it's my space · kuliner · my story · Uncategorized

Pempek ikan teri

Kemaren presty bikin pempek ikan teri. Note : IKAN TERI. Sbenernya biasa aja siy.. :mrgreen: ,cuma banyak orang yang belum ngerti klo pempek itu g harus dari ikan tengiri.. Dan hari itu, pempek buatan presty lumayan berhasil.. Ha3.. G nyangka.. 😆

Mo bagi pempeknya k temen2, tp ga bisa. Mo kasih liet fotonya, ntar klo monitor tmen2 jadi penuh iler gmana? (he3.. Makanya, mingkem.. :mrgreen: ). Jadi,presty bagi resepnya aja ya. Cobain sndiri2 d rumah. Gampang kok..


Ni dia resep pempek ikan teri ala presty.. :mrgreen:

PEMPEK

BAHAN :

  • 250gr IKAN TERI MEDAN (boleh dtambahin biar ikannya lebih kerasa
  • 2,5gelas minyak goreng
  • 2,5gelas air
  • Garam 0,5sdm
  • Moto secukupnya
  • 1kg tepung sagu tani / tegung tapioka
  • Gandum/terigu secukupnya. Kira2 250gr

CARA MEMBUAT :

  1. Ikan teri, air, minyak, garam, n moto aduk jadi satu menggunakan blender atau mixer(kalo pake mixer, giling dulu ikan terinya yaa) sampai lembut.
  2. Campurkan sagu dan gandum sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis dan bisa dibentuk (jangan terlalu keras). Bila kurang air,bisa ditambahkan sedikit sedikit
  3. Bentuk adonan untuk pempek lenjer (kayak tabung) n kapal selam(ada isi telurnya). Untuk kapal selam, bila belum mahir,gunakan telur rebus. Enak juga diisi dengan irisan pepaya muda.
  4. Cemplungkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih.
  5. Angkat pempek yang terapung, tiriskan
  6. Goreng pempek sesuai selera. Sikat selagi hangat. Sisanya yang sudah direbus, masuk kulkas, deh.. :mrgreen:

CUKO (KUAH PEMPEK)

BAHAN :

  • Gula merah/gula jawa 1kg.
  • Air 1,5 ltr atau (sesuai selera untuk kekentalan cuko)
  • Asam jawa secukupnya
  • Bawang putih 1 ons (sesuai selera)
  • Cabe rawit ijo 1 ons (tergantung seberapa kuatnya kalian ma pedes 😆 )
  • gula pasir secukupnya
  • garem secukupnya

CARA MEMBUAT :

  1. Rebus air, gula, n asem jawa sampe mendidih, jangan lupa garem n gula pasirnyaaa
  2. sambil nunggu tu air mendidih, giling kasar cabe rawit n bawang putih
  3. begitu air gula asem mendidih, masukkan gilingan cabe rawit n bawang putih, langsung matikan kompor..
  4. klo udah dingin, saring cuko, simpen…. 😛

wuiiihhhh…
pempek yang baru digoreng di santap pake cuko….

ke mantaaapppnyoooo… lemak nian, oooooiiiiiiiii
(translete : mantep sekaliiii…. enak bgt, tauuu…. :mrgreen: )

Advertisements

47 thoughts on “Pempek ikan teri

  1. Tadah ilerku sampe penuh, Pres… :mrgreen:
    Btw, banyak juga orang yang belum ngerti kalo pempek tu gak harus dari ikan belida. … eh… itu sih, buat bikin kemplang yak… 🙄

    … pinjem tadah ilermu lagi, Pres… 😆

  2. hmm…nyam…nyam…
    enak kayaknya yah..hehehehe…kebetulan saya doyan banget makan pempek karena dulu teman 1 kost saya anak palembang, dan tiap pulang dr kampungnya selalu bawa pempek..hhmmm, tapi kalo pempek ikan teri blm pernah….

    eh..salam kenal sebelumnya yah mbak, senang bisa mampir dan berkenalan lewat blog ini..

    salam,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

  3. hihihii,, kirain presty temen gw…. udah pengen gw tungguin di pintu trus BAAAAAAAAAAAAAA>.. gitu dah…. jadi malyyuuuu….bukan ya…

    eh masih kebagian gak neh gw??? laperrrrrrrr

  4. mb…aq juga sering lho bikin pempek ikan teri…sedaap…!!hehe..wah jadi pengen neh,,biasanya bikinnya kalo lg mudik kt4 mbah di klaten, soalnya kalo di kost ga boleh masak.hiks2
    mb blognya aq link yaa!!
    sama2 arch uns & sama2 org bengkulu juga…^^

  5. ngiler……..

    menik bikin cuma adonan tepung terigu aja habis ludes… apalagi pake rasa ikan2an dan telur2an….mmmm….

    *biasanya bikin adonan terigu kalo masih ada sisa cuko pempek kiriman dari seberang… :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s