cerita diandra · parenting · Uncategorized

Breastfeeding Moments with Dek Dhee – Episode Bingung Puting

17264879_10154350202307647_3885206392929634521_n

Tadi malem, rasanya hati ini hancuuur sekali, saat dek dhee menolak menyusui langsung ke payudara emak. rasanya lebih sakit daripada diputusin Lee Min-Ho.. (padahal tau lee min-ho yang mana juga kagak, hahaha)

iya, Dek Dhee bingung puting!
astaghfirullaah, yang emak takutin kejadian bener daahh..
2 minggu lalu emak mulai masuk kantor. sebelum cuti habis, emak udah wanti2 bener ke budhe rewang n minta tolong support bapaknya buat belajar nyusuin pake cupfeeder atau sendok. dek Dhee ini sebenernya dari usia minggu pertama udah pinter banget minum pake sendok. salahnya emak, karena mikir dia bisa, ga pernah disendokin lagi. sayang gitu rasanya klo pas cuti kehilangan momen  nyusuin langsung…

Menjelang masuk kantor itu, emak udah pernah ngajarin budhe rewang pake cup feeder, dan adek bisa. meski memang harus sabar dan ada teknik khusus. budhe yang sering mijet adek sore juga udah ngajarin, dan adek pinter. sayangnya, budhe rewang masih grogi banget. dan dengan segala media yang emak sediain, sendok, cup feeder, spuit, budhe masih tetep grogi. tapi tetep bunda paksa.

download

Ngantor 2 minggu lalu, seninnya si adek vaksin DPT. salahnya lagi, emak dan bapak milih pentabio, yang berarti menimbulkan efek demam. salah, karena waktunya ga tepat. adek baru belajar menyusui dengan media bantu, dan emak pas udah masuk kantor. hanya demi menghemat dana 700rb, si emak jadi nyesel ga keruan.
kirain si adek demam ringan biasa aja, toh udah dibekali penurun panas dari dokter. tapi ternyata, efeknya ga cuma rewel. malem okelah bisa nempel bunda. selasanya si adek ditinggal di rumah, rewel. emoh nyusu ASIP. seharian bunda tinggal sampe jam 12an, minumnya ga ada 100ml. Bunda kan sedih. Dan bapak ternyata merekam ini dengan baik. Bahwa minum segitu bener2 kurang. kebetulaann, si emak kena gondongan (ketularan kakaknya yang kena gondongan minggu lalu), jadi aja emak ga masuk kantor lagi hari rabu, kamis, jumat, bisa nempel sama dek Dhee terus.

Nah, sayangnya, Rabu itu Budhe rewang pamit pulang karena anaknya asmanya parah udah seminggu. dan sedihnya, Budhe gabisa balik lagi kerja karena ga dibolehin anaknya. Seninya emak ngantor lagi, mulailah perjuangan memberikan ASIP dimulai. Bapak yang kebetulan wirausaha dan ada sodara yang jaga toko, menawarkan diri buat di rumah jaga adek. Di sini Emak udah bersyukuuur banget dapet suami yang ga segan2 turun tangan ngasuh anak, tanpa emak minta. Alhamdulillaah..

Tapi, emak sadar, gabisa nuntut banget buat bapak ngasih ASIP ke adek pake cup feeder. Meskipun udah berkali2 bunda meminta dan memohon untuk sebisa mungkin berusaha ngasih ASIP gapake dot, Bunda tetep ngebekalin dot calmanya medela buat urgent. kenapa calma? karena menurut emak, si calma ini beda dari dot lain, itu ASIP ga bakal bisa keluar kalo ga diisep sekuat tenaga. jadi kayak nyusui ke PD langsung lah..
Tapi oh tapi, senin siang Emak balik pas jam istirahat itu, ternyata si Bapak udah beli dot merk lain
ternyata si Bapak bilang, Dek Dhee kesusahan minum pake calma. lah iya emang itu tujuannya kan? tapi karena Emak gamau menyusahkan, emak gabisa ngelarang. cuma dalam hati berdoa mati2an, semoga si Adek ga bingung puting.

all is well sampe Rabu sore, emak ngerasain Dek Dhee kekuatan menghisapnya udah berkurang. pelekatannya udah ga bener. Udah ga dalem. Malem itu bilang ke Bapaknya baik2 kekhawatiran Emak. Bapak mau nyoba pake cupfeeder dan kalo emang ngedot, pake calma..

tapi kamis siang pas jam istirahat Emak balik, ternyata adek masih dikasih dot. Masya Allaah, udah ga enak ini perasaan. tapi Bapak beralasan, adek susah pake calma, dan takut klo cairan yang masuk kurang. Duh, emak cuma bisa was-was dalam hati..

dan bener aja…
dari Kamis sore kemaren si adek males2an nyusu. kirain karena udah kenyang dikasi susu sebelum emak balik..
malemya sebelum tidur bener jam 7.30 juga minumnya ogah-ogahan, ga kenceng hisapannya. dan jam 10.30 pas adek kebangun karena celananya basah ompol, dan tentu lapar, drama beneran dimulai.

Adek buang muka pas emak sodorin PD! JLEBB! sakiiitt banget. disodorin dia meleng, disodorin meleng lagi. emak kekep biar ga meleng, eh dia malah melentingkan badan demi nolak PD. emak elus2, emak berusaha terus buat masukin PD ke mulut adek karena udah penuh banget, masuk, karena alirannya deres, dia kelimpungan, trus dilepas lagi. padahal biasanya dia malah girang bgt klo alirannya deres. YTrus, sekalinya beneran masuk lagi, cuma buat main2 doang. dan hisapannya blas g ada kenceng2nya. masukinnya pake drama, itu juga bisa masuk karena dia udah ngantuk berat antara sadar dan ngga.. Ya Allaah, rasanya sediiiiiihhh bener dah.. Emak cuma bisa nangis sambil terus berusaha nyusuin. dan ini sampe pagi begitu. hiks..

Sayangnya emak hari ini piket di kantor, yang artinya siang jam istirahat Emak gabisa balik buat nyusuin. Bapak jadi ikutan sedih liet Emak nangis. dan janji bener mulai hari ini ga ngasih dot lagi. Tapi tetep di kantor emak gabisa tenang pan.. temen2 yang baik hati akhirnya nawarin nggantiin Emak piket jam 12 kurang dan emak disuruh balik. Dan sedari siang, emak berusaha skin to skin sambil sounding adek supaya adek mau nyusu lagi. Emak kudhu relaktasi sebelum Dek Dhee bener2 gamau nyusu lagi ke Emak..

Mungkin bagi sebagian orang, ini bisa dinilai lebay. tapi bagi emak, bonding yang tercipta dari menyusui langsung itu pentiiing banget. apalagi emak kerja. cuma dari menyusui langsung ini emak bisa bangun bonding yang kuat ke anak. dan karena emak ngotot harus ngasih ASI, hisapan bayi ini penting banget buat jaga produksi ASI Emak..

6aad05c9645c2a394aff9b1ffe3d5956_no-baby-bottles-my-kidentity-no-babies-clipart_400-400.jpeg

Saran emak buat para ibu menyusui, meski tiap anak beda2, sebisa mungkin jangan gunakan dot. ini beneran efeknya domino banget, kemana-mana. harus keras kepala minta yang bakal ngasuh anak selama kita kerja buat belajar ngasih ASIP pake media selain dot. pilih salah satu. gausah gambling deh ngasih dot karena liet anak temen gapapa pake dot, masih bisa nyusu langsung, karena tiap anak itu beda2. dan Emak yakin, meski si anak ga bingung puting dan masih bisa nyusu langsung, itu produksi ASI pasti berkurang..

Doakan relaktasi emak berhasil ya. Insya Allaah besok temen yang konselor laktasi juga mau visit ke rumah buat observasi dan ngebantuin relaktasi..
Buat emak2 pejuang ASI, SEMANGAT!
Semangat MengASIhi!

with love,
untitled-1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s