membahas sesuatu · our healthy

nutrisi dibalik warna

Di sekitar kita banyak sayur dan buah yang segar dengan warna-warna yang cantik. Nah, warna buah itu ternyata bukan sekedar penghias saja, tetapi juga menyiratkan kandungan nutrisinya. Kalau ingin mengetahui apa saja kandungannya, bisa disimak dari warna kulitnya

Merah tua atau ungu
Buah atau sayur yang berwarna merah tua atau ungu ini mengandung antioksidan yang menghambat terbentuknya gumpalan pembuluh darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantun dan stroke. Contoh bun berwarna ini adalah terong ungu, apel merah, anggur merah dan ungu, pir merah, cherry, blackberries, blueberries, dan plum.

Merah
Warna merah pada buah dan sayur mengindikasikan kasndungan antosianin dan likopen. Antosianin mencegah infeksi dan kanker kandung kemih. Likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar tidak mudah pikun. Warna merah pada sayuran juga mengindikasikan kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai anti kanker. Kandungan ini antara lain banyak terdapat pada semangka, starwberry, tomat, jambu biji merah, kol merah, bayam merah, bit.

Jingga
Warna ini menyiratkan kandungan beta karoten, yang berfungsi menghambat proses penuaan dengan meremajakan sel-sel tubuh. Zat ini juga akan berbah menjadivitamin A yang memacu kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Kandungan ini terdapat pada ubi merah, labu kuning, wortel, melon jingga, pepaya, aprikot, mangga, dan jeruk.

Kuning
Kaya akan kalium, yang bermanfaat mencegah jantung koroner dan stroke, serta mencegah katarak. Banyak terdapat pada belimbing buah dan belimbing sayur, nanas, pisang.

Hijau
mengandung asam alegat yang menggempur berbagai bibit sel kanker, serta menormalkan tekanan darah. Selain itu juga mengandung vitamin C dan B kompleks, serta zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan serat. Kekurangan zat ini akan menyebabkan kulit menjadi kasar dan bersisik. Banyak terdapat pada alpukat, anggur hijau, dan semua jenis sayuran berwarna hijau.

Putih (bingung, klo dijadiin putih warna hurufnya, jadi g keliatan 😆 )
Sedikit mengandung antioksidan, namun kandungan vitamin C dan seratnya tinggi, yang ampuh menjaga sistem pencernaan. Terdapat pada touge, kol, kembang kol, sawi putih, rebung, jamur, sirsak, duku, kelengkeng, dan leci.

Coklat
nah, untuk buah2an dan sayuran berwarna coklat ini, biasanya mengandung ulat, dan kandungan2 lain yang bila dikonsumsi bisa bikin sakit perut… apalagi klo buah n sayurannya dah jadi bonyok. contohnya paling banyak… apel busuk, mangga busuk, bayem busuk, sawi busuk, wortel busuk, dll yang busuk2 😆 😆 😆
(busuk hati paling parah, jangan pernah dideketin, yaaaa.. :mrgreen: )

Sumber : majalah Chic no.10-III (tidak termasuk bagian warna coklat 😳 )

Advertisements

49 thoughts on “nutrisi dibalik warna

  1. kasian presty… postingannya dirusuhin perusuh new comer 😆
    *ga termasuk azaxs*

    mbak ulan mulai nakal…

    mas jiwa yg berkelana terus juga… 😆

  2. Ikuti Kompetisi Matematika Nasional 2008 antar SLTA tingkat Nasional. Sebuah ajang yang membudayakan kompetisi antar siswa SLTA pada tingkat nasional bidang ilmu matematika, dan mengenalkan peran IT pada guru dan siswa SLTA.

    Jadwal Kegiatan
    Pendaftaran: 1 Juli – 5 Agustus 2008 Pelaksanaan 12 – 14 Agustus 2008

    Tempat Kegiatan
    Grha STMIK AMIKOM Yogyakarta,
    Jl. Ringroad Utara Condong Catur, Yogyakarta.

    Pendaftaran
    Biaya Pendaftaran: Rp. 50.000,- / tim
    Tempat Pendaftaran: via Online http://kmn.amikom.ac.id
    Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer Bank Mandiri cab. Gejayan Yogyakarta
    No. Rek. 137-00-0540110-0 a.n. Armadyah Amborowati

    Penghargaan (Award)

    * Juara 1 : 10 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Juara 2 : 8 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Juara 3 : 6 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Harapan 1 : 4 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Harapan 2 : 2 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta

  3. calon arsitek emang nyambung dengan pergizian??… emang bisa, bisa aja, napa ngga?? (*buru2 dijawab sendiri takut ty marah*) i comeback ty!

  4. kalo buah hasil colongan trus kecebur got warnanya jadi blentong2 tuh ngandung apa aja yah ???

    = = = = =
    mengandung dosa!!!
    😆
    😆
    😆

  5. Arsitek belajar ilmu Gizi …
    wah jangan-jangan kamu salah pilih jurusan Prest ,…
    hehehe

    = = = = =
    he he he… 😳
    ndag kok, om… :mrgreen:
    cuma, masalah gizi kan jarusnya kita juga ngerti.. (mbela diri :p )

  6. Arsitek yang bergizi… ^_^

    Saya mampir lagi, ukhti…

    Didit Fitriawan
    ITS Surabaya

    = = = = =
    makasih, didit dah sering mampir walau presty sedang terjangkit virus hiatus nan maha dahsyat..
    (lebay 😆 )

  7. Seharusnya judul Anda adalah “nutrisi di balik warna” bukan seperti yang Anda tulis: “nutrisi dibalik warna”.

    tahu khan bedanya?

    “nutrisi dibalik warna” itu kalimat pasif. Bisa dibalik menjadi Warna Membalik Nutrisi. Bukan ini khan yang Anda maksud?

    “nutrisi di balik warna” menunjukkan maksud warna yang ada di balik nutrisi. Ini pasti yang Anda maksudkan, khan?

    = = = = =
    ge ge ge.. 😆
    ada juga yang merhatiin judulnya… :p
    makasih dah diingetin.. dah diganti tu.. :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s