nutrisi dibalik warna

Di sekitar kita banyak sayur dan buah yang segar dengan warna-warna yang cantik. Nah, warna buah itu ternyata bukan sekedar penghias saja, tetapi juga menyiratkan kandungan nutrisinya. Kalau ingin mengetahui apa saja kandungannya, bisa disimak dari warna kulitnya

Merah tua atau ungu
Buah atau sayur yang berwarna merah tua atau ungu ini mengandung antioksidan yang menghambat terbentuknya gumpalan pembuluh darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantun dan stroke. Contoh bun berwarna ini adalah terong ungu, apel merah, anggur merah dan ungu, pir merah, cherry, blackberries, blueberries, dan plum.

Merah
Warna merah pada buah dan sayur mengindikasikan kasndungan antosianin dan likopen. Antosianin mencegah infeksi dan kanker kandung kemih. Likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar tidak mudah pikun. Warna merah pada sayuran juga mengindikasikan kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai anti kanker. Kandungan ini antara lain banyak terdapat pada semangka, starwberry, tomat, jambu biji merah, kol merah, bayam merah, bit.

Jingga
Warna ini menyiratkan kandungan beta karoten, yang berfungsi menghambat proses penuaan dengan meremajakan sel-sel tubuh. Zat ini juga akan berbah menjadivitamin A yang memacu kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Kandungan ini terdapat pada ubi merah, labu kuning, wortel, melon jingga, pepaya, aprikot, mangga, dan jeruk.

Kuning
Kaya akan kalium, yang bermanfaat mencegah jantung koroner dan stroke, serta mencegah katarak. Banyak terdapat pada belimbing buah dan belimbing sayur, nanas, pisang.

Hijau
mengandung asam alegat yang menggempur berbagai bibit sel kanker, serta menormalkan tekanan darah. Selain itu juga mengandung vitamin C dan B kompleks, serta zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan serat. Kekurangan zat ini akan menyebabkan kulit menjadi kasar dan bersisik. Banyak terdapat pada alpukat, anggur hijau, dan semua jenis sayuran berwarna hijau.

Putih (bingung, klo dijadiin putih warna hurufnya, jadi g keliatan๐Ÿ˜† )
Sedikit mengandung antioksidan, namun kandungan vitamin C dan seratnya tinggi, yang ampuh menjaga sistem pencernaan. Terdapat pada touge, kol, kembang kol, sawi putih, rebung, jamur, sirsak, duku, kelengkeng, dan leci.

Coklat
nah, untuk buah2an dan sayuran berwarna coklat ini, biasanya mengandung ulat, dan kandungan2 lain yang bila dikonsumsi bisa bikin sakit perut… apalagi klo buah n sayurannya dah jadi bonyok. contohnya paling banyak… apel busuk, mangga busuk, bayem busuk, sawi busuk, wortel busuk, dll yang busuk2๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†
(busuk hati paling parah, jangan pernah dideketin, yaaaa..:mrgreen: )

Sumber : majalah Chic no.10-III (tidak termasuk bagian warna coklat๐Ÿ˜ณ )

49 thoughts on “nutrisi dibalik warna

  1. senangnya bisa kembali laghi disini

  2. senangnya bisa pertamax kembali juga…

    *halah… ngomong apa sih*:mrgreen:

  3. Pembasmian virus hiatus on saungbunda :

    — 77 % Loading —

  4. kalo mejiku hibiniu itu arti nya mengandung apa mbak??

  5. mbak menik lho… kok hettrik sih… ndak bole itu mbak..

  6. nggak baik hettrik itu mbak…
    ora ilok..
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    *lariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii*

  7. wwoouu…kayaknya segar ya…tapi ati* sekarang buah juga di beri pengawet…

  8. OO gitu ya… hmmm baru tau aku prest

  9. btw hitam kandungannya apa ya?

  10. presty mampir rumahku dong…..

  11. selamat malam๐Ÿ™‚

  12. bun2 komen hetrik.. mbak ulan 4, aku komen 5 yah….๐Ÿ˜†
    Syukron n puas!!!๐Ÿ˜€

  13. disini coment mesti banyak-banyak ya..

  14. kayaknya aq suka semua tuh

  15. yang hijau termasuk petai ya presty…

  16. dah dezh gantian yang laen comentnya

  17. kasian presty… postingannya dirusuhin perusuh new comer๐Ÿ˜†
    *ga termasuk azaxs*

    mbak ulan mulai nakal…

    mas jiwa yg berkelana terus juga…๐Ÿ˜†

  18. kok duren ga masuk ke warna kuning ?๐Ÿ™„

  19. bunda juga tuh yang mulai…

  20. buah coklat kan berwarna coklat juga pres…

  21. @bunda menik: duren masuk ke perut bun…, hahahahahaaaaaaaaaaaa

  22. Selamat malam Presty….
    Lagi makan apa?
    Semangka?
    Tomat?
    Brokoli?
    Anggur?
    Kiwi?
    Paprika?
    atau
    Jamur?
    Malam….

  23. sepertinya yang warna coklat yang paling enak deh… enaknya di buang…hehe…๐Ÿ™‚

    salam kenal dari Palembang

  24. warna biru mana neh pres??

    *buah yg warnanya biru apa ya? hmm*

  25. eits tar dolo…jualan buah ya mbak??
    hihi

  26. jadi yg coklat itu yang paling baik.. begitu..?
    karena gk bersumber dari majalah chic begitu..? hehe

  27. wesss saya mo hetrik juga ahhh

  28. Ikuti Kompetisi Matematika Nasional 2008 antar SLTA tingkat Nasional. Sebuah ajang yang membudayakan kompetisi antar siswa SLTA pada tingkat nasional bidang ilmu matematika, dan mengenalkan peran IT pada guru dan siswa SLTA.

    Jadwal Kegiatan
    Pendaftaran: 1 Juli – 5 Agustus 2008 Pelaksanaan 12 – 14 Agustus 2008

    Tempat Kegiatan
    Grha STMIK AMIKOM Yogyakarta,
    Jl. Ringroad Utara Condong Catur, Yogyakarta.

    Pendaftaran
    Biaya Pendaftaran: Rp. 50.000,- / tim
    Tempat Pendaftaran: via Online http://kmn.amikom.ac.id
    Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer Bank Mandiri cab. Gejayan Yogyakarta
    No. Rek. 137-00-0540110-0 a.n. Armadyah Amborowati

    Penghargaan (Award)

    * Juara 1 : 10 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Juara 2 : 8 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Juara 3 : 6 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Harapan 1 : 4 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Harapan 2 : 2 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta

  29. kalo kuliatku sawo mateng kematengan..
    mengandung apa ya??

  30. Ternyata warna buah bisa menunjukkan kasiatnya ya… asyik juga ya … kalau saya suka semangka … berarti dapat manfaat apa ya….

  31. biru mana mbak???
    yg hitam manis sperti diriku juga mana??:mrgreen:

  32. calon arsitek emang nyambung dengan pergizian??… emang bisa, bisa aja, napa ngga?? (*buru2 dijawab sendiri takut ty marah*) i comeback ty!

  33. kalo item?
    ada apanya tuh?๐Ÿ˜†

  34. yang betul mengandung karbon..
    soalnya dimasaknya sampe gosong..๐Ÿ˜†

  35. fotonya aja mengundang selera apalagi aslinya!

  36. kaya penjual buah di pasar minggu๐Ÿ˜†

    *kaburrrrrrrrrrrrrrr

  37. kalo warna ungu seperti ubi itu apa hayoh ..?? kok nggak ada .. ??๐Ÿ˜›

  38. ga bisa tebak, datang main, pulang dulu ya

  39. wah, penggemar wortel jadi banyak tahu nih, hehe

  40. aslmkm mba pressttyy…๐Ÿ™‚

    lam kenal yah mba
    duh enak bgt nih buahnyaa
    berapa sekilonya mba???
    ^_^v peace๐Ÿ™‚

  41. wah nih namanya arsitek kesehatan๐Ÿ˜€

    = = = = =
    he he he..
    yah, beginilah calon ibu yang baik..๐Ÿ˜ณ
    (loh?:mrgreen: )

  42. bagi donk buahnya๐Ÿ˜€

    = = = = =
    beli ndiri!!!!๐Ÿ˜ˆ
    mmm….
    mie jandanya bagi dong, akh..๐Ÿ˜ณ

  43. kalo buah hasil colongan trus kecebur got warnanya jadi blentong2 tuh ngandung apa aja yah ???

    = = = = =
    mengandung dosa!!!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

  44. Arsitek belajar ilmu Gizi …
    wah jangan-jangan kamu salah pilih jurusan Prest ,…
    hehehe

    = = = = =
    he he he…๐Ÿ˜ณ
    ndag kok, om…:mrgreen:
    cuma, masalah gizi kan jarusnya kita juga ngerti.. (mbela diri :p )

  45. Arsitek yang bergizi… ^_^

    Saya mampir lagi, ukhti…

    Didit Fitriawan
    ITS Surabaya

    = = = = =
    makasih, didit dah sering mampir walau presty sedang terjangkit virus hiatus nan maha dahsyat..
    (lebay๐Ÿ˜† )

  46. Seharusnya judul Anda adalah “nutrisi di balik warna” bukan seperti yang Anda tulis: “nutrisi dibalik warna”.

    tahu khan bedanya?

    “nutrisi dibalik warna” itu kalimat pasif. Bisa dibalik menjadi Warna Membalik Nutrisi. Bukan ini khan yang Anda maksud?

    “nutrisi di balik warna” menunjukkan maksud warna yang ada di balik nutrisi. Ini pasti yang Anda maksudkan, khan?

    = = = = =
    ge ge ge..๐Ÿ˜†
    ada juga yang merhatiin judulnya… :p
    makasih dah diingetin.. dah diganti tu..:mrgreen:

  47. bagus artikelnya๐Ÿ™‚

  48. klo pelangi apa y?
    *_*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s