membahas sesuatu · my story · our healthy

seputar donor sperma

Beberapa hari yg lalu, presty nonton oprah show (tumben rada mutu tontonannya… :mrgreen: ) di metroTV. Hari itu yg dibahas adalah tentang kehidupan org2 yang berada dalam program donor sperma. di Amerika yang katanya merupakan penggagas program donor sperma, sudah banyak cerita dan pengalaman yang bisa kita dengar. Mulai dari yg mendonorkan sperma, wanita yg menerima donor sperma, dan anak hasil donor sperma yg saat ini sudah ada yg berumur 20an tahun..

donor sperma
sperma pendonor

Awalnya si pendonor memiliki alasan yang berbeda2 dalam mendonorkan spermanya. ada yang memang ingin membantu pasangan yang kesulitan mendapatkan keturunan, ada yang emang berambisi punya banyak anak dari banyak perempuan :mrgreen: (boong ini mah, tapi klo emang ada, semoga Allah menjauhkannya dari nikmat surga.. ๐Ÿ˜ฆ ), tapi beberapa juga mengikuti kegiatan donor sperma hanya demi uang US$40 sekali donor. bahkan, seorang priaย  pendonor dalam oprah show kali itu, yg rutin mendonorkan spermaรฑ selama 4thn, berhasil mengumpulkan uang US$ 160rb.

Setelah sperma disimpan di bank sperma, wanita yg menginginkan anak dr donor sperma akan memilih sperma sesuai keinginan, berdasarkan data dari pendonor dan sebagaian tampak wajah pendonor, dari hidung k atas atau hidung ke bawah (wajah bagian bawah maksudnya… oprah aja sempet kecele ๐Ÿ˜† ). Wanita2 ini kebanyakan adalah wanita yg menginginkan anak tanpa menikah, wanita yg bersuami mandul, pasangan yang kesulitan mendapatkan keturunan, dll..

Lalu bagaimana dgn nasib anak hasil donor sperma ini? Bagaimana kehidupan mereka?
tentu saja bukan hal mudah menerima kenyataan bahwa kita adalah anak hasil dari donor sperma, memberi sedikit dampak psikologis bagi sang anak. beberapa merasa seperti anak hilang, sempat mengalami depresi, dsb.

bagaimana kemudian hubungan anak ini dengan si pendonor sperma tersebut, ayah biologisnya? tentu saja mereka tidak bisa dengan mudah menemukan siapa ayah biologisnya. sang pendonor-pun jelas tidak bisa mengetahui dengan akurat jumlah anak yang berhasil lahir dengan bantuan sperma mereka.

kemungkinan mereka untuk mengetahui satu sama lain jelas ada. beberapa ada yang berhubungan baik. pendonor yang mengetahui keberadaan anak dari hasil donor spermanya memang memiliki respon yang beragam. memang ada yang tidak ambil pusing dengan keberadaan sang anak, ada yang mengetahui tetapi mengambil jarak dari kehidupan keluarga sang anak, dan beberapa ada yang sangat peduli dengan keberadaan sang anak, menyayanginya seperti anak kandungnya sendiri (emang anak sendiri, kalee.. :p )(anak dari istrinya yang sah maksudnya.. :mrgreen: )

di acara oprah show hari itu ditampilkan sosok2 pendonor, wanita penerima donor, dan anak2 hasil donor yang memiliki perspektif berbeda mengenai proses donor sperma ini. beberapa anak hasil donor sperma berhasil bertemu dangan ayah biologisnya bahkan melalui dunia maya (ugh.. semua memang ada di dunia maya… ๐Ÿ˜€ ). ada juga yang tidak menemukan ayahnya, tetapi menemukan saudara se-‘bapak’nya (sebut saja, saudara sperma.. :mrgreen: ).
bahkan, ada satu situs non profit yang disediakan bagi pendonor sperma atau anak hasil sperma yang ingin menemukan saudara biologis mereka. coba aja buka www.donorsiblingregistry.com

hhmm… waktu nonton acara ini sih, ikut terharu juga melihat kisah mereka. bagaimana seorang anak bertemu dengan ayah biologisnya, hubungan baik dengan ayah spermanya, dll..

well, mungkin untuk negara2 maju, hal2 seperti donor sperma, surrogate mother (ibu pengganti, meminjam rahim perempuan lain) bukan lagi merupakan hal yang aneh. di aussie, hal ini pun masih menjadi kontradiksi.
NAH, apa jadinya bila diterapkan di Indonesia? bagaimana hal2 ini dilihat dari berbagai sisi? TERUTAMA dari segi AGAMA? iya kalau setiap anak hasil donor sperma mengetahui siapa2 saja saudara dari hasil sperma yang sama, kalau tidak dan sampai terjadi incest (hubungan sedarah) bagaimana? yang pasti, RUMIT, COMPLICATED..

kayaknya tidak usah berpikir terlalu jauh, (walaupun mungkin tetap rumit juga.. :mrgreen: ) tapi coba sesaat bayangkan, bagaimana bila ternyata kamu adalah anak dari hasil donor sperma? atau bila kamu memiliki anak dari hasil pendonoran sperma-mu beberapa tahun lalu? bagaimana kalau suatu hari, tiba2 beberapa anak mendatangi suamimu dan mengatakan bahwa suamimu adalah ayah biologis mereka?
buat laki2 nih khususnya, banyak g yang mau jadi pendonor sperma?

nb : makasih buat temen2 yang dah mampir ke sini tapi belom sempet presty bales koment-nya. belum juga presty bales kunjungan ke blognya… makasih ya syraru, santri butet, mba EM, raden mas news, mz bayu, gajah pesing, yakhanu, daiichi adam, pak mikekono, indra, mz alex, mz badar, dalila sadida, bik pici, andhang habsoro, dafhy, kusandri, tukang atm, utchanovsky, tiyok, gus, jiban, akh achoey, iklan jaya, pututik, burhan shadiq, angga krisosa, pakde trijek, ejak manap, didotz, ciwir, denok deblong, pare8480, ocha, mz edi psw, om NH, azacky, okta sihotang, n uki batam, yessy muchtar. yudhi14, grubik, mb riva, daaannnn… mz dzarmono.. timpuk pake telur buat bunda menik, hangga, mba rindu, mba yella, jiban, akh achoey, om NH, pakde trijek, babeh, chatoer, azaxs, amel, mz joey, kumanz, neng3, natazya, bang said, rhyzQ, mb faradina. dan terakhir, kasih bunga buat pepiy sebagai permintaan maaf seorang sahabat…

Advertisements

69 thoughts on “seputar donor sperma

  1. welehhh… ameriki… eh amerika tuhhh ayak ayak waek….. berarti sebagian besar orang sono banyak yang mendonorkan sperma nya nichhh… maklum orang sono kan maniac semua kalau masalah yang satu itu…..

  2. Dalam pikiran aku sih… donor sperma, dengan alasan apapun, masih merupakan salah satu tindakan manusia yang paling tidak bertanggung jawab dan tidak berperasaan…
    Dengan alasan apapun

  3. Halo salam kenal nieh……………

    Donor sperm, wauh2 gawat tuch…………….. bisa membuat kacau dunia “persilatan”, gak jelas sapa bapaknya , kasihan lah ama tuch anak tu…..

    Pokoke gak bangetz……….

    I do not agree

  4. ihh.. presty jahat… dah lupa neh sama aku yang imut nan cuantek ini?? (heheh sok terkenal banget dah) ko ga maen2 ke tempat aku si…

    awas ya!!

    muah2,,,
    eh btw aku ga mw ah sperma ga jelas gitu,, haaa tidak!!!

  5. aha… saya datang pres :mrgreen:

    eeee.. dilempar pake telur, hup.. sy tangkap itu telur.. *buat pempek lenggang :mrgreen:

    lg istiharah, mw ngerusuh ap ga ya? :mrgreen:

  6. duh, klo ternyata daku hasil donor, ga kebayang deyh betapa penasarannya aku mencari tau my real parents… wallow tetep aj sayangnya ya ma yang membesarkanku.. teteup ๐Ÿ™‚

  7. pres, pempeknyo agek yo… man aku la dapet job baru,, hehhee… tuk smentaro keep patient be yo, skalian nitip do’a je :mrgreen:

    btw, ckmn jg kabar mu sista?? ๐Ÿ˜‰

  8. donor sperma ….wihh ngeri ueiii….
    kata mas tuyi haram..itu budaya barat , **ya betul itu**

    tapi dari pada mubadzir di buang2in yg ga jelas ???
    ***hayo siapa itu ngaku*** ๐Ÿ˜›

  9. donor sperma….., siapa yang mau nichchch? (*lho, donaturnya siapaaa?*) ngeluarin sperma yang mau didonorinnya gimana si? (*xi xi xi xi… pikiran kotor muka seriusssss disingkat piktorius*)

  10. baik kalo tujuannya baik ๐Ÿ™‚

    maybe cw disana punya banyak alesan kenapa harus menggunakan donor sperma

    kalo memang dibutuhkan kenapa ngga ๐Ÿ™‚

  11. wah serem juga ya
    apa gak takut tanggung jawabnya tuh si bapak
    kan bapak harus memberi makan anaknya dan membimbin anaknya

  12. buktinya banyak terjadi kekacauan nasab (keturunan), hak waris, dampak psikologis si anak, deelel.

    makanya Islam datang utk mengatur itu.

    btw, iya dimaafin…….salam..salam…jarak jauh

  13. Wah …
    yang beginian … aku lewat deh …

    aku nggak ngerti …
    apa ini boleh atau tidak …
    sepertinya kok … tidak ya …
    But … kalo dari suami sendiri mungkin gak papa …
    tapi kalo dari “benih” orang lain … mmmm gimana ya ???

  14. setahuku dulu donor sperma sudah terjadi lama di indonesia. para peternak sapi selalu mencari donor sperma untuk mendapatkan bibit unggul…. ๐Ÿ™‚

  15. wew…!!kok namaku ga ada di nb

    Itu masukinnya gimana ya??secara sperma itu cm bisa bertahan di luar “tabungnya” hanya kurang dari 5 menit setelahnya pasti mati.
    Trus…..hrs merangsang ceweknya dulu gitu??
    Wah jadi penasaran ne…

    Kok kmrn ga sms sich pas nonton yg beginian?? :d
    kl donor darah pasti bikin sehat tapi kalo donor sperma???bikin dunia makin kacau gitu??

    1. Assalamu’alaikum, hi rindu, wajah antum itu nampak sumringah dan bercahaya….andai saja…
      antum ada dmn? kenalan yach…..jwb/bls

  16. tidak ada sesuatu yang lebih rendah selain sperma, jadi alangkah indahnya jika yang terendah itu dapat dijaga dan tidak diperjual-belikan

  17. Wah, emang bahaya tuh.

    Kejadian incest jadi sulit dihindari, kaya kata ente.

    Seperti yang Guru Biologi (bukan biologis :mrgreen: ) saya bilang, incest bisa membangkitkan penyakit2 tertentu yang terpendam di dalam diri.

    Penyakit2 tersebut sebenarnya sudah ada sejak kita lahir, tapi karena sifatnya resesif, jadinya cuma muncul sama orang2 yang kromosomnya resesif homozigot.

    Nah, incest kan bisa memudahkan terjadinya resesif homozigot ini.

    Ga mau ah donor sperma.

  18. TITIP IKLAN TERI, Yaaโ€ฆ
    Pernikahan akan terasa bermakna bila ada kenanganโ€ฆ
    Kenangan akan lebih terasa bila bermanfaat dunia akhiratโ€ฆ
    Mau nikahโ€ฆ.
    Bingung cari souvenir pernikahan yang pas dan berkesanโ€ฆ
    Kami siap mewujudkan impian Andaโ€ฆ
    Temukan di : http://www.bursabukusolo.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s