Bergisel Ski Jump (Austria) – Zaha Hadid

bsj.jpg

Bangunan yang memakan lahan seluas 1.470 m2 ,merupakan bangunan yang berfungsi sebagai tempat olah raga ski jump. Bangunan ini mempunyai luas bangunan 355m2 dan terdiri dari dua bagian yakni menara dan jembatan. Menara sebagai masa utama, terbuat dari beton bertulang dengan bentuk vertikal. Jembatan di dalamnya terdapat ‘spatial green structure’ atau sebuah ruang yang didalamnya terdapat dua buah ram dan cafz.

bsj1.jpg

BSJ (Bergisel Ski Jump) memiliki panjang jembatan 90m dan tinggi menara 50m.
Menurut teori arsitektur,BSJ termasuk dalam analogi matematis karena masa bangunan ini menggunakan bentuk-bentuk murni dan ‘mathematical precition’. Kontekstualitas bangunan ini sangat diperhatikan, hal ini dapat dilihat dari penyelesaian elemen-elemen yang berkonsep organis dengan menggunakan ‘the manner of nature’ dan warna yang tidak terlalu mencolok. Kesan dari kejauhan, BSJ membentuk bayangan yang tidak biasa.

bsj2.jpg

BSJ didukung teknologi yang canggih, salah satunya ditunjukkan penggunaan ramp dan struktur konstruksi yang kompleks. BSJ selesai dibangun tahun 2002, dimana tahun tersebut merupakan periode pasca modern. Dari analisa di atas, BSJ digolongkan sebagai bangunan post modern, sehingga Bergisel Ski Jump ‘tepat gaya tepat era’.

sumber : paper RR.Swari, berbagai sumber

2 thoughts on “Bergisel Ski Jump (Austria) – Zaha Hadid

  1. Bisa minta website or alamat emailnya zaha hadid? Kami mau mengundang beliau untuk jadi pembicara seminar kongres HDII. Ditunggu jawabannya secepatnya
    terimakasih

  2. makasii yaa. buat info nya..uda bantu aku ngjain tugas…hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s