jalan kaki

waa.. apa pula ini, postingan PERTAMA tahun 2009 malah ngomongin jalan kaki?πŸ˜†
presty lagi gapunya bahan buat ngepost ne.. hu hu hu… maap ya, klo postingan apdet yang kalian tunggu2 malah g mutu.. (emang kapan aku mosting mutu, ya?😳 )

jalan kaki

jadi begini, saudara2 sebangsa setanah air yang kucinta dan kupuja sepanjang masa, yang suka nonton empat mata sambil duduk di atas meja (loh loh..:mrgreen: ) karena jarum timbangan yang gamau geser ke kiri, beberapa temen (eh, kayaknya dah buanyak temen ding) nyaranin presty buat terapi jalan kaki.
4 bulan ini sih kaki bonyok kemaren bisa dijadiin alesyan buat g jalan kaki.. tapi sekarang, alhamdulillah kaki yang bonyok dah kering, sih.. dah bisa renang, jadi gapunya alesyan lagi deh buat g ngikutin saran terapi jalan kaki ituh.. ~X(

[jalan kaki.. jalan kaki.. jalan kaki...]

jadilah pagi ini, dengan tekad bulat seperti donat, presty mulai terapi itu. ba’da subuhan, masih jam 4.30, ngutak2 kompi dulu deh.. tau2 aja dah jam6. daripada diliet orang dengan pandangan aneh karena ada orang aneh joging kesiangan deket rumah, jalan kakinya jadi presty niatin k stadion manahan sekalian.
sampe manahan, NIAT MEMBARA DI DALAM DADA : JALAN KAKI SATU JAM.
perkiraan presty, stadion manahan itu bisa dikelilingi 4 putaran dalam sejam. ternyata sodara2, sejam itu cuma dapet 2 putaran!!πŸ˜†

uwooohhh…
jalan, sendirian, gada musik, HP gada earphone, gada yang nelpon juga… (jieeehhh… lebayy mode : on)
putaran pertama terlalui… aje gile, ternyata dah setengah jam aja…
ada tukang koran, beli koran deh. putaran kedua, dilanjutkan sambil baca koran. perhatian : membaca sambil berjalan tidak baik untuk kesehatan. ntar klo nabrak cowo ganteng, gmana? trus, cowoknya ngejer2 minta kenalanπŸ™„

hhmmm… tapi alhamdulillah, hari pertama mencoba terapi jalan, presty mencapai target jalan kaki satu jam. walau sampe sekarang ni betis rada senut2. maklum, sejak ada si jupiter kuning, g pernah jalan kaki jauh2. si kuning sih, maunya presty temeniiiin terus kemana2 (nyalahin si kuningπŸ˜† ).

eh, ternyata tu ya, jalan kaki itu emang sehat!

ni, Beberapa manfaat jalan kaki, presty cuil dari webnya depkes:

  • Menguatkan jantung dengan meningkatkan efisiensinya. Jalan kaki yang dilakukan secara teratur seumur hidup akan menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit pembuluh koroner.
  • Menguatkan otot-otot, ligamen, tendon, tulang rawan. Khusus pada wanita muda, jalan kaki dapat memperlambat terjadinya osteoporosis (keropos tulang).
  • Memperbaiki sistem pengaturan gula darah dalam tubuh. Banyak pasien diabetes melitus yang berkurang kebutuhan insulinnya karena rutin melakukan jalan kaki.
  • Ideal untuk menjaga berat badan karena dapat meningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan, dan membakar lemak. Yang tak kalah penting, jalan kaki dapat meningkatkan citra diri serta mengurangi depresi dan kecemasan.
  • Dibanding joging, pembebanan olahraga jalan kaki pada tubuh lebih kecil. Ketika joging, kedua kaki terangkat dari tanah pada setiap langkah. Ini dapat memaksa badan kita menyerap benturan dengan kekuatan 3-4,5 kali bobot badan. Sebaliknya, saat jalan kaki, salah satu kaki selalu di tanah, dan ketika kaki mendarat benturannya kurang lebih 1,25 kali bobot badan. Jadi, risiko cedera pada jalan kaki lebih kecil. Memang jalan kaki memberikan hasil lebih lambat daripada joging. Demi mendapat manfaat yang sama dengan joging, lakukan jalan kaki lebih lama.

selain itu, jalan kaki katanya juga menjinakkan 9 penyakit (bisa njinakin pepey yang lagi ngamuk g, ya?πŸ™„ ). 9 penyakit itu antara lain :

  1. serangan jantung
  2. stroke
  3. berat badan stabil
  4. menurunkan berat badan (tuuuhh kann..:mrgreen: )
  5. mencegah kencing manis (soale banyak minum, jadi pipis terus *siyul2 )
  6. mencegah osteoporosis (jadi inget iklannya indy barensπŸ™‚ )
  7. meredakan encok lutut (klo boyok-an bisa g, y?)
  8. depresi (loh, kok namaQ? de’presi?πŸ˜† )
  9. membatalkan munculnya kanker, setidaknya kanker usus besar (your cancer has been cancel..:mrgreen: )

(lengkapnya, coba aja baca di sini)

wuihh.. emang banyak ya, manfaatnya? tapi emang indonesia bukan negara yang membudayakan jalan kaki di kota2 (berasa anak kota aja si presty ini..), jadi emang rada susah mengubah kebiasaan kecil ini. tapi kata iklan syusyu di tipi ni : dengan mengubah sedikit kebiasaan kita, kita bisa dapet apa yang kita impikan…

ayo presty, semangaatt!!!
ayo, bunda yang cantik juga semangat!! katanya mo nggeserin jarum timbangan ke kiri jugaa.. *siyul, cari bolo
uuhhh… harus semangat neee.. demi diri sendiri!
ayo pada jalan kaki yo. kan seru tu klo banyak temennya..
klo gitu, besok k kolam renang jalan kaki aja aaaahhh… (i wish i could..:mrgreen: )

31 thoughts on “jalan kaki

  1. ambil pertamax duyuuuuuuuuu

    = = = = =
    kasih daaaahhhh…πŸ™„

  2. ayo Tymbil.. yg semangat.. katanya mau jadi cirliders lagi…
    *siyul2*

    = = = = =
    kok bunda tau sihh..
    *siyul2

  3. besok berenangnya di Bgr aja Ty.. jalan kaki !πŸ˜†

    = = = = =
    emmooohhh…..πŸ‘Ώ

  4. plest, mending kamu nglamar pekerja di dinas perhubungan, jd tukang ngaspal, mantab tuh jalan jd cepet padet, ga perlu alat berat utk madetin jalan

    = = = = =
    aku kan g enak klo harus nginjek2 kamu pey..
    :siyul2:

  5. pantes jalan antara kost sm kampus cepet rusak, lha tiap hari km lewatin ya plest

    = = = = =
    pepiy mulai ngajak berantem… :-w

  6. bunda + plester renang = nguras kolam renang

    bunda + plester joging = ???

    aku + bunda + plester = dari jauh kaya angka 100

    plester + kaka + bunda + aku = dari jauh kaya angka 0,01

    aku + bunda + plester dalam 1 garis lurus = simulasi gerhana bulan total

    *kaborrrrrrrrrrrrrrrrr

    = = = = =
    kejaaaaaarrrrr…
    (minta dihajyar ini anak..πŸ™„ )

  7. Pepey minta dijak gelut tuh Ty…πŸ˜†

    hajyarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    O iya Ty.. makasih yah dah bilang aku BUNDA YANG CANTIK .. jadi mayuuuuuπŸ˜›

    = = = = =
    hajyar bunda duyu, dah ngobrak2 blogQ..πŸ‘Ώ

  8. Wah,,kalo sejam sih emang berat.
    Namanya olahraga tu yang penting TERATUR,,masalah jumlahnya,,15-30 menit udah cukup.
    Kalo banyak tapi sekali2, malah nyapein badan ajah.

  9. wah, pasti tuh kaki pada bengkak2 klo jalan 1jamπŸ˜€

    = = = = =
    jalannya kan kayak putri solo..:mrgreen:

  10. jalan kaki yah dr jaman nenek ma kakek2 tuh olah raga yg bikin hidup lebih hidup loh….:D

    = = = = =
    wakakak… kek iklan…πŸ˜†

  11. jalan kaki juga merupakan salah satu aktivitas yang sangat berbahaya, bila…

    1. dilakukan sambil tidur
    2. dikerjakan diatas rel kereta api
    3. dikerjakan sambil nonton tv
    4. dikerjakan didalam kandang macan

    hehehehe…

    = = = = =
    dilakukan sambil mandi juga gabaik..πŸ˜†

  12. jalan kaki bikin kantong sehatπŸ˜†

    = = = = =
    sepakaaaatttt.. tapi g juga, mba.. kjlo habis jalan kaki malah jajan…
    *ngaku..:mrgreen:

  13. saya juga jalan kaki klo kekampusπŸ˜€ cuman yah kekampusnya 2-3 bulan sekaliπŸ˜€

    = = = = =
    cuma 2-3 bulan sekali aja jalan ke kampusmu dah bisa rusak ya, doer…πŸ˜†

  14. blog km super keren dan sangat bermanfaat juga memberi inspirasi..

    Salam kenal..

    = = = = =
    waaaa.. terima kasih, terima kasih…
    *langsung GR:mrgreen:

  15. Lagi ada masalah dengan timbangan ya…!
    Besok2 pake jembatan timbangan aja yang buat timbang truk. Pasti geser jarumnya sedikit…
    wakakakkkk….
    btw, jalan kaki plus minum air putih emang bikin tambah berasa sehat…πŸ˜€

    = = = = =
    biasanya nimbangnya emang di jembatan timbangan kok… :siyul:

  16. Jalan kaki memang olah-raga yg bagus. Tapi sebaiknya ditambah dengan jenis olah-raga yg lain. Misalnya push-up, sit-up, angkat besi, berenang, anggar, tinju, lempar lembing, balap kuda, dan gulat. Tapi itu koq malah kayak mau ikut PON ya. Jalan kaki aja deh Prest.

    = = = = =
    wakakak… kayak mo tes semapta aja…πŸ˜†

  17. jalan kaki untuk kesehatan
    aku suka melakukannya
    ya kalo dari halaman ke rumah dan di dalamnya
    atau dari parkiran ke tempat kerja dan di dalamnya

    semangat!

    = = = = =
    coba sekali2 jalan kaki dari bogor ke solo, akh..:mrgreen:

  18. jangan2 abis jalan2 trus ngebut makan ahahahah…
    @masmoemet, bunda+plesty joging?? = gempa bumi ahahahah… kabooooorrr…

    = = = = =
    kok daru tau… lha jalan ke manahan kan cuma kamuflase buat ngeborong makanan di sana.. :malu:

  19. kunjungan perdana . . .

    jalan kaki memang sehat, terus kalo blog walking sehat g ya? he he he

    visit http://bayusmart.wordpress.com

    = = = = =
    blogwalking, sehat juga buat mata kaki…πŸ˜†
    *mbuh opo hubungane..:mrgreen:

  20. @ Daru
    cari gara2 nampaknya…πŸ‘Ώ

    = = = = =
    doraemon emang selalu cari gara2 denganku sejak SMU, bun..πŸ™„

  21. males jalan kaki ah..
    naik motor aja..πŸ˜€

    = = = = =
    kasian motornya..πŸ™„

  22. jangan sering-sering jalan kaki..
    kasihan sopir angkot.
    gimana ntar kalo orang seindonesia pada jalan kaki
    semua.. bisa-bisa ntar sopir pada demo..
    mosok mudik jalan kaki hehehe

    = = = = =
    pakdhe ki jebule takut g menuhi setoran, thow??πŸ˜†

  23. kemarin jalan (motoran) dari Ponorogo ke gunung kelir, mampir solo.. taman bale kambang, berharap ktemu presty, eh ga ada….

    = = = = =
    ke solo, g ngemeng2???πŸ‘Ώ

  24. jalan kaki emang banyak banget manfaatnya dan juga hemat …πŸ˜€

    = = = = =
    hematnya itu loo…:mrgreen:

  25. senang bangetttttttt amu akhirnya datang lagi
    lama banget dari mana,jeung
    kamu berubah sekarang ya
    biasanya ciri khas kamu e aku tuh………tidak sekali tapi dua tiga kali hehehe..
    aku masih ingat kamu ho
    salam hangat selalu

    = = = = =
    masa sih, blue.. segitu senengnya… :malu:
    wakakak.. kemaren lagi insap, blue.. jadi komeng sekali aja..πŸ˜†

  26. watu kamu libur……..kamu ada dipostingan blue yg SEMATKAN AKU DI HATIMU…… coba baca kembali.pasti ada kamu ikut terlibat hehehe……….
    salam hangat selalu

    = = = = =
    he he he.. iya, yang itu presty baca kok, blue.. makasih yaaa…
    :senyum sok manis:

  27. So pertanyaannya adalah …
    “Adakah Hasilnya ?”

    Turun berapa kilo Prest ??

    hehehe

    = = = = =
    belom tau om, belom nimbang
    *alesssyyyaaaaannn, padahal…:mrgreen:

  28. bloge isine kok tukang sampah kabeh ya…

    meluu aahh…

    = = = = =
    lha sing ndhuwe yo tukang nyampah, mba.. :isin:

  29. Asslamualaikum…kulo nuwuun..permisiii *td lupa rung salam*

    lagi2 ketemu postingan penuh coretan..

    Sak alamamater mbek bubun n pepi ki mestii

    = = = = =
    waalaykum salam…
    bubun? pepi? sapa tu mba
    *berharap ilang lngatan terhadap 2 makhluk itu

  30. kok pepi gur telu komenge??
    kok ga’ ono emone??
    :mikir:
    mbak plessss…… haw ar yuu???

    = = = = =
    pepey lagi eling, mba….πŸ˜†
    plesty is fineeeeee…. ho al yu tuuu?

  31. assalammualaikum… salam kenal…
    jalan kaki itu nggak baik mbak…
    soalnya berat badanku nggak naik naik gara gara jalan kaki (atau jogging kali…) tiap minggu.
    hikz sedihnya😦
    ada tips nggak mbak buat naikin berat badan….?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s