diabetes melitus (kencing manis, penyakit gula) part 2

(sumber : Award Kesehatan Tiens vol.2)

Diabetes melitus adalah suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) dalam darah di atas normal karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara cukup. Insulin sendiri merupakan hormone yang dilepaskan oleh pancreas, yang bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula darah yang normal. Insulin memasukkan gula ke dalam sel sehingga bisa menghasilkan energy atau disimpan sebagai cadangan energy.

Menurut kriteria diagnostik PERKENI (perkumpulan Endokrinologi Indonesia) 2006, seseorang dikatakan menderita diabetes jika memiliki kadar gula darah saat puasa >126 mg/dL dan pada waktu tes sewaktu >200 mg/dL.

Kadar gula darah yang normal pada pagi hari setelah malam sebelumnya berpuasa adalah 70-110 mg/dL darah. Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg/dL pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lain. kadar gula yang normal cenderung meningkat secara ringan tetapi bertahap setelah usia 50 tahun, terutama pada orang-orang yang tidak aktif bergerak. Adapun skema perjalanan glukosa dalam tubuh adalah sebagai berikut :
Makanan diubah menjadi glukosa di lambung –> glukosa masuk ke dalam peredaran darah –> pancreas menghasilkan insulin atau tidak sama sekali –> insulin yang sedikit atau tidak sama sekali memasuki peredaran darah –> glukosa menumpuk di peredaran darah
Menurut data WHO, Indonesia menempati urutan ke-4 terbesar dalam jumlah penderita diabetes mellitus dunia. Sangat disayangkan bahwa banyak penderita diabetes yang tidak menyadari dirinya mengidap penyakit ini. Hal ini mungkin disebabkan minimnya informasi di masyarakat mengenai diabetes terutama gejala-gejalanya.
Saat ini diabetes tidak lagi menjadi penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja. Gaya hidup menjadi pencetus baru penyakit DM. orang-orang yang beresiko tinggi terkena penyakit ini adalah :

  • Orang dewasa tua
  • Kegemukan
  • Ada riwayat keluarga yang sakit DM
  • Penderita hipertensi
  • Kadar kolesterol atau trigliserida tinggi dalam darah
  • Kehamilan dengan bayi lebih dari 4 kg
  • Diabetes terjadi jika tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal atau jika sel tidak memberikan respon yang tepat terhadap insulin. Adapun penyebab diabetes lainnya adalah :

  • Kadar kortikosteroid yang tinggi
  • Kehamilan diabetes (gestasional) yang akan hilang setelah melahirkan
  • Obat-obatan yang dapat merusak pankreasracun yang mempengaruhi pembentukan atau efek dari insulin
  •  

    4 thoughts on “diabetes melitus (kencing manis, penyakit gula) part 2

    1. Good, perlu adanya forum

    2. Bgaimana membuat tulisan di intrnet ya??Mau jg dong bagi2 hasil membaca ke orang2 haus ilmu,.

    3. blog gratisan versi indonesia masandi.com berbasis wordpress, daftar yuk

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s