joglo : lambang sari

lambang.jpg

Joglo Lambangsari merupakan joglo dengan sistem konstruksi atap menerus. Bentuk ini paling banyak dipakai pada bangunan tradisional jawa.

Bentuk joglo yang menggunakan lambangsari, dengan ciri- ciri:

denah.jpg

lambangsari.jpg

  • Bentuk denah persegi panjang
  • Memakai pondasi bebatur, yaitu tanah yang diratakan dan lebih tinggi dari tanah disekelilingnya. Diatas bebatur ini dipasang umpak yang sudah diberi purus wedokan.
  • Terdapat 4 saka guru sebagai penahan atap brunjung yang membentuk ruang pamidangan yang merupakan ruang pusat dan 12 saka pananggap yang menyangga atap pananggap( tiang pengikut), masing-masing saka ditopang oleh umpak menggunakan sistem purus
  • Memakai blandar, pengeret, sunduk, serta kilil. masing- masing blandar dan pengeret dilengkapi dengan sunduk dan kili sebagai stabilisator.
  • Menggunakan tumpang dengan 5 tingkat. Balok pertama disebut pananggap, balok ke dua disebut tumpang, balok ke tiga dan empat disebut tumpangsari, dan balok terakhir merupakan tutup kepuh yang berfungsi sebagai balok tumpuan ujung- ujung usuk atap.
  • Uleng/ruang yang terbentuk oleh balok tumpang di bawah atap ada 2 (uleng ganda)
  • Terdapat godhegan sebagai stabilisator yang biasanya berbentuk ragam hias ular-ularan.
  • Menggunakan atap sistem empyak. 4 sistem empyak yang digunakan : brunjung dan cocor pada bagian atas, serta pananggap dan penangkur di bagian bawah
  • Terdapat balok molo pada bagian paling atas yang diikat oleh kecer dan dudur.
  • Menggunakan usuk peniyung yaitu usuk yang dipasang miring atau memusat ke molo. Joglo ini juga tidak memiliki emper

 

hawa2.jpg

penghawaan pada rumah joglo ini dirancang dengan menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. rumah joglo, yang biasanya mempunyai bentuk atap yang bertingkat-tingkat, semakin ke tengah, jarak antara lantai dengan atap yang semakin tinggi dirancang bukan tanpa maksud, tetapi tiap-tiap ketinggian atap tersebut menjadi suatu hubungan tahap-tahap dalam pergerakan manusia menuju ke rumah joglo dengan udara yang dirasakan oleh manusia itu sendiri. Saat manusia berada pada rumah joglo paling pinggir, sebagai perbatasan antara ruang luar dengan ruang dalam, manusia masih merasakan hawa udara dari luar, namun saat manusia bergerak semakin ke tengah, udara yang dirasakan semakin sejuk, hal ini dikarenakan volume ruang di bawah atap, semakin ke tengah semakin besar. Seperti teori yang ada pada fisika bangunan,

Efek volume sebenarnya memanfaatkan prinsip bahwa volume udara yang lebih besar akan menjadi panas lebih lama apabila dibandingkan dengan volume udara yang kecil

Saat manusia kembali ingin keluar, udara yang terasa kembali mengalami perubahan, dari udara sejuk menuju udara yang terasa diluar ruangan. Dapat dilihat kalau penghawaan pada rumah joglo, memperhatikan penyesuaian tubuh manusia pada cuaca disekitarnya.

hawa1.jpg

 

Sistem penghawaan pada joglo lambangsari ini, seperti pada sistem penghawaan joglo pada umumnya, angin/udara bergerak sejajar, di seluruh ruang terbuka, pada bagian ruang bagian tengah, yang dibatasi tiang utama/saka guru, udara bergerak ke atas, namun kembali bergerak ke bawah. Hal ini terjadi karena joglo lambangsari tidak memiliki lubang ventilasi, karena memang di desain untuk atap menerus.

19 thoughts on “joglo : lambang sari

  1. luar biasa ya?
    Dengan bangunan seperti ini kalo siang udah pasti adem tanpa AC.
    Tapi kalo malem…
    Masuk angin:mrgreen:

  2. Joglo gabungan dari TAJUG LORO artinya gabungan dua limasan atau tajug. Dia bisa dipakai untuk bermacam bangunan, salah satunya seperti gambar diatas. Bangunan diatas untuk menerima di istana. Joglo diatas tidak untuk tidur tetapi tempat para raja atau pamong menerima tamu. Tingkatan ditunjukkan dengan perbedaan lantai. Tempat tertinggi utk raja, lantai kedua untuk petinggi istana dan dibawah untuk abdi dalem. yang tertuang dalam gambar itu bangunan beratap joglo untuk menerima tamu.

  3. gua juga seneng dengan masih adanya rumah adat jawa yang masih kental jawanya ini.karena selain clasic atau unik rumah joglo ini juga bisa untuk objek wisatawan asing yang ada di indonesia.bila perlu kita jaga dan kita lestarikan rumah joglo ini,agr anak cucu kita mengenal keragaman adat istiadat dan suku di Indonesia yang kita cintai ini.

  4. saya termasuk komunitas yg punya rumah joglo kepingin bergabung terima kasih

  5. thx ya… aku lagi ada proyek nih… makasih dah kasih referensi….

  6. Makasih bgt buat infonya… Klo bisa ditambah tentang budgetnya🙂 Matur Nuwun😀

    http://palupix.blogspot.com

    = = = = =
    waduh, klo masalah budget pembangunan joglo.. presty juga belom tau mas…
    coba presty tanyain ke dosen arsitektur tradisional ya… ^_^

  7. Kalau pas ke Jawa timur Kab. Tulungagagung tolong dilihat joglo saya apa dah memenuhi syarat sebagai rumah adat jawa yaaaa mbak

  8. bs bantu g???cnth denah rumah joglo modern tu gmn???aku da tugas nih….salam kenal n thank….

  9. Ass. Wr. Wb.
    Saya tertarik untuk membangun rumah tipe Joglo ini, tapi bisa
    tidak membantu RABnya…?, terus tipe2 Joglo itu apa saja sih…

    demikian terima kasih.
    Wassalam Wr. Wb

  10. bagus bgt rmah kayak gini, tapi hampir punah, aq harus bisa bangun rumah kayak gto tp hutannya udah pada gundul. he…….333…

  11. aku tuh peengeen banget punya rumah goglo, tapi konspny yang modern gitu lho ada yang bisa bantu referensinya……@maseko

  12. kami ingin sekali punya rumah joglo..dengan modifikasi batu bata ekspos..dengan ornamen ukiran jepara…dgn luas tanah 450m ukuran joglo yg pas berapa untuk mengetahui asli tidanya bangunan joglo tsb seperti apa…makasih infonya.

  13. bagi yg pgen bikin rumah joglo hubungi liko 085727336323
    datang aje ke galeri aku kita konsultasi kalo mau bikin rmh joglo !

  14. bagus ini sangat mendidikkkkkk

  15. mator suwon mbak&mas..

  16. q juga belajar buat joglo tapi cuma bisa buat ulengan tengah dulu

  17. terimakasih buat infonya🙂
    kalo boleh tau, referensi dari buku apa ya…?

  18. klo boleh tahu buatnya pake software apa ya ??
    buat rancangan joglo tersebut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s