Uncategorized

Story of Riri’s Weaning With Love (WWL)

Alhamdulillaah Riri sudah setahun lebih lulus Weaning With Love (WWL) a.k.a Menyapih dengan cinta tanpa drama, tanpa oles pait2 atau pedes2, tanpa pura2 berdarah, tanpa suntik2..

10933746_10152599194907647_2229385821292626188_n

dari dulu pengen banget nyeritain proses WWLnya kak Riri, tapi biasalah, blogger gadungan ini males nulisnya ngalahin niatnya.. hehehee
nah, sejak 24 Desember lalu Makriri resmi menyandang kembali predikat emak menyusui.
dan hari ini, berhubung Makriri kesambet pengen nulis tapi bingung mau nulis apa, dan teringat utang cerita WWLnya Riri, sekarang aja dah jadi nyeritain proses WWL kak Riri, yes.. 😀
skalian juga menutup cerita perjuangan menyusui Kak Riri yang ada di postingan lama (lamaaaa banget XD ) di sini : My Breastfeeding Moments with Kak Riri

Sejak usianya hampir genap 2 tahun, KakRiri mulai emak sounding untuk bisa sapih sendiri. saat menyusui emak bisikin, saat dia main emak bisikin, saat dia nonton emak bisikin, saat dia makan emak bisikin, saat tidur emak bisikin, pokoknya bisikin terus. cuma pas saat dia pup aja baru emak tutup pintu kamar mandinya.. :mrgreen:

Bisik2nya kurang lebih begini :
“kak riri sudah 2 tahun. kata Allaah, menyusui itu sampai 2 tahun. Karena kalau sudah besar, kalau lapar kita makan nasi, kalau haus kita minum air putih. jadi menyusunya udah ya nak..”

trus anaknya manut ngga?
ngga
hahah
seringnya berakhir dengan jawaban lantangnya : “GAMAUUU!!”

selama proses WWL itu, kesabaran si emak bener2 diuji deh. harus ekstraaaaaaa sabar. sampe pantat makin lebar! eh, itu sih bawaan orok yak..
Bbeberapa kali rasanya pengen nyerah. bukan terus pengen suntik2 sih, cuma jadi males. wis karepmu nak, mau berhenti nyusu kapan terserah wis, terseraaaahhh… (sambil buka kulkas masukin kepala, ngadem) wkwkwkk
tapi alhamdulillaah, saya, si emak abal2 ini, keukeuh gamau oles2.

Sejak 2 tahun itu, emak mengurangi frekuensi menyusui si Kakak. mulai dari siang, emak yang biasanya balik di jam istirahat buat nyusuin, jadi ga balik.
trus PR selanjutnya ngurangin frekuensi menyusui malem hari. nah ini nih yang berat nih. soalnya malem kan biasanya workingmom lelah ya (pembelaan), anak suka mlilir minta minum susu. daripada si anak tantrum, dan emak tambah lelah hati, langsung aja keluarin senjata andalan : susu emak.. trus gimana anaknya mau berhenti nyusu? hahahaha..
ah, dasar, namanya juga emak abal2.. xixixi

sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa, tanpa diduga2, saat kakak usianya 2y10m, emak lagi liet rekaman seminar parenting di tipi kabel yang bisa ngerekam itu di kamar. temanya : makanan pendamping ASI. si kakak yang lagi main di ruang tamu, tiba2 aja masuk pas banget bagian Menyusui. ada video2 ibu lagi menyusui si bayi. dan terjadilah percakapan ajaib antara emak dan kakak:

+ Eh kak, tuh adek bayi lagi nyusuin.
– itu adek bayi? (sambil mendekat, trus ikutan nonton dipeluk emak)
+ iya..
(trus tampillah pemateri di video)
+ Bu, saya juga punya adek bayi lho. ini, masih nyusuin sama Bunda (sambil elus2 kepala kakak)
– NGGAA! Kakak bukan adek bayi. kakak sudah besar!
+ loh? tapi kan masih nyusuin sama Bunda, kan? Itu yang di tipi yang nyusu bayi bukan?
+ iya
– berarti kakak adek bayinya Bunda…
– NGGA! Kakak kan ga nyusu sama bunda lagi. kakak sudah besar. kalo laper makan nasi, kalo haus minum air putih!
+ (emak terperangah, menyadari hasil sounding sudah berhasil masuk ke alam bawah sadar si anak) Oh, kakak udah ga nyusu yaa?
– iya. yang nyusu itu adek bayi
+ beneraan?
– bener..

Dan selanjutnya, bener dong hari itu dia gaminta minum susu sama sekali. emak sempet tergoda pengen nawarin (dasar emaknya yang gakuat iman, haha), tapi ditolak loh sama si kakak. berkali2 dia bilang dia sudah besar, jadi ga nyusu sama Bunda..
Malem2 pertama, kadang dia suka melilir nyari susu bunda tapi kemudian sadar sendiri, trus balik badan atau minta minum air putih atau susu UHT. dan malam2 berikutnya di jam2 si kakak suka mlilir minta susu, emak suka kebangun, mendapati si kakak terlelap tidur tanpa mencari susu sama sekali.
Emak terharuuu banget..

That’s it. Kesuksesan WWL terjadi begitu saja. Ada perasaan bangga luar biasa ke kakak ketika dia berhasil dengan sadar diri menyapih dirinya sendiri tanpa drama.
Bahkan sekarang klo liet susu emak, dia jerit2 geli dan jijik sendiri. kan emak jadi gemes. hahahaa..

Well, Alhamdulillaah kisah perjalanan menyusui kakak yang awalnya penuh drama berakhir penuh cinta. Sekarang emak memulai kisah menyusui baru dengan si adek. Baru sebulan ini. Meskipun jumlah ASI emak ga semelimpah emak2 lain, tapi emak tetep bersyukur, dan akan tetap keras kepala menyusui. semoga dengan si adek bisa berhasil hingga 2 tahun atau lebih dan berakhir juga penuh cinta..

Buat emak2 yang sedang berjuang meluluskan anaknya dari WWL, semangat yaa!!

with love,
untitled-1

Advertisements

6 thoughts on “Story of Riri’s Weaning With Love (WWL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s