kekuatan dzikir….

Ingatlah Dia selalu
disaat wajah dunia terang dan berlumuran permata
tetaplahtersenyum walau gelap menyelimuti alam..
Laa Tahzan..
Semua adalah atas ketentuanNya..

hhmm.. postingan ini bukan mau berpanjang lebar memberikan tausyiah atau ceramah.. hanya sekedar ingin menceritakan sedikit perjalananku menjadi hambaNya, mencari cintaNya… ^_^

inget satu ayat di Al, Quran..

“Alaa bi dzikrillahi tathmainul quluub”
Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang..
(Ar-Ra’d : 28 )

kalimat dalam ayat ini yang pertama kali mengajarkan aku untuk mencoba bangkit dari keterpurukan. (beugh.. pernah terpuruk juga๐Ÿ˜› ). dulunya, biarpun sudah mengenakan jilbab, masih banyak ayat2 Allah yang belum aku pahami. sampai pada suatu masa, Allah memberikan satu cobaan yang berat menurutQ. ya.. tiap orang kan pasti dihadapkan pada berbagai cobaan. sebagai alarm buat kita mengingat Dia… Alhamdulillah, selalu ada hikmah dari tiap kejadian… dan Alhamdulilah, saat itu Allah masih mau membukakan hati dan mataku untuk melihat hikmah dibalik kesulitan itu…

ayat ini, bener bgt. awalnya aku g begitu percaya bgt, apa iya hanya dengan mengingat Allah, berdzikir menyebut namaNya, kita bisa menghilangkan gundah dalam hati? saat aku gundah menghadapi masalah terberat pertamaQ, banyak cara aku coba untuk menenangkan diri. hampir kayak orang gila. g jelas kemana2, ngapa2in. untungnya g sampe tersesat k jalan yang lebih hina.. tapi, ketenangan yang aku dapat dengan melakukan hal2 lain, hanya sesaat, dan ketenangan itu rasanya g sampai ke hati. g begitu menenangkan, hanya semu.

Alhamdulillah lagi, entah kenapa, saat aku gundah gulana di tengah masalah itu, Allah mendekatkan aku dengan banyak orang saleh. mungkin ini salah satu kekuatan doa keluargaku saat itu. terutama mba Oin, yang benar2 menjadi tempat paling nyaman untuk bersandar (really love u, sist.. i love u because of Allah..๐Ÿ™‚ )

di tengah pencarian ketenangan itu, ayat ini coba kupahami. sebisa mungkin di saat pikiranQ kacau dan sedih, aku mengingatNya, berdzikir menyebut namaNya. dan entah kenapa, ketenangan itu datangnya dari hati. memang tidak langsung begitu saja membuatku belajar ikhlas meelewati masalah itu, tidak langsung membuatku keluar dari masalah, tapi kekuatan dzikir itu benar2 aku rasakan. hati ini menjadi sejuk, kesedihan berkurang, amarah mereda, keceriaan itu perlahan datang kembali..

dan sejak saat itu aku benar2 percaya, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang…

“Ya Allah, tolonglah aku untuk senantiasa berdzikir mengingatMu, mensyukuri segala nikmatMua, dan beribadah dengan baik”
(HR. Abu Daud & Nasa’i)

semoga kita menjadi hamba yang selalu bersyukur padaNya…

42 thoughts on “kekuatan dzikir….

  1. aku pun mencoba tuk semangat kembali Dek… Harus…๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ

    apalagi kalau menjadi pertamax postingan ini๐Ÿ™‚

    = = = = =
    pertamax masih payu, ya?๐Ÿ˜†

  2. dibalik keterpurukan, Allah menjanjikan sebuah kemenangan yang indah๐Ÿ™‚

    = = = = =
    yupz, fainnama’al ‘usri yusro kan, bun..๐Ÿ™‚

  3. Amien

    = = = = =
    syukron..๐Ÿ™‚

  4. yup semoga kita selalu bersyukur kepada-Nya
    syukur kalimat yang mudah diucapkan tapi sulit diterapkan dalm kehidupan

    = = = = =
    bener, semoga kita termasuk k dalam golongan orang yang selalu bersyukur, ya..๐Ÿ™‚

  5. karena postingane nggenah, diriku ga mo nyampah

    = = = = =
    alhamdulillah..:mrgreen:

  6. Allahu Rabbi.. Engkau Maha pembolak-balik hati, maka Tetapkanlah hati ini pd agamaMU Ya Rabb.. Amiin..

  7. Jd inget pesen kk ku “Dek, carilah lingkungan dan teman yg baik, yg dengannya makin mengingatkan dan mendekatkanmu pada Allah”

    kangen kk ku…

  8. Bener banget pres, saat resah, sekreatif apapun kita mncoba mncari penenang n penghibur hati ini, kita ga kan bs mndapatknnya, krn kunci it hanya kembali pada Nya, mengingatNya..

    Jd inget jg kata2 seorang sodari, jk hati ini lalai dr mengingatNya, maka ia akan diisi oleh selain Nya, maka merugilah bagi yg msh terlena oleh kesenangan semu mengingat selainNya..

    Jazakillah dah mengingatkan kembali ya.. Nice post ukh๐Ÿ˜‰

  9. wadoowhh…. gw juga lagi dapet cobaan berat banget nih… sayangnya belum nemu titik cerah…๐Ÿ˜ฆ

  10. *mangguk-mangguk*

  11. yupz.. mengingat Allah bisa membuat kita jadi tenang… lega….

    Seberat apapun permasalahan,,,, klo udah cerita ama Allah, insya Allah jadi lebih tenang….

  12. Dengan bersyukur diri ini terasa makmur.

  13. Bunda memang ga ada dua nya…

  14. subhanallah, mbak presty tobat:mrgreen:

  15. ampun mbak ampun
    kan becanda๐Ÿ˜›

  16. dzikir itu obat perlipur lara dan sedih

  17. ……………
    aaammmiiiinnnn

  18. udah lama ngga dzikir…..

    pulang dolo ah…mau dzikir…๐Ÿ˜›

  19. Alhamdulillah, kadang dirimu normal juga pres…. peace…

  20. thanks pres sudah mengingatkan daku ttg berdzikir

  21. Satu lagi ya biar mukaku terpajang di “YAng Ngmentarin”

  22. semoga dengan kekuatan zikir itu bisa membantu kemajuan blogger seluruh tanah air
    silahkan lihat laporan kopdar di postingan terbaru
    terima kasih

  23. zikir adalah ketenangan jiwa…, ingatlah dibalik kesukaran Allah memberikan kemudahan, dibalik kesedihan Allah memberi kebahagiaan, dibalik kebencian Allah memberikan cinta.

  24. iya..bener bgt!!!

  25. tul ….makasih ya dik tausyiahnya eh salah, makasih dah berbagi cerita.

  26. Amin

    moga aku bisa berdziki dengan indah๐Ÿ™‚

  27. ya…ya… sepakat… ruhiyah-pun juga butuh suplai makanan, tidak hanya jasad dan fikriyah saja yang diisi…
    salam penuh kesegaran dari EMBUN PAGI…

  28. sesungguhnya mengingat ALLAH adalah setiap detik dan nafas kita .. dan berdzikir bisa bermakna mengingat dalam setiap saat ..

    misal pada saat kita mau masuk kamar mandi kita ingat ALLAH dan apa yang diajarkan Rasulullah tata caranya .. hal ini Insya ALLAH termasuk berdzikir ..

    makanya kita dianjurkan untuk kembali mengamalkan sunnahยฒ yang telah diajarkan oleh Rasulullah agar membuat kita kembali dekat kepada ALLAH ..

    ingatlah dalam ayat Al QUr’an ALLAH memerintahkan Rasulullah berkata kepada umatnya ..

    “Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ” (QS Ali Imran :31)

    dan jika engkau mengingat ALLAH dan menharapkan cintanya maka ikutilah apa yag diajarkan oleh Rasulullah .. dari hal terkecil seperti buang hajat sampai yang terbesar hingga berhijab, mencari nafkah dll ..

    Allohu’alam ..

  29. hanya dengan mengingat Allah, mencintai dan menyayangi Allah segenap hati akan membawa kehidupan kita menjadi jauh lebih baik.

  30. Oh iyah .. untuk doa dari hadits yang disebutkan terakhir agar bisa diamalkan dengan dibaca bahasa arabnya dan bisa dimaknai dan direnungkan dalam hati .. maka saya coba tuliskan disini .. semoga bermanfa’at ..

    “Allohumma ‘ainni ala dzikrika wa syukrika wa husni ibadatika ”

    artinya : โ€œYa Allah! Berilah pertolongan kepadaku untuk menyebut namaMu, syukur kepadaMu dan ibadah yang baik untukMu.โ€

    HR. Abu Dawud 2/86 dan An-Nasai 3/53. Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih Abi Dawud, 1/284.

    sudah saya upload dalam blog saya dama kumpulan doa shahih hisnul muslim , dalam bab doa sebelum salam pada saat sholat. semoga bermanfa’at

    http://deconlabel.com/wp-content/uploads/2008/05/kumpulan-doa%c2%b2-hisnul-muslim.zip

  31. Hanya dengan iman, segala kegelisahan akan terobati.
    Hanya dengan ilmu syar`i, segala persoalan akan terjawab.
    Yang lagi pusing… masuk situs ini saja, insya Allah bermanfaat ..

  32. kok tak add yahooid nya gk mau ya..
    apa salah apa..
    dikirim ke email aja dah.
    *gk nyambung*

  33. hmmm …
    keponakanku …
    jangan bersedih …
    tersenyumlah …

  34. @ Joey
    maksute apah ???๐Ÿ˜ฆ

  35. Tyyyyyyyyyyy
    dirimu OL ??
    kok ga nyapa balik ???

  36. aku juga percaya kekuatan doa.. bahkan keajaiban doa.. sesuatu yang dirasa nggak mungkin tiba2 terwujud begitu aja..

    yang jelas,, musti ikhlas njalanin semua.. nggak boleh maksa,, n kalo udah berusaha,, musti siap menerima segala hal yang “dikasih” sama Allah.. Allah pasti tau yang terbaik buat kita kok..

    *lah,, lah,, kerasukan ustadz mana aku yak..? huehe*

  37. Subhanallah…….pengalaman spritual nan mengesankan mbak…….

  38. Ass. wr. wb.
    Numpang ih mbak presty
    Saya sedang menghadapi masalah, kalau mbak presty udah kelar ya.
    Saya juga mencoba untuk selau berdzikir dan semoga Allah melindungi kita, dan kita semoga selalu tetap berdzikir padaNya.
    Amin
    Waa. Wr. Wb.

  39. ู…ู† ุฃุญุจ ุดูŠุฃ ูƒุซุฑ ุฐูƒุฑู‡

    barang siapa mencintai sesuatu maka ia akan banyak menyebutnya.

    kalo kita cinta Alloh SWT maka pasti yang kita sebut-sebut adalah asma Alloh SWT, kalo setiap hari lesan kita banyak menyebut selain Nya maka itulah kondisi kita, setujuu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s