7 Tips Mendapatkan Gizi Maksimal dari Sayuran

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meminimalkan kerusakan zat gizi pada sayuran:

  1. Pengupasan (kentang dan wortel) sebaiknya dilakukan seminimal mungkin, agar tidak terlalu banyak menghilangkan zat gizi yang justru terdapat di dekat kulit.
  2. Pencucian sebaiknya dilakukan sebelum sayuran dipotong-potong agar tidak banyak melarutkan zat gizi.
  3. Pemotongan sebaiknya dilakukan dengan ukuran sedang atau besar. Semakin kecil ukuran bahan, semakin banyak vitamin dan mineral yang terlarut saat dicuci.
  4. Pemasakan dilakukan dengan air sedikit mungkin. Bila sayuran berkuah, usahakan untuk tidak membuangnya, karena kandungan gizi yang terlarut dalam air tersimpan di larutan tersebut.
  5. Hindari memasak dengan suhu tinggi dalam waktu yang lama, karena hal tersebut dapat merusak gizi dalam sayuran tersebut.
  6. Biarkan panci terbuka selama merebus agar asam menguap sehingga sayuran tidak berwarna kecoklatan.
  7. Pada saat menumis sayuran, gunakan minyak nabati. Penumisan sangat baik dilakukan untuk melarutkan Vitamin A, D, E dan K pada sayuran, sehingga menjadi mudah diserap di dalam tubuh.

(sumber : http://www.sportindo.com, klik di sini)

18 thoughts on “7 Tips Mendapatkan Gizi Maksimal dari Sayuran

  1. Pertama…….!!!!

    = = = = =
    holeeee!!!!!๐Ÿ˜†

  2. Wah tips yang bagus prest…

    = = = = =
    ge ge gem hasil co-pas, zaxs..:mrgreen:

  3. ternyata gitu ya, baru tahu. hehehhe….
    thanks

    = = = = =
    iya, presty juga baru tahu..๐Ÿ˜ณ

  4. good.. good.. good..
    tapi yang nomor 6 kurang setuju tuh,
    membuka tutup wadah saat perebusan memang mengurangi proses pencoklatan pada sayuran hijau, tetapi.. hal ini berisiko terhadap menguapnya vitamin2 larut air seperti vitamin B, C, biotin, dll.. mempertahankan warna sayuran dapat dilakukan dengan memberi zat basa seperti kapur๐Ÿ™‚

    = = = = =
    OK, makasih tambahannya bu dietician..:mrgreen:

  5. kayaknya,
    nich info bagus buat para ibu deh…๐Ÿ™‚

    = = = = =
    loh, bu rahmadi gmana?:mrgreen:

  6. thanks infonya…๐Ÿ™‚

    = = = = =
    sama2๐Ÿ˜€

  7. nanti akan saya coba di rumah
    heheh

    ada gak tips biar berat badan turun???

    = = = = =
    tips buat berat badan turun?๐Ÿ˜†
    saya juga mau, kalee..๐Ÿ˜ณ
    tapi kemaren ada satu artikel tentang salah persepsi mengenai berat badan ideal.. lain kali presty post deh..:mrgreen:

  8. Hidup Brokoli Setengah Mateng!!!!

    hahahaha

    iyah kak,,
    barang-barangnya SB pindah ke ruang Forkom, tapi juga pindah ke kOstannya si AdiTh,,
    khukhu

    = = = = =
    hiduuupp!!!
    *semangat 45*
    *dapet bayaran brapa tha, ikut ngampanye-in brokoli setengah mateng?:mrgreen: *

    salam ya buat temen2 di SB…๐Ÿ˜€

  9. Trims atas infonya…

    = = = = =
    trims juga dah mampir๐Ÿ™‚

  10. saya biasanya makan sayur mentah, alias salad…. gaperlu di masak, potong2, kasih minyak sayaur dikit garem sama lada. jadi deh…. seger dan sehat..

    = = = = =
    enak lagi tambah mayoneise… nyummy!!!:mrgreen:

  11. Saya vegetarian … ilmunya berguna sist. Makasih๐Ÿ™‚

    = = = = =
    sama2, sist..๐Ÿ˜€

  12. mayonase?? TIDAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK

    biang kolesteroll………… buakannya sehat malah tambah sakit, asal jgn banyak2 gpp.

    = = = = =
    he he he๐Ÿ˜ณ

  13. Wah, tips yang menarik nih, soalnya aku paling suka sayuran.

    = = = = =
    iya, sama.. presty juga suka๐Ÿ˜€

  14. ngomong2 tentang sayur, aku paling doyan. mau mentah, mau setengah mateng, pokoknya sikat habisss.
    tapi kalau mau mendapatkan gizi paling maksimal ya dimakan mentah saja, misalnya buncis, sawi, wortel, brokoli, timun, kecambah, kol, bahkan terong. cukup dicuci pake air panas, langsung aja dikonsumsi. lebih segar, kemriuk dan so pasti lebih sehat.
    thanks berat tuk tips2nya. salam

    = = = = =
    hya… klo sawi ato terong entah.. presty belom pernah coba, mba.. kayak apa rasanya?๐Ÿ˜ฎ
    btw, apalagi TOMAT mentah.. presty g sukaaaa…..๐Ÿ™„
    ge ge ge..๐Ÿ˜†

  15. Hmmmtipsnya lumayan untuk memperbaiki gizi menjelang pernikahan
    ups….

    = = = = =
    hwaaaa…
    ada yang mo nikaaaahhh๐Ÿ˜ฎ
    *mupeng..๐Ÿ˜ฆ *
    ayo ayo, akh achoey jangan mupeng yaaa…๐Ÿ˜†

  16. kayaknya aku pernah tahu tips ini dimana gitu…,
    tapi kalau yang nomor 6 tuh bikin ribet aja…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s