meringankan beban orang lain

Mendengki,salah satu penyakit hati yang kadang tanpa qt sadari mendarah daging pada diri qt. Terkadang qt begitu susah melihat orang senang, atau bahkan senang melihat orang susah..
Menggunjing teman sendiri menjadi hal yang lumrah. Parahnya, kadang malah kita bisa berkumpul dan bersenda gurau mengghibah dan menertawakan keburukan bahkan aib orang lain. Berkumpul hanya karena dan untuk membicarakan aib orang lain menjadi seperti sebuah kegiatan yg menyenangkan..
Dan keburukan yg qt dengar membuat qt melupakan kebaikan2nya dan membencinya dengan sangat..
Astaghfirullah..

bila kamu tidah menyukai mereka (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya
(QS. An-Nisaa : 19)

dari ayat ini, Allah dengan jelas menyuruh qt untuk bersabar dan tidak membenci sesuatu yg tidak qt sukai. Terkadang dengan sibuk membicarakan kejelekan orang lain,qt jadi tidak peka menyadari kekurangan diri sendiri dan hati qt penuh dengan kedengkian..

Dari Abu Hurairah ra. berkata :
Rasulullah saw bersabda, “Janganlah kalian saling dengki, jangan saling menipu, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi, dan jangan kalian membeli sesuatu yang masih (akan) dibeli orang. Jadilah kamu sekalian hamba2 Allah yg bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, tidak layak untuk menzhaliminya, berbohong kepadanya, dah acuh kepadanya. Taqwa itu ada di sini (beliau sambil menunjuk dadanya 3x). Cukuplah kejahatan seseorang jika ia menghina saudara muslim lainnya. Haram bagi seorang muslim yg lainnya, darahnya, hartanya, dan harga dirinya.”
(HR Muslim)

Well, daripada sibuk membicarakan kejelekan dan mendengki orang lain, bukankah lebih baik bila qt belajar saling mencintai, terlebih lagi, mencintai kekurangan orang lain..

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik ra., pelayan Rasulullah saw., bahwa Rasulullah bersabda, “Seorang di antara kalian tidak (dikatakan) beriman sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.”
(HR Bukhari dan Muslim)

Salah satu cara menunjukkan cinta qt kepada sesama saudara qt adalah dengan saling berbagi, saling tolong menolong, dan saling meringankan beban orang lain. Berbagi tak kan pernah rugi! Bahkan dgn saling meringankan beban dan memudahkan urusan orang lain, qt akan mendapat lebih banyak kemudahan..

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa melepaskan seorang mukmin dari penderitaan2 dunia, niscaya Allah akan melepaskan darinya penderitaan2 hari kiamat. Barangsiapa memudahkan urusan yg sulit niscaya Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutup aib seorang muslim maka Allah akan menutup aibnya d dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong seorang hamba, selama hamba itu senantiasa menolong saudaranya. Barangsiapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di antara rumah2 Alkah untuk membaca kitab Allah dan mempelajarinya bersama2 kecuali akan turun kepada mereka ketentraman, rahmat Allah akan menyelimuti mereka, dan Allah akan memuji mereka di hadapan (para malaikat) yg berada di sisiNya. Barangsiapa yg amalnya kurang maka tidak akan disempurnakan oleh kemuliaan nasabnya.”
(HR Muslim)

13 thoughts on “meringankan beban orang lain

  1. pertamaxxx
    wah, makasih infonya…

  2. ringankan yang lain kau akan diringankan

  3. berkata benar atau diam!!!!!!!

  4. @odie :
    ouke.. sama2, makasih juga dah mampir siniπŸ˜€

    @tren :
    bener bgt, ringankan yang lain, maka Allah akan meringankan urusanmu..πŸ™‚ ayo dukung bloger bandung!!!

    @fatma :
    yupz, seperti dalam hadits, seorang muslim itu hendaknya berkata yang baik atau diam..πŸ™‚

  5. weeeiiiii..lama gak nyampah…hahha

  6. gimana kabar mbk???

  7. aku makinyakin
    kau adikku yang baik hati

  8. Kau adalah wanita solehah kan dikπŸ™‚

  9. @ ikie :
    ge ge geπŸ˜† lama juga diriQ g mampir k blogmu… dah ngeblog lagi ya?:mrgreen:

    @ akh achoey :
    eleuh eleuh… kapala presty membesar, lo…:mrgreen:
    semoga bisa jadi wanita solehah ya, akh..πŸ˜€

  10. waduh bagaiman nih pretty sy kan suka ngegosip heheheπŸ™‚

  11. betul bgt tuh itu lah penyakit masyarakat kita yang sampai sekarang masih sulit di cari obat nya
    coba kalo kita saling mendukung satu sama lain orang sukses kita ambil pelajaran dari nya
    orang terjatuh kita bangun kan dan kita sokong
    mungkin bangsa kita tidak menjadi bangsa seperti sekarang ini susah sama sama dan gak ada yang seneng
    habis gimana mau ada yang seneng orang seneng dikit aja malah ada yamg meriang tuh ngeliat orang seneng.

    bukan gosip lo ini tapi pakta. yang haarus kita jauh kan dari kita masing masing

  12. Hal yang sudah langka saat ini. Semoga niat dan keikhlasan meringankan beban orang lain menjadi moment persaudaraan di negeri ini. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s