Pyramid du louvre

louvre_pyramided.jpg

Temen2 pasti dah sering liet bangunan ini di film2. Salah satu film yang lokasi utamanya ngambil di bangunan ini adalah film “The Da Vinci Code”. Pasti pada pernah nonton film ini, kan? Nah, aku pengen mengenalkan sedikit tentang bangunan museum di film ini. Nama bangunannya “Pyramid Du Louvre”. Pyramid dari kaca setinggi 24 meter dan panjang sisinya 35 meter ini diadaptasi dari cheops (sekitar 2500 SM) sebuah pyramid termasyur berkemiringan sisi 510. Konstruksi Piramid kaca ini terdiri dari rangka metal yang membentuk jaringan jajar genjang dipadukan dengan kabel-kabel metal untuk menyalurkan gaya-gaya tarik sehingga membentuk struktur ruang yang elemen-elemennya juga menjadi dekorasi yang sangat menarik.

Berikut data bangunan piramid ini :

louvre_piramide_de_nuit_1.jpg

Arsitek : IM Pei

Lokasi : Paris Perancis

Waktu Pembuatan : 1983-1989

Type banguan : Pintu masuk museum seni

Sistem konstruksi : Struktur kaca, baja dan kabel

Style : Modern

Konteks : Urban

Iklim : Hangat

Tinggi : 24,0 m/78,9 kaki

Catatan : Seorang pengunjung baru masuk ke museum Louvre, terhubung secara rapi pada galeri yang diperluas dibawah halaman

 

 

vglouv01.jpg

Pyramid ini sendiri sesungguhnya hanya berfungsi sebagai pintu masuk dari Museum Du Louvre, salah satu museum terbasar di dunia, menempati bekas istana yang pertama kali dirancang oleh Philibert Delorme atas perintah dari Chaterina de Medicis Janda dari Henry II yang setelah suaminya meninggal tidak mau lagi tinggal Tourneles istana lama. Ciri arsitektur lama reinasance paling dominan dalam istana. Antara lain dengan bentuknya unit-unitnya yang horizontal memanjang dalam hal ini tersusun membentuk huruf A. Dua sisi terpanjang dari kaki huruf A yang menjadi sayap Utara dan sayap selatan panjangnya 500 m. Sejak itu pembangunan istana berlangsung bertahap dari zaman ke zaman oleh penguasa penerusnya, Henry IV, Luis XIII, Luis XIV, Napoleon I, napoleon III, memakan waktu tidak kurang dari 3 abad. Istana Louvre yang sekarang diguanakan untuk museum merupakan titik awal dari sumbu jalan tidak kurang dari 7 km panjangnya, dimulai dari kepala berbentuk huruf A ditengah, sejajar dengan ke dua kakinya, Taman Tuileries, Champ elysees hingga la Defense di ujung Barat agak naik sedikit.

Pyramid du Louvre adalah Proyek yang paling terkenal dari Sang Agung ( Mitterrand’S ) sebesar15 milyar franc. Saat itu Sang Agung (Francois Mitterrand’S ) menunjuk I.M.Pei untuk membuat sebuah main entrance dari museum Louvre. Proyek tersebut merupakan program untuk menyediakan satu rangkaian monumen yang modern untuk menandakan Perancis berperan sebagai pusat di dalam seni, politik, dan ekonomi dunia pada ujung abad ke duapuluh.

 

louvre_piramid.jpgparis65.jpg

Alasan kenapa Main entrance berwujud pyramid adalah untuk menyatakan hormat kepada arsitek yang pertama, yaitu orang berkebangsaan Mesir, dimana leluhur mereka telah menstandardisasi kemiringan 51 derajat untuk piramid mereka sendiri.

Dalam De Da Vinci Code kita ditunjukkan piramida terbalik di gambar ini yang digunakan sebagai symbol gender wanita (piramida terbalik, berbentuk seperti cawan) dan pria (piramida batu kecil yang merupakan duplikat piramida besar). Piramida ini disebut Piramid Inversee, suatu versi piaramid kecil yang terbalik dari Pyramid Du Louvre. Puncak kulminasi hanya berada beberapa kaki di atas lantai, dan tingkat dasarnya dengan jalan di atas. Sendirian dan tidak pada tempatnya, bangunan bawah membalikkan perspektif bangunan Piramid yang ada di cour Napoleon.

Piramid terbalik tersebut terletak di dalam piramid louvre, di bagian barat Jalur hias pada jendela (Louvre) yang berhubungan dengan museum louvre. Piramid tersebut adalah duplikat piramid yang besar. Puncak dari piramid terbalik tersebut mempunyai sejumlah kaca sebagai tempat masuknya cahaya matahari dari luar. piramida batu yang kecil di dasar piramid terbalik adalah piramida yang disebutkan oleh Dan Brown pada ujung novelnya, sebagai Kode Da Vinci. Ia menyiratkan bahwa pyramid kecil itu hanyalah puncak dari beberapa piramid yang lebih besar yang memegang sesuatu yang sangat penting, tetapi sesungguhnya jika kita lihat lebih dekat, kita dapat lihat bahwa alas/pantat piramida hanya beristirahat di atas lantai, tidak meluas di bawahnya.

Well, itu tadi sedikit hal yang bisa aku sampaikan mengenai bangunan Pyramid Du Louvre ini. Untuk lebih jelasnya, teman2 bisa searching di internet. Sudah banyak sekali situs2 tentang Pyramid ini yang bisa kita dapatkan di internet. Atau, jika teman2 sempat berkunjung ke Paris, jangan lupa mengunjungi Museum Du Louvre yang tersohor ini ya (*_*)

10 thoughts on “Pyramid du louvre

  1. Hmmm…

    mErci….

    4 iNfoNya
    berArtI bGt..

    Q dPt tGs dRi gUruQ abOut baNgunan di pRancis…

    yaH…
    bWt uLangaN prsncis giTu….

    MakaCi bgT yaH…

    hmmm…
    Lam naL yaH????

    EchaZ….

  2. wah blog nya menarik ,makaseeh infonya ya

  3. terimakasih atas info nya🙂

  4. mksh cz tgs aku dh da yng bantuin nambahin datanya

  5. maksih infonya…
    aku mo cari-cari contoh bangunan pake struktur space frame,,,yang baguss ada tidak yaa, dimana alamatnya

  6. makasih mba presty,, lumayan, buat nambah2 bahan buat presentasi TKA,,hhe,,

    ^^

  7. wihhhh q jd tw banyak ttg gmana si museum louvre it

  8. wah.,,,trimakadih skali infonya…..saya sedang butuh sekali contoh bgn yang pk spaceframe…..
    fotonya boleh saya unduh ya mbak….

  9. akhirnya saya nemuin alasan kenapa pintu masuk itu berbentuk piramid. tapi saya masih ragu kalo itu alasan sebenernya. mungkin ada kaitannya dengan 2 perkumpulan persaudaraan yang tersohor itu ?
    thanks ya artikelnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s