Bengkulu dan sejarahnya

Aseli Bengkulu? Atau mau tahu Bengkulu lebih banyak? Hhmm.. ga ada salahnya kan klo kita mulai dengan mencari tahu bagaimana sejarah Bengkulu itu?


Propinsi Bengkulu berpenduduk asli multi etnik, diantaranya suku Melayu Bengkulu, Rejang, Lembak, Serawai, Enggano, Kaur, Pasemah, Mukomuko, dan Pekal. Sebagaimana wilayah lainnya, Bengkulu juga memiliki beberapa kerajaan kecil, yang kemudian memiliki pengaruh terhadap perjalanan Sejarah Nasional Indonesia.
Bentuk kerajaan di Bengkulu merupakan kerajaan kesukuan, yang terbentuk karena kesatuan satu atau beberapa suku yang mempunyai adat yang sama. Kerajaan2 ini pada umumnya terdapat di daerah pesisir dan berada di tepi atau muara sungai. Oleh karena itu, nama kerajaannya sering diambil dari nama sungai di dekatnya. Sedangkan nama kerajaan yang terapat di pedalaman diambil dari nama suku atau gabungan suku.
Contoh Kerajaan-kerajaan yang terdapat di Bengkulu antara lain : Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sungai Itam, Kerajaan Selebar, Kerajaan Anak Sungai, dan Kerajaan Empat Petulai
Kerajaan yang terdapat di daerah pesisir mulai berkembang pada awal abad XVI. Setelah jatuhnya Kerajaan Malaka ke tangan Portugis 1511, para pedagang yang ingin ke Jawa menglihkan jalur perdagangannya dari Pantai Timur Sumatra ke Pantai Barat Sumatra mulai dari Aceh, Barus, Priaman, Indrapura, Ketahun, Selebar, Lampung, Banten, dst. Perubahan jalur perdagangan inilah yang membuat para pedagang mengetahui bahwa wilayah-wilayah ini menghasilkan rempah-rempah, terutama lada.

Jaman Pra Sejarah
Hampir sama dengan wilayah Indonesia lainnya, di wilayah Bengkulu Utara dan Bengkulu Selatan ditemukan Dolmen, Menhir, Sarkofagus, Keranda Batu, Belincong, dan Kapak Batu.

Jaman Hindu Budha
Pada jaman ini tidak begitu jelas. Hanya diasumsikan dengan peninggalan Trisakti yang ada di Suban Air Panas, berupa Lingga, Yoni, dan Batu Menangis.

Jaman Kerajaan
Kerajaan tertua di Bengkulu Pesisir adalah Kerajaan Sungai Serut. Raja pertamanya bernama Ratu Agung. Setelah kehancuran Kerajaan Sungai Serut, rakyat Sungai Serut yang dipimpin oleh pemimpin2 Rejang Pedalaman yang dinamakan Dipati Tiang Empat. Kebingungan mencari pengganti pemimpin kerajaan Sungai Serut diantara para Depati, mereka meminta petunjuk ke raja Pagarruyung untuk memecahkan masalah ini. Karena kebijaksanaan utusan raja Pagarruyung, Maharaja Sakti diangkat menjadi raja di Kerajaan yang baru didirikan atas pesan raja Pagarruyung, yaitu Kerajaan Sungai Lemau.
Setelah itu, seorang Raja Sungai Lemau yang bernama Baginda Sebayam mengangkat Senggana Pati sebagai menantu, dan memberinya sebagian wilayah Sungai Lemau, yang pada akhirnya mendirikan kerajaan Sungai Itam.
Selain 3 kerajaan tadi, juga terdapat Kerajaan Selebar yang bermula dari satu kerajaan kecil bernama Jenggalo. Seorang Rajanya yang terkenal adalah Rangga Janu.

Jaman VOC – EIC
Pada tahun 1616, Jan Pieterzoon Coen dari pihak VOC mulai mengetahui keberadaan lada yang melimpah di Bengkulu. Tahun 1660 Belanda membuat perjanjian kontrak dagang dengan pemuka Selebar. Perjanjian Belanda-Banten pada tahun 1680 membuat EIC (Inggris) harus angkat kaki dari Banten. EIC kemudian membuat perjanjian perdagangan dengan kepala-kepala adat sekitar Bengkulu, yang pada saat itu tidak merasa terikat dengan kerajaan Banten. Dibawah kekuasaan Inggris, dibangunlah sebuah benteng terbesar kedua setelah di India, Benteng Fort Marlborough (1714-1719). Pada masa Inggris juga terdapat satu kebijakan pada masa pemerintahan Sir Thomas Stanford Rafless (1818-1822), dimana semua bupati/raja Bengkulu dimasukkan ke dalam pegawai pemerintah dan digaji pemerintah. Akibat perjanjian London (1824) antara Inggris-Belanda, Bengkulu kemudian ditukar dengan Singapura.

Jaman Belanda
Pada tahun 1826 Bengkulu baru dimasukkan ke dalam wilayah kekuasaan Hindia Belanda karena merupakan lahan yang cukup subur. Pada tahun 1833, penetapan sistem tanam paksa ditolak oleh masyarakat Bengkulu, dan terjadilah pembunuhan terhadap Asisten Residen Knorle sehingga kebijakan tanam paksa di Bengkulu ditunda atas instruksi Gubernur Jendral Van Den Bosch. Pada masa Belanda ini terlaksana program transmigrasi di Kemumu, Kabawetan, Kap.Bogor, dan Curup. Selain itu, hasil tambang yang berada di wilayah Bengkulu juga mulai dieksploitasi.
Pada akhir masa Belanda (1938-1942), Ir.Soekarno diasingkan di Bengkulu oleh Belanda. Selama di Bengkulu, Ia sempat merancang sebuah Masjid Jamik, rumah, beberapa alat rumah tangga, dan sempat bermain dalam sandiwara Montecarlo.

Jaman Jepang
Pada Jaman kedudukan Jepang, Bengkulu mengalami masa kehidupan sosial yang terpuruk, hanya masalah ketentaraan saja yang masih baik, dimana diajarkan tentang loyalitas yang tinggi kepada Negara dan bangsa. Pada masa jepang ini juga dibangun industry persenjataan di Pondok Besi dan di galangan kapal Pelabuhan Lama.

Jaman Kemerdekaan
Berita kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 45 baru diterima secara resmi oleh kantor PTT Bengkulu pada tanggal 3 Oktober 1945 (ge ge ge๐Ÿ˜† lemot banget, yak?:mrgreen: ), dan segera dikibarkan bendera merah putih di kantor tersebut. Sejak tahun 1946 Bengkulu masuk ke wilayah karesidenan Palembang, dan pada tahun 1968 Bengkulu resmi berdiri sebagai propinsi sendiri, yang dipimpin pertama kali oleh Ali Amin, SH.

Sumber : makalah pada Ceramah Diskusi Permuseuman Dan Kebudayaan di Museum Bengkulu, Juli 2002

37 thoughts on “Bengkulu dan sejarahnya

  1. how about kurotidur?๐Ÿ˜€

    = = = = =
    ge ge ge..๐Ÿ˜†
    maap, presty malah belom begitu ngerti kurotidur…๐Ÿ˜ณ

  2. gue keturunan orang pasemah neh:mrgreen:

    = = = = =
    g nanya, tuh…:mrgreen:

  3. *lagi lemes*๐Ÿ˜ฆ

    *ndak kuat merusuh*๐Ÿ˜ฆ

    = = = = =
    masa, bun?๐Ÿ˜ฆ

  4. Bener deh..

    lagi lemes banget๐Ÿ˜ฆ

    = = = = =
    mulai mengendus sesuatu yang g beres….๐Ÿ˜ˆ

  5. hetrik cukup lah dek๐Ÿ˜ฆ

    = = = = =
    ada bau busuk nih..๐Ÿ™„

  6. oke deh… lima๐Ÿ™‚

    = = = = =
    yakin, bun?๐Ÿ˜ˆ

  7. wii orangnya adaaaa๐Ÿ˜†

    = = = = =
    ndag keliatan dari tadi? kurang gedhe, po?๐Ÿ™„

  8. Ol kalo brani๐Ÿ˜†

    = = = = =
    beugh… ada yang ngajak, niy…๐Ÿ˜ˆ

  9. *nantang*๐Ÿ‘ฟ

    = = = = =
    siapa takut???๐Ÿ‘ฟ ๐Ÿ‘ฟ

  10. satu lagih..

    mission complete…

    dendam terbalaskan๐Ÿ˜†

    avatarnya wajahku semua๐Ÿ˜†

    = = = = =
    ck๐Ÿ™„
    jadi jelek deh blog gue…๐Ÿ˜ฆ

  11. cintya Bengulu ya๐Ÿ™‚

    = = = = =
    bukan…
    saya bukan cintya bengulu..
    saya presty larasati, akh..๐Ÿ˜†

  12. eh mo niru2 Cinta Laura malah salah๐Ÿ˜€

    = = = = =
    gya ha ha ha๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

  13. waduh komplit, dapet pelajaran sejarah lagi nih

    = = = = =
    ah, mba ulan..๐Ÿ˜ณ
    *presty GR g jelas:mrgreen: *

  14. Oh begitu sejarah Bengkulu ya …

    = = = = =
    yaa…
    kira2 begitulah…:mrgreen:

  15. waw dlu sy pernah di berdomisili di bengkulu,, sekarang masih sepi ga ya๐Ÿ˜€

    = = = = =
    masa???
    sekarang dah mulai rame.. tapi masih tetep sepi…:mrgreen:
    *tetep aja presty g jelas..๐Ÿ˜ณ *

  16. data nya lengkap banget..

    salut

    salam…

    = = = = =
    padahal itu belom ditulis semua.. :p

  17. Presty bisa tolong hubungi saya di 71792420 saya ada permintaan tentang bengkulu…

    = = = = =
    mba nia, ini nomer apa? rumah? kode area-nya?

  18. Hohoho…wong bengkulu juga toh mbaak…

  19. mbak, kalo yang ratu samban ntu daerah mana ya?
    truues,.bunga rflesiany la mekar lom?
    oy,,bgaimana kbar dg tabot??

  20. semoga tambah maju dan pemimpinya tidak korupsi

  21. bengkulu maju terus

  22. Mau share ttg sejarah Seluma ne, awal terbentuknya seluma berawal dari adanya perdagangan dari para pedagang muslim di pantai barat sumatra sejak selat malaka jatuh di tangan portugis pada thn 1500-an, meliputi muara maras, pasar seluma, pasar talo, pasar pino, dst sampai Banten. Pengaruh banten juga cukup kuat dg senjata kujang, di Seluma yg di sbt siwar. Pada thn 1700 an, kepala pasar yg org Inggris tewas di bunuh di pasar seluma. Kerajaan yg terdapat di Seluma bernama Kerajaan Seraway atau Jenggalu dg wilyah kekuasaan dari Sungai dkt Jenggalu (air seluma) sampai bintuhan. Org seluma asal mulanya dari Pagaruyung sumatra barat, Bengkulu (Bangkahulu) dulu kerajaan dibawah kekuasaan Kerajaan Pagaruyung.Desa tertua di Seluma bernama desa Puguk.

  23. Kapan2 ambo pahi ka bengkulu…

  24. saya orang maras jauh tinggal di Jogja tertarik dengan sejarah bengkulu selatan dan pahlawan-pahlawanya. kalau ada kirimi ya.

  25. saya sebagai anak pelajar menyampaikan selamata and tingkatkan sampai ujung tobak ………….,,

  26. waw…….. saya salut dari data yg anda punya, sebagai putra asli Bengkulu ( Bengkulu Utara ) say ga banyak tau tentang sejarah Bengkulu

    salut……..

  27. kunjungan balasan ,salam kenal ,saling berkunjung lebih sip dengan [link].

  28. Saluuut deh buat yang buat nie…

    Tambahkan foto la, biar lebih mantap….

  29. seandainya bengkulu tetap dibawah kekuasaan inggris,pasti bengkulu tidak akan gabung indonesia,wah wah wah,pasti bengkulu akan semaju malaysia,karena tiap2 negara bekas jajahan inggris akan dididik oleh orang inggris utk maju,baik dididik wawasannya maupun materinya,,buktinya malaysia,india dan masih banyak bekas jajahan inggirs lebih maju drpd negara2 bekas jajahan belanda.apa yg diwariskan penjajah belanda utk bekas jajahannya?indonesia contohnya,indonesia di warisi oleh belanda sifat pengecut,korupsi,kolusi,nepotisme,tamakdn jg licik.hal itu jelas,krn bisa dilihat dr pemimpin2 indonesia sekarang.presidennya pengecut.knp pengecut??sudah jelas daerah sendiri diakuin negara lain,tp tindakan prsdn apa??lemot kayak banci,,anggota dprnya sring tidur,giliran merapatkan masalah kenaikan gaji dan rumah utk anggota dpr semuanya pada melek,,ya ampuun,sampai kapan ya indonesia kayak gini??haruskah tiap2 daerah memerdekakan diri krn prilaku pemimpinnya??so jangan disalahkan donk jika banyak daerah yg ingin merdeka.bisa jadi bengkulu jadi negara sendiri suatu saat nanti.gmn mau bangga jadi orang indonesia kalau pemimpinnya aja gitu..

  30. berarti kalau gitu rakyat indonesia belum merdeka skrng,,yang merdeka hanya golongan2 atas,golongan atas bebas mengkeruk semua kekayaan2 yang ada di tiap2 daerah di indonesia.baik mengkeruk alamnya maupun orangnya.orangnya dijadikan buruh/kuli dg gaji tak sebanding dg pekerjaannya.klo demikian rakyat indonesia adalah kuli bagi pemimpinnya,uang2 yg semestinya hasil dr kekayaan tiap2 daerah dikorupsikan oleh pemimpin yang tamak.licik emang,,kapan rakyat indonesia bisa terbuka hatinya??seandainya pemimpin2 indonesia masih punya sifat yg seperti itu,tak menutup kemungkinan indonesia akan seperti kerajaan abbasyah.kerajaan abbasyah adalah kerajaan yg sangat besar yg mempunyai daerah kekuasaan yg sangat besar pula.akan tetapi karena ulah pemimpinya kekuasaan yg besar itu menjadi sangat kecil.banyak dareha yg memerdekakan diri dr abbasyah.saya yakin seyakin-yakinya indonesia suatu saat akan terbagi menjadi beberapa negara,akan banyak daerah yang memerdekakan diri.bisa jadi negara sumatra,negara jawa,negara sulawesi,negara papua,negara ambon,negara kalimantan.bukan bermaksud utk memprovokasi rakyat indonesia,ini hny kekecewaan 1 dr 250 juta orang indonesia kpd pemimpinnya.semoga kritikan ini di baca oleh pemimpin indonesia sekarang,kalo mereka masih peduli kpd rakyat indonesia dan masih cinta tanah pertiwi ini,mereka pasti akan berusaha berubah kedepannya.akan tetapi jika mereka tak peduli dg rakyat dan tanah pertiwi ini??sebelum terucap kata ganyang malaysia,alangkah baiknya ucapkan dulu GANYANG PEMERINTAH YANG KKN,LICIK,DAN TAMAK ITU.setuju????

  31. thnx ea uda buat blog kota asalqu

  32. hebat….
    kaba jemau manau? artinya yang nulis asli dari daerah mana? salut saya asli bengkulu aja belum sempat jelaskan Bengkulu secara detil, di internet atau di masmedia.

    Lengkapi lagi semisal jenis tarian, lagu, pakaian adat, senjata adat, dll.

    tks maju terus.

  33. ahaa….
    akhrnya q nemuโ€™in bengkulu historyโ€™s…
    mkin tโ€™tarik nich…
    saran:
    lngkpin lbh, nโ€™ +_in dgn fto_ny…
    n lw bsa bwt ulsan sjrh sluma yg lbh lngkp+ crita rkyat_ny

  34. Jalannya banyak tikungan. Seruuuuuuuuu study tour ke Bengkulu. Salam dri ayu lestary.

  35. terimakasih buat info nya sgt membantu,, saya sedang butuh sekali info mengenai asal usul orang bintuhan krn nenek moyang orang sana tapi saya lahir besar di jogja,, mohon bantuan nya, terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s