BATIK BESUREK BENGKULU part 1

batik emang identik sama jawa, ya?
tapi tau g kalo BENGKULU punya batik yang g kalah bagus ma batik jawa..
kali ini presty pemgen banget memperkenalkan batik kebanggaan masyarakat bengkulu ini ke temen2 yang mungkin belum pada tau. hhmm.. sebenernya tulisan ini terinspirasi dari postingan akh achoey yang menceritakan kecintaannya ma batik..
BATIK BESUREK namanya… besurek –> bersurat –> menulis. jadi, batik besurek bisa juga diartikan sebagai batik bertulisan. disebut besurek, karena pada hakikatnya, motif utama batik besurek adalah huruf kaligrafi. Di beberapa kain, terutama untuk upacara adat, kain ini memang bertuliskan huruf Arab yang bisa dibaca. Tetapi, sebagian besar hanya berupa hiasan mirip huruf Arab.

berbagai motif dasar batil besurek antara lain :

  • motif kaligrafi –> merupakan motif yang diambil dari huruf2 kaligrafi. untuk batik besurek modern, biasanya kaligrafinya tidak memiliki makna
  • motif bunga rafflesia –> bergambar bunga rafflesia arnoldi yang merupakan bunga raksasa khas bengkulu.. motif bunga rafflesia bisa dibilang sebagai motif utama kain besurek setelah kaligrafi
  • motif burung kuau –> bergambar seperti burung, tetapi terbuat dari rangkaian huruf2 kaligrafi
  • motif relung paku –> bentuknya meliuk2, persis seperti tanaman relung paku
  • motif rembulan –> merupakn motif yang digambar seperti rembulan yang bulat. biasanya dipadukan dengan motif kaligrafi

(tiap motif memiliki makna, di episode berikutnya akan presty terangkan.. :mrgreen: )

motif2 batik besurek diambil dari kelima motif dasar tadi dan dipadupadankan.. satu kain biasanya tidak hanya terdiri dari satu motif. warna batik besurek juga berbeda dengan batik jawa. batik jawa identik dengan warna coklat, kuning, merah, hijau, dan biru. sedangkan batik besurek memiliki warna yang lebih cerah dan beragam…

sebagai perkenalan, ini presty ikutsertakan beberapa gambar motif batik besurek :

motif kaligrafi :

motif kaligrafi perpaduan bunga rafflesia :


motif kaligrafi perpaduan bunga rafflesia dan relung paku :

motif kaligrafi perpaduan bunga rafflesia dan burung kuau :

About these ads

About presty larasati

an ordinary independent wonder woman. a wife from great husband, and a mom for a beautiful daughter. i'm a workingmom who wanna be an "ibu profesional".. ^^

Posted on November 2, 2008, in bengkulu, budaya daerah. Bookmark the permalink. 34 Comments.

  1. Yang perpaduan bunga rafflesia dan burung kuau bagus :)

  2. ngeliat gambarnya jd pusing :(

  3. Menarik sekali, menambah wawasan saya….
    Sayang yang saya dengar Jepang telah mempatentkan batik sebagai milik mereka….

  4. pindah jurusan lagi ya plest ?

  5. arifrahmanlubis

    bandwith sedang dikit nih :)

    ga kliatan gambarnya.

    btw, apa kabar bu? kegiatan apa sekarang?

  6. asik2 yah batiknya……..kok postingannya sama dgn kang Achoey yah…..sama2 bahas batik….hehe

  7. bagus2 yaks..
    pantesan harga batik itu mahal2

  8. kapan ngirim ???

    *nelpon tante gaul di bengkulu*

  9. wah… luar biasa ni batiknya, sayang yah jauh dibengkulu, pilih batik jawa aja deh :p <–rasis

  10. Tyyyy… okeh, kamu jadi teman minum teh aku sekarang ;)

  11. batik bengkulu memang keren-keren

  12. wuhhh……… motifnya kereeen.

  13. jualan nih mba?
    *siap2 tiarap* :)

  14. Pengen punya nich. Gimana ya caranya…?

  15. dirimu nggak koleksi to??

  16. Halo, Presty. Trims atas komentarnya di blogku (ttg perbandingan Titan Arum dan Rafflesia) yg berbahasa (sok) Inggris.

    Mau tanya nih, batik Besurek Bengkulu ada pengaruh dari pecanthing2 Jawa nggak? Kamu punya referensinya? Soalnya bln lalu aku pusing nyari “kisah” ttg batik2 luar Jawa (misalnya batik Jambi, Papua, dsb.) yg menarik scr historis.

  17. Mbak Pres, sayang okt 08 ke bengkulu gak sempat beli. bisa paketin dong ke Jkt, klo Jambi, banjarmasin udah ada souvenir batik walaupun cm 3 motif. motif kaligrafi perpaduan bunga rafflesia dan burung kuau bagus juga.

  18. waduhhhhhhhh………..dek jadi kangen bikin batik itu…… kangen sama ibu pendek kecil yg ngajarin kita di SMP 1 itu……

    Batik pajangan buatanku pas smp masih terpajang di rumah.

    Hm……. tapi tiap ke bengkulu udah lama ga liat anak2 sekolah bawa2 kain hasil ngebatiknya ya….. (apa karena ke bengkulu nya pas anak2 liburan ya…?)

  19. _pnciPtaNya bTik t cPa cE ???

  20. mba…punya info yg jual batik bengkulu online ga? tengs yaa…

  21. punya info yg jual batik bengkulu online?
    tq

  22. waw its vveerryy good i like too see rafflesia flower and relung paku

  23. it is verrryyy goodd i like it

  24. kenapa gx,,,,, batik besurek krennnnn,,,,,,,,,,,,

  25. bagus…bagus…bagus…

  26. Batik bengkulu/kain basurek banyak dijual di bengkulu, salah satunya toko yang paling lengkap menjual batik bengkulu dengan ragamnya adalah “OVELIA GALLERY” di jl. M. Sutoyo No.08, Tanah Patah, Bengkulu. Telp.073622387 email oveliagallery@yahoo.com atau di group Facebook Ovelia Gallery

  27. aq mau bisa beli dimana ???
    motif kaligrafi perpaduan bunga raflesia !!!!!
    mantap ………..
    perlu dilestarikan dan harus dipromosikan sebagai aset daerah rejang (bengkulu),,,,,,,,

  28. mba, mau tanya. harganya berapa per kain, jenisnya tulis, print, atau cap? bahan dasarnya apa? katun, satin atau sutra???
    Lebar dan panjang kain berapa?
    tingkat susutnya berapa persen setelah pencucian?
    o.kirim ke bogor berapa ya?

    tks banyak
    deset

  29. Reblogged this on JANGJAYA06.

  30. cool…. kereeeenn

  31. dmn tokonya

  32. Cantik klie batik@,,,,

    gx kalah saing dgn batik aceh disnie,,,

    bengkulu,,q rindu dgn smua@,,,

    salam kangen,,dri tanah rencong tuk bumi rafflesia

  33. mbk mksh blog my tp aq minta cerita/sejsrsh nya dong kenapa relung paku dan burung kuau jd motif besurek jugad?

  34. Saya mau beli batik utk dijual kembali brpo disc?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers

%d bloggers like this: