jasa arsitek untuk membangun rumah

Ternyata dalam mendesain sebuah rumah, jasa arsitek sangat dibutuhkan (bukan hanya karena aku seorang calon arsitek, lo..). Namun beberapa orang merasa tanpa arsitekpun mereka bisa membuat rumah impian mereka. Apalagi belakangan memang sudah banyak majalah atau tabloid-tabloid yang bisa dijadikan acuan pada saat membangun rumah. Hanya saja, keadaan tiap tanah, orientasi bangunan, lingkungan setiap rumah berbeda-beda. Dan ilmu untuk membuat bangunan menjadi nyaman dan efesien ada di ilmu arsitektur. Untuk mendapatkan rumah yang apik memang kita bisa menconteknya dari tabloid2 tadi, tapi untuk membuat rumah yang lebih nyaman, sesuai dengan kebutuhan, punya tatanan ruang yang apik, kita juga perlu meminta bantuan arsitek. Memang cost-nya jadi lebih mahal, tapi mudah-mudahan rumah yang diimpikan akan jadi lebih nyaman, apik, n sesuai dengan budget.

Jangan takut bila arsitek akan membuat desain rumah semau perutnya sendiri. Arsitek yang baik akan merancang rumah sesuai dengan permintaan kita, termasuk sesuai dengan budget kita. Pada awalnya dia akan menanyakan ruang-ruang apa yang dibutuhkan. Bila kita sudah memiliki gambaran tiap detail ruang yang kita inginkan, kita bisa menyampaikannya pada si arsitek. Beberapa arsitek juga akan menanyakan jumlah penghuni, kebiasaan, pekerjaan, dan hobi calon penghuni rumah untuk mendesain rumah yang menyenangkan bagi penghuninya. Karena rumah berfungsi tidak hanya sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan, tapi juga tempat bersantai, beristirahat, melepas penat, bahkan bekerja.

Setelah mengenal calon penghuninya, si arsitek juga memerlukan data tentang site/lahan rumah kita. Dari orientasi rumah (penting untuk perencanaan sirkulasi udara dan cahaya alami, apalagi bila anda ingin rumah anda beradasarkan feng-shui), keadaan tanah, potensi view yang dimiliki, tingkat kebisingan rumah, sampai keadaan di sekeliling rumah. Agar rumah yang dirancang bisa nyaman, memiliki orientasi yang baik, memanfaatkan potensi yang ada, dan menyatu dengan lingkungan.

Setelah mendapat data tentang calon penghuni dan menganilisis site, baru kemudian si arsitek akan membuat gambar arsitektur dari rumah kita. Bisa juga kita minta sampai detail denah interior, material yang pas, sampai masalah warna. Setelah gambar selesai, arsitek juga bisa diikutsertakan dalam pengawasan pembangunan. Tapi kita harus siap membayar fee lebih. Atau bisa saja kita selesai menggunakan jasa arsitek sampai pada selesainya gambar saja, bila desain dan struktur rumah kita tidak “aneh-aneh”. Karena biasanya mandor dan tukang juga bisa mengerti gambar dan pengerjaan pembangunan rumah ini. Selain itu, arsitek juga bisa merancangkan rumah tumbuh buat kita. Misalnya, sekarang kita ada budget yang hanya cukup untuk membuat rumah satu lantai, tapi berencana membuat rumah 2 lantai. Maka arsitek akan membuatkan desain dengan struktur untuk rumah 2 lantai. Jadi saat kita sudah memiliki dana untuk membangun lantai di atasnya, kita tidak perlu membongkar struktur rumah lagi.

Masalah fee, biasanya arsitek mendapat fee 5-10% dari RAB (Rencana Anggaran Biaya) rumah kita. Tergantung pada jenis pekerjaan dan pengalaman. Atau bila kita punya kenalan/teman seorang arsitek, kita juga bisa meminta harga “teman” padanya.

Jadi, tidak ada salahnya kan menggunakan jasa arsitek bila kita ingin mendapatkan rumah idaman yang nyaman, apik, efisien, n sesuai budget… ^_^

One thought on “jasa arsitek untuk membangun rumah

  1. wah, seneng juga ya sama tulisan mbak larasati, pancen suka nlaras tenan, saya juga punya pengalaman serupa, harga teman dapetnya cuman 2,5%…tapi daku adalah interiorist, gabung yuk..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s