Central Building (BMW Plant) – Zaha Hadid

bmw5.jpg

Central building- BMW Plant terletak di negara Jerman, terdiri dari ground floor yang sebagian besar diperuntukkan karyawan pabrik, dan first floor yang sebagian besar diperuntukkan karyawan BMW.
Area bangunan seluas 25.000 m2 dikembangkan dengan pola radial yang diasosiasikan sesuai kondisi perusahaan BMW yang bergerak dinamis. Bangunan ini memiliki satu massa sentral dan tiga massa pendukung dengan rangkaian ruang penghubung.
Fasade bangunan dapat dianalogikan sebagai analogi romantik karena menimbulkan kesan eksklusif, kompeten, dan canggih.

bmw2.jpg

Dari strukturnya, bangunan ini merupakan memiliki konsep ruang stereotomik. Rangkaian rangka baja yang diekspos memberikan kesan kokoh namun juga memberi kesan berat pada bangunan. Sebagai penyimbang dan pengurang kesan berat pada bangunan, Hadid menggunakan furniture dan elemen pengisi ruang yang bersifat ringan.

Penggunaan warnanya menimbulkan kesan eksklusif terbuka (persuasif) dan dingin. Kemudian dari segi kontekstual, bentuk bangunan sesuai dengan budaya setempat yang modern.

bmw1.jpg

Asumsi yang telah melekat bahwa BMW merupakan sebuah merek mobil terkenal dan tercanggih sehingga Central building BMW dibangun dengan teknologi mutakhir untuk mendukung kredibilitas perusahaan.

bmw4.jpgbmw3.jpg

Interiornya dibuat sedemikian rupa sehingga memberikan kesan high-tech yang dinamis, kemudian dari segi lighting, menggunakan pencahayaan alami dan dari segi bahan, menggunakan beton bertulang, baja, dan metal.

Dari analisa di atas, perusahaan tersebut tergolong bangunan post-modern. Hal ini didukung pula oleh konsep peruangan yang ada.

4 thoughts on “Central Building (BMW Plant) – Zaha Hadid

  1. kenapa terobsesi pada zaha hadit, apakah kamu tidak merasa dunia zaha hadit lebih kepada bangunan rongsokan yang tak berpenghuni dan mati rasa di alam robot? dimana keharmonisan dunia arsitektur yang mengolah rasa serta kedekatan dengan pemikiran2 naluriah manusia?

    >>terobsesi zaha hadid? OMG..
    he heπŸ™‚
    g juga, kok.. hanya saya selalu berusaha menghargai karya orang lain, mencoba menghindari sikap skeptis *dapet kosakata dari om NH si trainerπŸ˜› *
    kan pemikiran orang juga beda2…πŸ˜€
    *sok iyes*
    he heπŸ˜†

  2. zaha hadid juga arsitek, meski karya nya byk yang kontra. namun apa kita mampu seperti dia n ap kita dapat berkarya tanpa kritik dan apresiasi orang.

  3. salut deh… sama Zaha Hadid. karyanya pasti spectakuler. dramatis dan eksotis

  4. zaha hadid………….welll…wellll…..
    i like it….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s