang. Bukankah ketenangan adalah keinginan setiap manusia? Bukankah mencari kedamaian hati adalah tujuan manusia? Maka mencari Allah adalah fitrah manusia..

Subhanallah, ternyata banyak banget ya manfaat dari mengenal Allah? Dan caranya-pun ternyata g susah. Belajarlah walau hanya dari sesuatu yang kecil, maka di sana kita akan menemukan kebesaran Allah. Allahu Akbar.. jadi, g ada salahnya kan kalo kita sekarang mencoba belajar lebih mengenal Allah? G ada kata terlambat untuk belajar menjadi hamba yang baik di mata Allah, sampai sebelum ajal menjemput. Kalo kita pengen dari sekarang hidup kita lebih tenang, lebih nyaman, lebih indah, kenapa kita g belajar mengenal Allah dari sekarang, y? Karena fitrah manusia adalah kembali padaNya, kenapa kita g mulai melangkah mendekatiNya dari sekarang? Ayo melangkah bersama. Bergantung pada sesama juga fitrah manusia. Biar jalan kita lebih mudah dan lebih lurus, jangan ragu untuk melangkah bersama! v(^.^)v

Thx to mba Ulfah n temen2 liqo yang dah mau menggandeng presty dan membantu presty menguatkan langkah presty, makasih atas dorongan yang terus diberikan buat Presty. Makasih buat semua ilmu yang dah dibagi ke Presty.. keep istiqamah juga, ya ukhti. Semoga langkah2 kita akan semakin mantap dari hari ke hari. Makasih ya Allah, telah menghadirkan mereka dalam perjalananku mencari cintaMu…

11 thoughts on “tentang marifatullah niy..

  1. ……………….. bagus
    semoga bisa jadi bahan belajar (minimal belajar ngetik heheeee…) dan berpikir (daripada mikirin sembako yang harganya terus naik) untuk semua.
    allah tidak akan………….hingga kaum itu merubahnya sendiri (ar rad 11 kali dek)
    yang jelas kita lah raja itu yang sebenarnya didunia ini,yang bertugas untuk membumikan nilai2 ketuhanan. karena sesungguhnya ada tuhan pada diri kalian masing2
    …………………..????

    >> presty : Ar-Rad kah? tapi adek liet sendiri di Al-Anfal itu juga ada. hhmm.. coba adek chek lagi.di Ar-Rad ya? makasih ya k, dah dikasih tau… oya, mizz u so much, bro!!

  2. He…. he…. MAteri LQ Neh ceritanya?

    *_*

    He….
    He….

    Guddd…..guuud….gud….

    Keep Istiqamah Sist….

  3. eh, ketahuan klo materi liqo ya? ditambah2in gitu deh, bermaksud biar yang mbaca lebih tertarik..he he, belum sanggup bikin materi sendiri. gpp, kan mem-forward dakwah yang diterima ke banyak orang.. mencoba berbagi ilmu yang didapat, walau hanya sedikit. semoga bisa bermanfaat buat banyak orang.. (^.^)

  4. Membuka hati akan jati diri nih pres
    lama liat tapi males baca, *panjang amat* gitu kata setannya🙂

  5. pertamanya salam kenal dulu yaaa,,,
    cuman mw ngucapin thanks berat atas isi dari blognya yang telah membantuku dalam mengerjakan tugas,,,
    *_*

  6. Membaca uraian anda tentang Makrifatullah saya jadi bertanya-tanya tentang uraian anda tentang pengenalan Allah anda ternyata masih dangkal hanya sebatas Syariat saja padahal kalau anda lebih mau belajar tentang ilmu hakikat (Hakiki) tentu anda akan lebih paham siapa Allah sebenarnya bukan hanya perenungan saja semoga anda lebih matang dalam beragama dan mencari Seorang guru Makrifatullah karena mencari guru Makrifat sama dengan susahnya mencari jarum dalam jerami mereka tidak mau menonjolkan diri dan mereka tidak pernah pakai Sorban seperti kebanyakan mereka cenderung menyendiri

    >> sebenernya ni comment menohok bgt…🙂
    tapi alhamdulillah, presty diingatkan Allah melalui mz Trianda untuk terus belajar lagi. menyadarkan presty untuk tidak terlalu sombong terhadap ilmu yang kita punya. memang sangat presty sadar, uraian presty tentang postingan ma’rifatullah ini tidak begitu dalam. masih sebatas permukaan saja. semoga saja postingan sederhana ini bisa menjadi langkah awal bagi banyak orang yang masih belum begitu paham untuk lebih belajar ilmu hakiki ini.. Syukron mz Trianda…

  7. Mengenal ALlaah

    Yang dimaksud dalam pembahasan ini yaitu mengenal Allah yang akan membuahkan rasa takut kepada-Nya, tawakal, berharap, menggantungkan diri, dan ketundukan hanya kepada-Nya. Sehingga kita bisa mewujudkan segala bentuk ketaatan dan menjauhi segala apa yang dilarang oleh-Nya. Yang akan menenteramkan hati ketika orang-orang mengalami gundah-gulana dalam hidup, mendapatkan rasa aman ketika orang-orang dirundung rasa takut dan akan berani menghadapi segala macam problema hidup.

    Ibnul Qoyyim dalam kitab Al Fawaid hal 29, mengatakan: “Allah mengajak hamba-Nya untuk mengenal diri-Nya di dalam Al Qur’an dengan dua cara yaitu pertama, melihat segala perbuatan Allah dan yang kedua, melihat dan merenungi serta menggali tanda-tanda kebesaran Allah seperti dalam firman-Nya: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian siang dan malam terdapat (tanda-tanda kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memiliki akal.” (QS. Ali Imran: 190)

    Mengenal Wujud Allah.
    telah disebutkan oleh Allah di dalam Al Qur’an: “Dan ingatlah ketika Tuhanmu menurunkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman ): ‘Bukankah Aku ini Tuhanmu’ Mereka menjawab: ‘(Betul Engkau Tuhan kami) kami mempersaksikannya (Kami lakukan yang demikian itu) agar kalian pada hari kiamat tidak mengatakan: ‘Sesungguhnya kami bani Adam adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan-Mu) atau agar kamu tidak mengatakan: ‘Sesungguhnya orang-orang tua kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dahulu sedangkan kami ini adalah anak-anak keturunan yang datang setelah mereka.’.” (QS. Al A’raf: 172-173)

    Mengenal Rububiyah Allah
    Rububiyah Allah adalah mengesakan Allah dalam tiga perkara yaitu penciptaan-Nya, kekuasaan-Nya, dan pengaturan-Nya. (Lihat Syarah Aqidah Al Wasithiyyah Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin hal 14)
    Allah mengatakan: “’Katakanlah!’ Dialah Allah yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya sgala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya.” (QS. Al Ikhlash: 1-4)
    auhid rububiyah Allah telah dijelaskan Allah dalam beberapa firman-Nya:
    “Kalau kamu bertanya kepada mereka siapakah yang menciptakan mereka? Mereka akan menjawab Allah.” (QS. Az Zukhruf: 87)
    “Dan kalau kamu bertanya kepada mereka siapakah yang menciptakan langit dan bumi dan yang menundukkan matahari dan bulan? Mereka akan mengatakan Allah.” (QS. Al Ankabut: 61)
    “Dan kalau kamu bertanya kepada mereka siapakah yang menurunkan air dari langit lalu menghidupkan bumi setelah matinya? Mereka akan menjawab Allah.” (QS. Al Ankabut: 63)

    Mengenal Uluhiyah Allah
    Uluhiyah Allah adalah mengesakan segala bentuk peribadatan bagi Allah, seperti berdo’a, meminta, tawakal, takut, berharap, menyembelih, bernadzar, cinta, dan selainnya dari jenis-jenis ibadah yang telah diajarkan Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
    Allah berfirman di dalam Al Qur’an:
    “Hanya kepada-Mu ya Allah kami menyembah dan hanya kepada-Mu ya Allah kami meminta.” (QS. Al Fatihah: 5)

    Mengenal Nama-nama dan Sifat-sifat Allah
    Maksudnya, kita beriman bahwa Allah memiliki nama-nama yang Dia telah menamakan diri-Nya dan yang telah dinamakan oleh Rasul-Nya. Dan beriman bahwa Allah memiliki sifat-sifat yang tinggi yang telah Dia sifati diri-Nya dan yang telah disifati oleh Rasul-Nya. Allah memiliki nama-nama yang mulia dan sifat yang tinggi berdasarkan firman Allah:
    “Dan Allah memiliki nama-nama yang baik.” (Qs. Al A’raf: 186)
    “Dan Allah memiliki permisalan yang tinggi.” (QS. An Nahl: 60)

    Imam Syafi’i meletakkan kaidah dasar ketika berbicara tentang nama-nama dan sifat-sifat Allah sebagai berikut: “Aku beriman kepada Allah dan apa-apa yang datang dari Allah dan sesuai dengan apa yang dimaukan oleh Allah. Aku beriman kepada Rasulullah dan apa-apa yang datang dari Rasulullah sesuai dengan apa yang dimaukan oleh Rasulullah” (Lihat Kitab Syarah Lum’atul I’tiqad Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin hal 36)

    selengkapnya :

    http://www.salafy.or.id/salafy.php?menu=detil&id_artikel=2

  8. Asslamkm.gw skrg lg dalam ‘inquiry’ ne. gw skrg lagi nyari dalil n bukti2 ttg ada n kuasaNya Allah, SWT. emang c dari kecil qt uda diajari bhw adannya alam semesta plus sgl hkm2 di dlmny tu mrpkn bukti adanya Allah, SWT. well, gw bisa terima. but lambat laun gw mulai dengar teori evolusi yg menyatakan bhw alam semesta ini terwujud sendiriyg berarti meniadakan Tuhan. bingungnya gw, gw tu ga punya dalil ato argumen yg bs membenarkan sala satunya. emang si gw uda bc karya2 harunyahya. disitu dah dijelasin ttg kemustahilan teori evolusi n kepastian penciptaan. tp.. harunyahya ngasi buktinya pake riset2 ilmiah tingkat tingg yg gw sendiri ga ngerti dan pengetahuan gw ga sampe kesitu. bg gw kalo bukti itu diluar pengetahuan gw sendiri, gw gang bs nerima sepenuhnya. well, gw bukan athheis.. gw cm pengen punya pendirian dan iman yang kokoh dalam menyembah Allah, SWT. gw udah usaha macem2 mulai dari cari artikel pake search engine, dan gw pun uda brdoa,hampir setiap abis sholat,but belumdapet jg jln kluarnya. anyone plis give comment!share!helpme!. Yaa Allah… tlg hamba.

    = = = = =
    alaa bidzikrillahi tathmainul quluub..🙂

  9. Salam kenal penuh cinta…
    Numpang sarapan dong…sambil ngopi dan makan pisang goreng…Alhamdulillah ada pondokan yang sejuk ini…artikelnya mencerahkan…
    Bagi yang suka dengan tasawuf silahkan mampir dipondokan kami….
    http://pengembarajiwa.wordpress.com/

    = = = = =
    boleh, monggo…
    uklee. insya Allah presty pasti akan mampir..😀

  10. ass wr wb

    puji syukur allah swt.

    aq mo jdi orng yg baik2 ja,yng bnr ttp allah.

  11. knp setiap mnsia hanya mengejar pahala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s