chrysler building

chrysyler 1Chrysler building merupakan sebuah pencakar langit 77 lantai tertinggi di dunia antara tahun 1930-1931, sampai diresmikannya Emperial State yang mempunyai 100 lantai. Namun sampai saat ini masih merupakan gedung tertinggi dengan material bata.
Gedung yang beraliran Art Deco Karya William Van Alen ini terasa menonjol dibandingkan dengan pencakar langit yang telah ada di New York pada saat itu.

Gedung Chrysler tidak sekedar beraliran Art Deco, namun bangunan ini merupakan pencakar langit bercorak baru. Bentuknya yang menggairahkan seolah merangkum energi dan keflamboyannan kawasan Manhattan pada akhir tahun 1920-an. Seluruh keinginan untuk mencapai ketinggian dan segenap gairah teatrikal tampak ditampilkan pada bagian puncak bangunan yang megah tersebut.

chrysyler 2Romantisme Gedung Chrysler tampaknya merupakan gambaran yang paling pas tentang bentuk perkembangan pencakar langit yang diinginkan New York daripada pencakar langit bercorak historis maupun gaya International Style. Dengan segenap keanehannya, kualitas rancangan Gedung Chrysler sebagai suatu karya arsitektur berasal dari kemampuannya untuk menjadi romantis dan irasional maupun tidak terlihat bodoh sehingga dapat menjadi bahan tertawaan.

Tidak mengherankan apabila Chrysler Building merupakan simbol Kota New York selama setengan abad. Suatu bangunan yang dapat lebih mempengaruhi emosi daripada mempengaruhi pemikiran intelektual. Pada awal berdirinya bangunan ini, banyak arsitek yang tidak menyukainya. Kenneth Franzheim menjuluki Alen sebagai “badut dari profesi arsitek”. Akan tetapi pada kenyataannnya bangunan inilah yang lebih sukses dibandingkan pencakar langit lain yang ada.

Data Teknis

  • Nama = Chrysler Building
  • Arsitek = William Van Alen
  • Owner = Walter P.Chrysler
  • Fungsi = Gedung perkantoran
  • Lokasi = perpotongan 42nd street dan Lexington Avenue, Midtown, Manhattan, New York City, U.S.A
  • Jumlah lantai = 77 lantai
  • Tinggi Gedung = 1.046 kaki/319 meter
  • Luas lantai = 111.201 m2
  • Tahun berdiri = 1928-1930
  • Gaya = Art Deco
  • Biaya = $ 20 juta
  • Material = beton, batu bata (muka bangunan), baja
  • Jmlh jendela = 3.882 buah
  • Baja struktur = 20.961 ton
  • Paku keling = 391.881 buah
  • Batu bata = 3.826.000 buah

Konsep Pemilihan Lokasi

42nd street

Lokasi yang telah disediakan oleh owner memang dirasa tepat, karena memang berada pada zone diperbolehkannya bangunan tinggi. Letaknya yang berada di persimpangan jalan 42nd street dan Lexington Avenue membuat bangunan dapat lebih terekspose dan dapat dinikmati secara langsung dari dua arah yang berbeda.

Konsep Bentuk Tampilan Bangunan dan Gaya Arsitektur Yang Dipakai chrysyler 4

Chrysler Building merupakan contoh bangunan beraliran Art Deco. Hal ini sangat terlihat dari detail ornamen kepala bangunan yang terinspirasi dari abstraksi kap mobil Chrysler keluaran 1929. Yaitu hiasan-hiasan dengan lengkungan tajam dan garis zig-zag dan jendela segitiga yang dikerjakan 3000 pekerja. Pada keempat sudut lantai 61 terdapat hiasan kepala burung garuda. Pada lantai 31 terdapat ornamen yang merupakan tiruan radiator mobil Chrysler.
Gaya Art Deco juga tampak pada lobby yang dihiasi marmer afrika.
Bentuk penampilan bangunan Chrysler sebenarnya merupakan bentuk final dari beberapa rancangan yang salah satunya beratap bulat. Tidak ada satupun yang sebaik versi final yang kemudian dibangun. Semula Van Alen berpendapat bahwa pencakar langit ini seharusnya mempunyai bentuk atap bulat, sehingga memberikan sentuhan Byzantium atau Moor. Tentunya hal ini merupakan penyeleasaian yang buruk untuk dasar bangunan yang indah, bergaya modern, dan bernuansa ceria.
chrysyler 3 Bagian puncak atap sendiri juga bukan rancangan asli. Bentuk ini muncul sebagai akibat persaingan yang tajam pada masa itu. Ketika Gedung Chrysler sedang dibangun, seorang mantan pekerja Van Alen H.Craig Severance dengan koleganya Yosou Matsui, mendirikan bangunan setinggi 66 lantai di 40nd Wall Street. Atap bangunan ini membentuk piramida yang kaya akan ornamen (namun tidak sama dengan atap Gedung New York Central). Tinggi gedung Chrysler adalah 925 kaki, sedang bangunan di 40nd Wall Street yang merupakan kantor pusat Bank of Manhattan Company direncanakan memiliki ketinggian 927 kaki. Hal ini tentunya menjadikan karya Severance bangunan tertinggi di dunia pada saat itu.

chrysyler5

Van Alen yang sangat ingin meraih gelar tersebut kemudian menambahkan puncak atap yang dirakit secara diam-diam dalam cerobong lift Gedung Chrysler, dan memasangnya sesaat sebelum bangunan secara keseluruhan selesai selama 90 menit. Tambahan ini menjadikan Gedung Bank of Manhattan Company tertinggal jauh pada urutan kedua.
Kejadian ini mewakili “kegialaan” akan pencapaian ketinggian bangunan yang merasuki para arsitek dan developer pada tahun menjelang pergantian dekade.

Konsep Sistem Struktur

struktur 1

Struktur yang dipakai pada Chysler building adalah struktur rigid frame dengan konstruksi beton bertulang dengan baja dan bata. Pemilihan struktur tepat karena memang sesuai perhitungan struktur yang mampu menahan segala beban bangunan tinggi.

struktur 3struktur 2

Hingga menjadikan Chrysler building mendapat gelar bangunan struktur tertinggi di dunia sebelum Menara Eifell selesai dibangun.

12 thoughts on “chrysler building

  1. thx buat info art deco nya…berguna banget..!!!!

    >> sama2, shena-san.. sering2 mampir ke sini lagi y🙂

  2. thanks bgt, bsa bwt tugas

    = = = = =
    okeh..😀
    met ngerjain tugas, ya…🙂

  3. makasih buat semua info ttg bangunan dan arsitek yang disajiakan.. nie udah ngebantu aq bngt tuk ngerjain semua tugas-tugas kuliahku

  4. selamat pagi… salam kenal sebelumnya.lagi butuh teori tentang style art deco nih,kalau ada kirim lewat e-mail yaw…

  5. wah… thanks jg neh bt yg satu ini soalnya pas banget lg ad tugas bt nyari sistem struktur pencakar langit….

    klo bisa bahas sistem strukturnya petronas sklian detail strukturnya dunk… soalnya aq lumayan ngefans ma tuh tower…

    ok,,, thanks

  6. THX BUANGGEEET BUAT INFONYA
    TOLONGIN DONGKZZ……….
    ADA APLIKASI STRUKTUR BANGUNAN TINGGI YANG LEBIH UP TO DATE????????
    BUAT TUGAS NIHHHH…..

  7. terimakasih infonya…sangat jarang ada yang lengkap banget..bagus untuk pembuatan bukuku tentang simbol bangunan di belahan dunia

  8. thanx bgt untuk infonya bisa minta tolong tampilin penjelasan mengenai strukturnya ga….buat tugas neah..hehe..thanx buanget…..

  9. thanx ya….info bangunan sampai konsep strukturx……lengkap banget…..smoga sukses….
    tipologix dilengkapi dong…..biar lebih paham……..

  10. KALAU BISA CANTUMKAN PROSES PENGERJAAN DARI PONDASI SAMPAI ATAP.

  11. thanks gann… kalo sejarah berdirinya bangunan ini apa yaa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s