would u help me, please?

pusat kesenian dan kerajinan bengkulu<br

well.. itu judul tugas akhir yang lagi aku garap. pengen ngedesain pusat kerajinan n kesenian bengkulu. rencananya mengaplikasikan langgam budaya bengkulu pada desain.
yang melatarbelakangi TA ini sebenernya keinginanku buat memberikan satu kontribusi berarti untuk bengkulu. 7 tahun udah aku ninggalin Bengkulu buat nuntut ilmu, aku pengen ngasih sesuatu yang berarti buat kota kelahiranku ini. aku juga pengen bgt ngenalin Bengkulu ke masyarakat luas. aku sedih ketika aku menjawab aku dari bengkulu saat orang bertanya aku dari mana, mereka akan kembali bertanya, “Bengkulu itu di kalimantan/sulawesi/dimana, ya?” walah… sedih bgt g, sih? he he..

trus, aku juga mikir, bangunan apa yang harus aku rencanakan, ya? perekonomian bengkulu ini lemah. kurang potensial buat dikembangin. yang paling berkembang dan potensial itu justru pariwisatanya. nah, kebetulan aku dari dulu tertarik bgt ma seni n kerajinan. apalagi yang tradisional bengkulu. dan lagi, kesenian dan kerajinan kan salah satu faktor utama penunjang pariwisata. kalo kesenian dan kerajinan bengkulu bagus, pasti lebih banyak wisatawan yang mau balik ke bengkulu. makanya terinspirasi juga dari pasar seni gabusan YK, menurutQ Bengkulu butuh bgt satu wadah yang berfungsi sebagai pusat kegiatan kesenian dan kerajinan Bengkulu. apalagi pas aku balik kemaren n sempet ngobrol2 ma kadisparda, katanya Bengkulu mau dijadikan kota pariwisata berskala internasional. wah… aku jadi tambah mantep sama ide ini.

trus, kemaren habis presentasi judul TA, alhamdulillah dosenQ ndukung n tertarik. hanya masalahnya, ketika aku ngajuin penekanan TA-q pada langgam budaya Bengkulu, dosenQ agak ragu. soale data yang aku punya tentang langgam Bengkulu, motif ukiran, dll masih kurang bgt. jujur, budaya bengkulu emang dah g jelas lagi. kemaren aku nyari2 data tentang rumah rakyat Bengkulu, susah. bangunan aselinya aja juga dah susah ditemuin. aku sempet k SMP nanya ma guru kesda yang dulu pernah ngasih materi tentang rumah Bengkulu, ternytata arsip-nya dah ga tau kemana. sedihnya, aku malah dapet datanya di anjungan Bengkulu, web-nya TMII. sayang g ada gambarnya…nah, malah gara2 kelangkaan ini aku jadi pengen bgt ngaplikasiin langgam bengkulu ini. jadi pengen menghidupkan dan memperkenalkan kembali ke masyarakat, khususnya warga bengkulu sendiri tentang kekayaan budaya yang dipunya bengkulu.

nah, ternyata masih banyak data yang masih harus aku cari. aku berharap, temen2 yang tau bisa ngasih tau aku referensinya… yang aku cari antara lain :
1. data tentang rumah Bengkulu (ukiran, gambar, makna, dll)
2. data tentang bangunan tabot (tingkatan, aturannya, makna, ukiran, gambar ritual, dll)
3. data tentang motif batik besurek (berbagai gambar motif n makna)
4. data tentang dol (gambar dol, foto event2, sejarah, dll)
untuk sementara sih masih itu. aku harap ada temen2 yang bisa ngebantuin aku, terutama temen2 dari Bengkulu…yah, klo pun ngga, tolong doain aku ya.. moga lancar TA-nya… b4, thx ya…

3 thoughts on “would u help me, please?

  1. wah,……….
    mampir malah dapet tugas nih
    ok deh aku coba😀

  2. smngat pres

    great idea..
    coba aja maju pakbambang biar tambah mumet eh tambah ide..hehe

    wah skrg presty +religius ..hmm

    ganbatte kudasai !🙂

  3. Aku dukung deh. Soalnya hal yang sama pernah mau kulakukan. Tapi karena sekarang sudah tidak menetap di Bengkulu (baca: di perantauan), jadi ya kalau tugasmu berhasil dengan baik, maka jangan lupa: masukkan ke http://simpanglimo.blogspot.com.

    Semoga lancar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s