bunga rafflesia Vs bunga bangkai

rafflesia_titanarum.jpg

Sebagai anak yang debesarkan di Bengkulu tentu saja kedua bunga tersebut tidak lagi asing bagi saya. Ketika saya merantau di pulau jawa, saya cukup terkejut mendapatkan kenyataan bahwa bunga rafflesia sering dikacaukan dengan bunga bangkai. Kedua bunga ini sering kali disamakan atau malah tertukar. Bahkan saya mendapati tulisan di sebuah harian nasional terkemuka beberapa hari yang lalu, menyebutkan bunga bangkai yang sedang mekar di sebuah TN sebagai bunga rafflesia.

Awalnya saya hanya mengetahui perbedaan kedua bunga ini dari fisiknya saja, tapi kepulangan saya ke Bengkulu saat lebaran kemarin memberikan saya pengetahuan lebih tentang perbedaan keduanya. Saat itu rafflesia sedang mekar di 3 titik antara kepahyang-curup (sekitar satu jam dari kota Bengkulu), walaupun saat itu saya tidak mendapat kesempatan melihat rafflesia yang masa mekarnya sudah habis, saya berkesempatan melihat bunga bangkai yang akan mekar di tempat budi daya-nya. Memang keduanya mengeluarkan bau busuk, namun ternyata memiliki perbedaan pada klasifikasi biologi, bentuk, warna, cara hidupnya, siklusnya, dll.

 

RAFFLESIA ARNOLDI

picture1.jpg

 

rafflesia_buds.jpgrhizanthes_zippellii.jpgrafflesia haseltiraf-tuan-mudaie-sma.jpgrafflesia pricei

 

Rafflesia yang banyak dikenal masyarakat adalah jenis rafflesia arnoldii. Jenis ini hanya tumbuh di hutan sumatera bagian selatan, terutama Bengkulu. Satu tempat yang paling bagus dan mudah untuk menemukan bunga rafflesia arnoldii ini adalah di hutan sepanjang jalan Bengkulu-Curup setelah Kepahyang. Di Bengkulu sendiri, bunga rafflesia telah dijadikan sebagai motif utama batik besurek (batik khas Bengkulu) sejak lama.

Ciri utama yang membedakan rafflesia dengan bunga bangkai secara awam adalah bentuknya yang melebar (bukan tinggi) dan berwarna merah. Ketika mekar, bunga ini bisa mencapai diameter sekitar 1 meter dan tinggi 50 cm. Bunga rafflesia tidak memiliki akar, tangkai, maupun daun. Bunganya memiliki 5 mahkota. Di dasar bunga yang berbentuk gentong terdapat bunga sari atau putik, tergantung jenis kelamin bunga. keberadaan putik dan benang sari yang tidak dalam satu rumah membuat presentase pembuahan yang dibantu oleh serangga lalat sangat kecil, karena belum tentu dua bunga berbeda kelamin tumbuh dalam waktu bersamaan di tempat yang berdekatan. Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan, tetapi masa mekarnya hanya 5-7 hari. Setelah itu rafflesia akan layu dan mati.

Rafflesia merupakan tumbuhan parasit obligat pada tumbuhan merambat (liana) tetrasigma dan tinggal di dalam akar tersebut seperti tali. Sampai saat ini Rafflesia tidak pernah berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya dan apabila akar atau pohon inangnya mati, Raflesia akan ikut mati. Oleh karena itu Raflesia membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup.

Sedikit informasi, selama 200an tahun tumbuh-tumbuhan dari genus Rafflesiaceae sulit diklasifikasikan karena karakteristik tubuh yang tidak umum. Berdasarkan penelitian DNA oleh para ahli botani di Universitas Harvard baru-baru ini, rafflesia dimasukkan ke dalam family Euphorbiaceae, satu keluarga dengan pohon karet dan singkong. Tapi hal ini masih belum terpublikasi dengan baik.

BUNGA BANGKAI TITAN ARUM

picture2.jpg

 

Selain rafflesia, bunga raksasa lain yang dikenal masyarakat adalah bunga bangkai/suweg raksasa. Yang paling populer di antara jenis bunga bangkai lainnya adalah jenis amorphpophallus titanium. Jenis ini hanya endemik tumbuh di kawasan hutan di Sumatera. Bahkan juga ada yang menyebutkan bunga ini sebagai bunga resmi provinsi Bengkulu (sumber : Wikipedia).

 

Berbeda dengan rafflesia, bunga bangkai titan arum ini berwarna krem pada bagian luar dan pada bagian yang menjulang. Sedangkan mahkotanya berwarna merah ke-ungu-an. Sekilas bentuknya saat mekar terlihat seperti bunga terompet. Bila rafflesia hanya melebar, bunga bangkai tumbuh menjulang tinggi. Ketinggian bunga bangkai jenis amorphophallus titanium ini bisa mencapai sekitar 4 m dengan diameter sekitar 1,5 m.

Bunga bangkai ini termasuk tumbuhan dari suku talas-talasan (araceae). Merupakan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Berbeda dengan rafflesia yang tidak dapat tumbuh di daerah lain, bunga bangkai dapat di budi daya. bila rafflesia parasit pada tumbuhan rambat, bunga bangkai tumbuh di atas umbi sendiri.

images3.jpgBunga ini mengalami 2 fase dalam hidupnya yang muncul secara bergantian dan terus menerus, yaitu fase vegetatif dan generatif. Pada fase vegetatif, di atas umbi akan muncul batang tunggal dan daun yang sekilas mirip dengan pohon pepaya. Tinggi pohonnya bisa mencapai 6m. Setelah beberapa tahun, organ generatifnya akan layu kecuali umbinya. Apabila lingkungan mendukung, dan umbinya memenuhi syarat pohon ini akan digantikan dengan tumbuhnya bunga bangkai. Tumbuhnya bunga majemuk yang menggantikan pohon yang layu merupakan fase generatif tanaman ini.

Menurut petugas penjaga lokasi budi daya bunga bangkai di hutan Kepahyang, Bengkulu, bunga baru bisa tumbuh bila umbinya memiliki berat minimal 4 kg. Bila cadangan makanan dalam umbi kurang atau belum mencapai berat 4 kg, maka pohon yang layu akan di gantikan oleh pohon baru.

images2.jpgSelain itu, bunga bangkai merupakan tumbuhan ber-rumah satu dan protogini, dimana bunga betina reseptif terlebih dahulu, lalu diikuti masaknya bunga jantan, sebagai mekanisme untuk mencegah penyerbukan sendiri. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga ini, seperti pada rafflesia, berfungsi untuk menarik kumbang dan lalat penyerbuk bagi bunganya. Setelah masa mekarnya(sekitar 7 hari) lewat, bunga bangkai akan layu. Dan akan kembali melewati siklusnya, kembali ke fase vegetatif, dimana akan tumbuh pohon baru di atas umbi bekas bunga bangkai.

Apabila selama masa mekarnya terjadi pembuahan, maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga. Biji-biji ini bisa ditanam menjadi pohon pada fase vegetatif. Biji-biji inilah yang sekarang di budi-dayakan. Beberapa waktu lalu, pihak kebun raya Bogor mengambil 6 umbi yang sudah besar dari tempat budi daya bunga bangkai di Bengkulu untuk koleksinya.

Nah, setelah membaca penjelasan saya yang panjang pada postingan kali ini, semoga teman-teman tidak lagi bingung membedakan kedua bunga raksasa ini. Biar gampang diingat, bunga rafflesia itu merah, tidak tinggi, dan merupakan tumbuhan parasit. Sedangkan bunga bangkai titan arum putih, tinggi, dan merupakan tumbuhan umbi-umbi-an. Selain itu, berbeda dengan bunga bangkai, rafflesia tidak dapat di budi daya. jika teman-teman ingin melihatnya, silakan datang ke Bengkulu pada saat musim mekar keduanya (^_^).

About these ads

139 thoughts on “bunga rafflesia Vs bunga bangkai

  1. Benar sekali Dek, banyak sekali yg masih nyebut Raflesia bunga bangkai…
    bahkan waktu di site tempat mekarnya pun, mereka menyebut Raflesia dengan nama latin bunga bangkai (Di tempat ini sedang mekar bunga Amorphallus titanum)…so..??

    • Saya sebagai peneliti/pemulia underutilized species (termasuk amorphophallus) uraian populer adik sangat bagus. Kami di lab Pemuliaan tanaman Faperta UNPAD Bandung saat ini tengah melakukan study keragaman genetik plasma nutfah puluhan aksesi dari genus Amorphophallus yang kami koleksi dari wilayah Jawa dan Sumatera serta A. konjak dari Jepang. Beberapa spesies Amorphophallus memiliki nilai ekonomi sangat tinggi sebagai sumber raw material untuk industri pangan berbasis karbohidrat. Salam.

      • WEW… saya dapet informasi yang sangat berharga sekali dari mas agung…. bunga bangkai yang bau itu ternyata bisa menjadi sumber karbohidrat… bisa dimakan!! Subhanallaah..
        btw, makasih mas, semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat banyak orang. ga nyangka jadi perhatian juga buat peneliti di Faperta UNPAD :)

  2. Saya kok baru tau n ngeh juga. Berarti udah terjadi publik kelirumologi ya selama ini? He..

  3. wah..sudah lama ga melihat kedua bunga itu :((

  4. saya asli bengkulu saya mo komentar ko raflesia g dikembangkan juga padahal menjanjikan lo

  5. b4, read this part of article carefully :

    Sampai saat ini Rafflesia tidak pernah berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya dan apabila akar atau pohon inangnya mati, Rafflesia akan ikut mati. Oleh karena itu Raflesia membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup.

    memang, pasti akan sangat menjanjikan, tapi berhubung hutan primer di dunia ini semakin sedikit (ditambah pengaruh global warming) jadinya, semakin g memungkinkan kayaknya…

    but, klo dipikir2, rafflesia merupakan satu petunjuk utama mengenai keberadaan bengkulu (setelah gempa n tabotnya) *nyengir sambil melet* klo rafflesia bisa dikembangkan, makin g jelas ni bunga ciri khas mana, kan? he he
    berbanggalah orang Bengkulu memiliki hutan yang rimba (sering dikatain ma temen2, “apa, bengkulu isinya hutan thok!”)
    he he, justru karena penuh dengan hutan, Bengkulu memiliki rafflesia ini…
    *tersenyum bangga penuh kemenangan*
    *lupa diri*
    *GEDUBRAKKK*
    (sampu jatuh segala… he he :D )

    • yup jadi bangga ko jadi anak bengkulu, tuh di luar gak banyak yang tau tentang bengkulu, so kia jaga hutan asli bengkulu.

    • ngga juga sih mbak,kenyataannya beberapa waktu lalu rafflesia sempat tumbuh di samping rumah tetangga saya di Kel. Berkas ( belakang mesjid Baitul Hamdi )

  6. Hai Presty, saya ikutan nimbrung n kasih komentar nih ya. Saya suka (appreciate) dengan kepedualianmu tentang bunga bangkai, lha orang Bengkulu, mestinya lah ya. Tentang Rafflesia dan Amorphophallus, setahu saya vernacular name (nama deerah) untuk keduanya memang bunga bangkai, karena aroma ‘bangkai’ yang ditumbulkan oleh kedua bunga tersebut. Jadi untuk membedakannya mungkin perlu disebut bunga bangkai Rafflesia atau bunga bangkai suweg (Amorphophallus). Memang sering terjadi kerancuan istilah, tapi itulah perlunya istilah latin untuk kesepakatan ilmiah bagi nama makhluk hidup di dunia. Salam.

  7. wah, makasih juga pak, sudah mampir dan baca2 di sini.. hhmm… daerah mana dulu, pak? sepertinya, kalau di Bengkulu (yang bisa di bilang daerah habitatnya, orang2 menyebut bunga rafflesia bukan sebagai bunga bangkai.. dan sebutan bunga bangkai berarti bunga titan arum ini :D
    nah, makanya… maksud dari postingan saya, mbo ya untuk vernaculer name-nya mulai sekarang kita rubah, jadi bunga rafflesia n bunga bangkai aja.. setuju kan, pak? he he3 (maunya..) soale, sedih juga, buanyak bgt orang yang g ngerti rafflesia itu yang mana gara2 kerancuan nama ini…. :)

  8. Dear Presty, pertama salut dah kasih info tuk yg pengen tau Rafflesia dan bedanya ma bunga Bangkai… kebetulan saya juga asli Bengkulu dan beberapa waktu yg lalu saya jg pernah tukar info ama DR dari Makassar yang ngeklaim Rafllesia tumbuh dilapangan rumput di sana, bahkan saya juga menambahkan kalo kedua bunga tersebut juga mempunyai nama daerah Rafllesia nama daerahnya SEKEDAI (bhs Rejang) dan bunga Bangkai atu titan arum adalah KIBUT (jg bhs Rejang) kedua bunga ini bagi masyarakat Bengkulu adalah kebanggaan dan saya juga sangat bangga sbg org Bkl, juga sebagai informasi bunga KIBUT banyak di temukan di Indonesia dan Bunga Rafflesia bisa di temukan di Aceh, Sumbar dan Taman Nasional Kot Kinabalu Malaysia, namun yg paling banyak jenis dan besar ukurannya hanya di Provinsi BENGKULU… (Love BkL)

    >>wah, info yang bagus juga… kayaknya g bgt deh rafflesia bisa tumbuh di lapangan rumput, ya? klo bunga titan arum masih memungkinkan.. klo rafflesia? kan harus ada pohon inangnya…
    btw, hidup bengkulu!!!
    eh, presty juga baru tahu klo di rejang ada namanya… he he, syukron.. :)

  9. aku sangat menyukaui karya-karya kamu, syukron atas inspirasinya. ana harap ukhti dapat meningkatkan kreatifitasnya.
    jazakallah.

    >>subhanallah… jazakallah juga, akhi.. :)
    semoga, kreativitas ini bisa terus berkembang menjadi lebih baik..
    syukron katsira.. :)

  10. bah…………untunglah saya mendapat informasi ini, karena kami adu pendapat dengan teman satu kos sampai -sampai hampir berantam, sudah kubilang sama dia kan aku anak kehutanan jadi tahulah sikit- sikit, tapi dia keras kepala,dia anak hukum.sekali lagi thankssssssssssss.

    >>waaahh.. yux kita keroyok si anak hukum ituh.. :evil:
    *provokator mode : on :P *
    alhamdulillah klo emang bisa membantu… :)

  11. ooo beda to…
    baru tahu saya
    makasih infonya…

    >>alhamdulillah bisa berguna… :)

  12. Mba presty, bagus banget artikelnya. Saya juga baru tau setelah membaca tulisan ini lho…. Ooooh, jadi beda yah!!!

    Btw mba, bikin tulisan donk kenapa katanya bunga ini bau seperti bau bangkai. Zat apa sih yg menyebabkannya? Ato kenapa cantik tapi bau? Seperti lagu aja yah! Hehe…. Ditunggu yah mba.

    >>wadew, klo soal baunya, saya juga belom tau.. :lol:
    tapi yang penting, dah tau bedanya, kan? ;)

  13. Tahu ga dik
    di Ciamis ada taman raflesia
    itu adalah alun2 kota
    indah bgt :)

    >>masa, sih??
    besok2 k sana, aahhh.. :D

  14. dulu jaman SMA sering nongkrong di situ
    ualah masa abu masa kelabu:(

    >>masa kelabu atau…. :lol:

  15. biar hetrix

    >>ck ck ck..
    *geleng2*
    kena virus apa ya, kakaQ yang satu inih? :mrgreen:

  16. horeee bisa

    >>horeee!!!
    *ikut aklh achoey lompat2 kegirangan :P *

  17. Pingback: Rafflesia Arnoldi vs Bunga Bangkai « M0lim0’s Weblog

  18. ye maknya jangan suudon dulu ma bunga rafflesia
    maen nyama2in ja ma bunga bangkai

    salam

    pejuang hati

    = = = = =
    owke…
    :,mgreen:

  19. ya ampun *cengok* saya baru tau kalau mereka beda =))
    terima kasih banyak-banyak buat info nya, jadi nanti kalau lagi ngomongin bunga bangke sama raflessia arnoldii saya ga keliru lagi dan juga ga malu. thanks a lot!! *hearts*

    = = = = =
    semoga bermanfaat ya.. :D

  20. Pingback: Bunga Rafflesia Vs Bunga Bangkai « PuTRi ReNggaNis’s Weblog

  21. Saya pengen konsultasi ke rekan-rekan yang lebih paham dengan undang-untang th 1999 tentang tumbuh-tumbuhan yang dilindungi oleh pemerintah.
    Beberap waktu lalau saya denger cerita dari temen yang tinggal di daerah Gunung Kerinci jambi. ceritanya begini ” ADA SEORANG PENDUDUK YANG TINGGAL DI KAWASAN TAMAN NASIONAL DI DIJEBLOSKAN KE BUI/ PENJARA HANYA KARENA MEMINDAHKAN TUMBUHAN BUNGA BANGKAI (Amorphophallus Titanum)DARI KEBUNNYA SENDIRI KE HALAMAN RUMAHNYA YANG JARAKNYA TIDAKLAH BEGITU JAUH DARI RUMAH NYA ”
    Hal yang saya herankan kenapa demikian kakunya aparat pemerintah dalam hal ini.? Toh maksud dari penduduk tersebutkan cuman memindahkan dari kebun ke pekarangan rumah saja. Kok malah di SEL.Menurut saya akan lebih terawatlah kalau dipindahkan dekat dengan kita(kalau yang benar2 hoby) Sementara diluar negeri budidaya tumbuhan A.Titanum ini sudah dibudidayakan secara besar-besaran, kenapa kita yang punya tumbuhan sendiri tapi tidak boleh membudidayakannya secara perorangan. kenapa hanya pihak pemerintah saja yang dapat ijin untuk itu.

  22. haaa… masa sih malah di sel????
    seharusnya pemerintah g bertindak segitu kerasnya, ya…

    bener bgt!! kenapa untuk membudidayakan tumbuhan langka, malah dipersulit?

    entahlah… :(

  23. Pagi mbk,,sya John org lampung.Kbtulan sya mau ke bengkulu.Mbk,tlng ksh th tmpat bunga raflesia yg sdg mekar.

  24. n…… ikutan nimbrung,joko susilo yg ada di pring sewu tanggamus.ok

  25. makasih infonya mb. Btw sy org indo yg tinggal di Tanzania. Gemes liat iklan2nya visit malaysia year. Byk budaya indo yg di adopsi, flora jg fauna. Termsk slah stnya bunga rafflesia

  26. Kalo nggak salah yang di sel itu kalo kita ngambil dari hutan cagar alam yang dilindungi pemerintah dan dunia. Kalo dari hutan liar yang banyak di sumatera sih menurutku sah aja di bawa ke rumah dan dibudidayakan.
    Nggak tau ya kata orang hukum …

  27. Mohon penjelasannya dari temen yang berkopeten di bidang Hukum dan Undang-Undang negeri ini.

    Please… sebelum terlambat karena perluasan wilayah perkebunan disumatera semakin marak saat ini. Tq

  28. Ka,di sukabumi juga ada bunga raflesia yang tumbuh di kebun milik warga masyarakat setempat. bunga itu tumbuh menjadi besar,dan beranak….
    tapi pertamanya,bunga tersebut bukan bunga bangkai,karna pada 10 tahun yang lalu,warga setempat menana bunga suweg,dimana tumbuhnya bunga bangkai tersebut…

  29. Saya kira selain pembetulan sebutan ilmiah ada satu lagi yang lebih penting yaitu mempupulerkannya sebagai tanaman khas Indonesia lalu dipupulerkan minimal di dalam negeri kalau perlu keluar negeri. JANGAN SAMPAI SUATU HARI NANTI MUNCUL BUNGA BANGKAI JENIS “BANGKOK” padahal curian dari Indonesia. Marilah mulai sekarang BANGGA DENGAN APA YANG KITA MILIKI. jangan terkagum-kagum sesuatu yang berbau luar negeri terutama BANGKOK, untuk jenis tanaman. Hidup INDONESIA VIVA INDONESIA

  30. ehhmmmm,,but Q org bKL g’ pRnAh tucH Liat k2 bunga itu secara Live,,kPN2 ajak Q yoww..pNasaRN nie,.trim’zZ,,hee

  31. saya cuma mau kasih info aja,
    rafflesia arlnodi juga tumbuh di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Lampung
    dan pada bulan November ini ada yg merekah (cepetan klu mau lihat)

  32. saya tinggal di sektor Catalina Tangerang – Banten…

    saya melihat bakal titan arum… belum sempat saya ambil fotonya eh, udah dibabat sama warga… mungkin karna nga ngerti kali yah….

    seandainya sepulang saya nanti tuh batang A.titannya masih ada… bisa nga yah diselamatin dgn cara stek atau apapun?????

    rasanya aneh bunga titan arum bisa tumbuh di daerah tangerang di samping jalan….

  33. dasar ga ada nama ilmiah kedua tanaman itu jadi g kira keterangan di atas sebenarnya tak ada gunanya

    = = = = =
    maksudnya? hehe..
    kayaknya presty ada nulis deh nama ilmiahnya..
    maaf klo keterangan yang presty kasih g berguna buat mz sutrisno.. maklum, presty emang bukan ahli botani.. tapi semoga info postingan ini masih berguna buat banyak orang yang lain..
    syukron masukkannya.. :D

  34. Di kelurahan bojong nangka kec.kelapa dua kab.tangerang juga banyak terdapat bunga bangkai, tapi ukurannya kecil. Secara kebetulan Siswa-siswi SDIT ALIA Nurul Jihadi menemukan beberapa bunga tersebut, kemudian dipindahkan di pot dan dimanfaatkan untuk bahan penelitian anak-anak murid SDIT. Bagi yang ingin melihatnya boleh mengunjungi sekolahan kami : SDIT ALIA Nurul Jihadi, Perum.Dasana Indah Blok SO Bojong Nangka Kelapa Dua Tangerang

  35. idenya boleh dicoba dan ditiru soalnya unik tapi jenius kebetuln saya suka sama orang yng cerdas
    salam ARDIFAN SMPN 8 DEPOK

  36. hai mbak presty.. saya boleh ambil sedikit tulisan anda ya, saya juga pernah ditanyain sama anak SD apa bunga raflesia itu sama dgn bunga bangkai.. akhirnya saya coba cari tahu dan saya nulis dikit ttg bunga raflesia an bunga bangkai wi http://www.wikimu.com.. ternyata anda juga nulis dan lebih lengkap, sehingga pengetahuan saya jadi nambah.. makasih yaaa… dan salam kenal :)

  37. baru2 ini di kabupaten dairi (sumut), sitemukan bunga bangkai setinggi mencapai 2 meter. Saat ini sdh mekar sekitar 1 minggu.

  38. WHUA…………..
    Suweq kan di P. Jawa juga ada banyak, umbinya biasanya di rebus sama kebanyakan orang untuk dijadikan camilan ( semacam ketela rebus atau jagung rebuslah )………………….

  39. wah bagu bnaget info dari mbk Presty, ech mbak apa ayuk Presty yach? he he

  40. wah kalo aku sih lum liat bunga bangkai mank bunga bangkai bau to????

  41. dah lama q pengen banget liat ke2 bunga itu.Tapi sampai skrg belum kesampean…hehe…

  42. woooooooooow, buset ak baru tau , kalo bunga bangkai & raflesia tu beda

    waduh thx bgt yaaaa

  43. wewe…ak g prnah liat kedua bunga itu….

  44. Tolong infonya ya…
    Kapan ada Titan Arum yg mau mekar dalam waktu dekat ini? Saudara2 kita dari negeri jiran kepengin liat. Thanks sblum & ssdhnya…

  45. jangan sampai punah…
    harus diLestarikan… :-)

  46. Demoffy,………… kalau yang dicagar alam pastilah ada yang bertugas menjaganya, tapi kalau tumbuhan tersebut adanya diluar hutan lindung dan cagar alam bagaimana??????…. kita mau membudi dayakannya saja tidak diperbolehkan oleh Undang-undang negeri RI, sementara perluasan perkebunan dan daerah tambang hasil bumi semakin marak dilakukan oleh perusahaan besar.

  47. Waaahhh, makasih infonyaaa. Saya bahkan nggak tahu kalau rafflesia arnoldi dan bunga bangkai itu berbeda. Tapi setelah baca, jadi tahu perbedaannya. Hehe, trims banyaaaak.

  48. mampir numpang idup.

  49. wah… benar juga ya… bentuk bunganya berbeda
    tapi orang-orang kok banya yang menyebut keduanya bunga bangkai, padahal kann bentuknya jelas beda, cuma baunya aja yang sama. he..he..he..he… B-)

  50. tolong kirimkan satu bunga bangkai di rumah saya okkkkkk
    alamat : kepanjen malang perum griya sukoardi indah B 13

    wkwkwkwkwkwkwkwk

  51. Mas Denny maunya yang jenis apa????
    karena yang namanya bunga bangkai buanyak banget, mulai dari yang paling besar yaitu A.Titanum,A.Gigas,A.Campanulatus sampai yang jenis kecil seperti jenis Thypo dll dan kebetulan saya sudah sejak lama mengkoleksi dan membudidayakan jenis Bunga Bangkai tsb.

    • blh donk mas shre bgai mna mmbdibdyakn bunga bangkai nya…. krna sy jga ingn mmbdidyakan bnga itu d tmpt sya.. kbtln d tmpt sy jg bnyk bnga bngkai, cm blm ad yg pdli,,,

  52. Saya uda 12 tahun di Bengkulu, tapi belum pernah lihat yang asli, entar kalau ada yang mekar di Bengkulu lagi tolong kasi tau saya ya. saya jarang keluar, jadi nggak pernah tahu kalau ada bung Raflesia yang mekar. keysss,,,,, tankssss yachhh…..

  53. waw……aq bru tau yach!!!!!
    ada bunga yang sebesar itu

  54. wew bungnya besar bangat kaya mobil ajah

  55. thanks infonya… gua juga keliru selama ini,
    dan mohon info lagi dong.. ada bunga yang namanya bunga ralesia juga yang buat sirup???? emang namanya apaan sih

  56. sumpaheh thanks infonya pas banget aku lagi butuh.

  57. terimakasih yaa habis di kasih tau, akhirnya aku tau dan senang

  58. alhamdulillah, akhirnya aku bisa balas semua ejekan mereka(temen2 di desa).
    namaku bukan bunga bangkai si amorphopalus tapi si cantik nan menawan rafflesia…
    kapan2 kalo udah gedhe aku mau ajak ayah dan bunda lihat bunga rafflesia di bengkulu ah….
    hehehe…seneng deh baca artikel ini….

  59. mau tanya nih,
    bunga bangkai atau rafflesia berkembang pas musim apa ya?
    kemarau atau penghujan?

  60. makasih…atas penjelasan dan informasinya.Kita jadi bisa kerjain tugas dari guru dehhhhh………..thanks

  61. emang … nee dunia penuh dggan keajaiban “””

  62. ai…aq jg pernah liat bunga rafflesia di PPLH,trawas. tp pd saat 2 dy msh berukuran kecil……..
    TAPI….. kal yg titanum aq blm pernah liat…..

  63. ih sama bgt ma’ pengalaman gw tmn2 gw bner2 ngeyel tentang paerbedaan rafflesia ama bunga bangkai huh nyebelin :(

  64. mba makasih ya infonya, jadi ringan nih fikiran saya sebagai ortu yang nyariin info raflesia buat anak.. ya biasa sayang anak …haha oh ya salam success aja ya buat anda dan sekali lagi terima kasih semoga terus menulis untuk pengetahuan ya..

  65. aku mau tanya apa bunga bangkai(raflesia arnoldi) makan serangga?

  66. Raflesia Arnoldi juga diklaim Malaysia sbg tanaman miliknya kalau kita jeli dia dah pampangkan di Jakarta melalui Billboard Visit Malaysia, bagaimana nih Orang Lampung khususnya dan Indonesia, apa kita diam aja menghadapi Malaysia yang menklaim banyak kekayaan budaya dan alam Indonesia?. SBY dan menteri pariwisata dah tau belom ya

  67. Iya, Semalam iseng melihat Iklan kontroverisial malaysia secara penuh, ternyata selain tari pendet ada budaya Indonesia yang lain yang dijuga diklaim yakni Bunga Rafflesia Arnoldi yakni bunga khas kebanggaan Provinsi Bengkulu, dan wayang orang khas jawa. Apa karena itu bukan budaya bali jadi kita ngak terlalu perhatikan ya?? Padahal itu juga salah satu kekayaan bangsa!!!

  68. Capek guwa dari semalam perang diblok malaysia, yang ngeklaim bunga terbesar adalah milik mereka waktu kukasih sejrah ditemukannya bunga tersebut mereka diam hahahhaaha…. bunga rafflesia memang juga ditemukan dimalaysia tepatnya dikalimantan tapi secara sejarah bunga tersebut telah disebutkan sebagai bunga pademik sumatera.

    Pemerintah jangan diam saja, buat anak-anak yang baca ini sebarkan ke facebook dan blog lain jangan sampai hal ini dibiarkan!!!

  69. Wow…sekarang aq baru tahu ternyata beda ya..soalnya sejak kecil taunya dua bunga itu sama…tapi dua-duanya tetap aja menakjubkan…betul thoo..iya thoo..

  70. aku jadi pengen lihat kedua bunga tersebut gimaana sih
    jika dilihat dengan mata telanjang ???????

  71. aku jadi pengen melihat kedua bunga tersebut
    gimana sih kalau dilihat dengan mata telanjang????????

  72. Di rumah saya skrang sedang mekar bunga suweg. Kalau orang jawa bilang Bunga Bangah. Mekar baru kmrin tgl 29 Sept 2009. Sya tdk menggunakan istilah Bunga Bangkai dan Bunga Raflesia, karena SAMA2 bau busuk, kasihan khan yg punya nama bangkai. Padahal bentuk dan warnanya sama2 cantik. Kecuali Yg satunya harum (tidak busuk). Jangan2 yg disrobot Malaysia yg bungka bangkai,…hi…hi…hi…

  73. Dikebun rumah saya skrang sedang mekar bunga suweg. Kalau orang jawa bilang Bunga Bangah. Mekar baru kmrin tgl 29 Sept 2009. Sya tdk menggunakan istilah Bunga Bangkai, karena bunga Raflesia juga bau nggak enak, kasihan khan yg punya nama bangkai. Padahal bentuk dan warnanya sama2 cantik. Kecuali Yg satunya harum (tidak busuk).

  74. bunga ini sangat menarik, meskipun berbau tapi pesonanya tidak kalah..
    bentuknya yang unik patut untuk dilestarikan…
    artikel yang bagus, terimakasih..

  75. Owwhh q mow bgdd ngeliat bunga rafflesia+bunga bangkai soalnya q blom prnah liat keduanya :-(

  76. Aqq jg mau tuh liat keduanya bapak ku baru plg dari bengkulu bawa tabot bunga rafflesia jg pengen liat truss q bljr pel IPA bnyk bangett tentang bunga bangkai dan bunga raksasa…..
    Pernasaran bngdd aqq!!!
    mau liatt
    :-(

    3:(

    O:)

  77. baru2 baru ini saya menemukan bunga bangkai di pinggir sungai tapi saya nggk tau jenis bunga bangkai apa..

  78. thank’s banget infonya. kita anak kelas 4D jadi tau perbedaan antara raflesia arnoldi dengan bunga bangkai. matur nuwun yaa…. nati kalaau punya uang kita sekelas mau liat bunga raflesia dan bunga bangkai di Bengkulu. semoga bisa kesana. amiiieeeennn…………………….
    bye…bye…..

  79. NGAPAIN JAUH2 KE BENGULU CUMA BWT NGLIAT BNGA BANGKAI,DRMHKU JGA ADA KOK
    BNGA BIASA YG AKU KASIIN KAOS KAKI OLAHRAGANY KAKAKKU

    HUHUWAHHAHAHAHAAHAHAH…………

  80. tangyu atas infonyayo kapan – kapan kalau ada duitnya aku entar kesana amin good bye

  81. hmmm….makasih banget ya infonya Kak.
    Boleh ya saya pakai buat tambahan data artikel saya…

  82. Info yg menarik ..

  83. makasiiihh ea …. dah nyediain artikel…

  84. siapa yg menang
    di rasa yg rafflesia dech ^-^

  85. waaah…. kk maksh yua adik qu jd ngertiini,,,,
    bdaaa toochhh!!!

    heeeeeee”

  86. makacih yach pelajaran biologi q jd terbantu.saran q tlg donk kasih artikel lain ttg klasifikasi makhluk hidup yang laen

  87. wahhhhh………. udah lama sekali aq g’ laht bunga raflesianya. makasih yagh udak nampilkan artikelya.
    ini bermanfaat sekALI……….

  88. *pingin comment*

    Tulisan ini menurutku bagus dan berguna banget. Kayaknya cuma sedikit orang yang tahu kalau rafflesia dan bunga bangkai itu beda.

    Wkwkwkw.. Aku udah tahu dan kuumumkan pada teman2, tapi gak ada yang percaya.

  89. Oya, Kemarin ada Amorphophallus Titanium yamg sedang mekar di TaHuRa Ir. H. Haji Juanda, Bandung. Tapi waktu aku datang, udah agak layu.
    Gak tau deh, gimana sekarang…
    Si Titanium itu tumbuhnya dari umbi, ya… Baru tahu aku.
    Ngomong-ngomong, boleh gak aku tanam sebuah di halaman rumah?

  90. Mantap banget artikelnya, penuh kejelasan dan tidak terlalu berbelit-belit….

  91. Emmmmmmmmmmmmmmm………bagus juga laman yg dtampilkan…..tpi yo kyake msig ada yang kurang

  92. Ada yg tahu nggak, waktu-waktu kapan bisa lihat bunga raflessia mekar ? Ada orang asing yg nanya nih, kelihatannya dia pengen banget lihat bunga raflessia yg lagi mekar tsb…

  93. harus di jagax..
    supax populasi bunga nie gag punah/langka….

    OKE…..GOOD LUCK…:)

    SALAM”buat naG SMP NEGRI 6 TARAKAN KAL-TIM…
    KHususx naG class 9 YG LAGIE PERSIAPAN UAS…
    Ayo semangat…
    GOOD LUCK………;)
    :)

  94. alow kak presty…aq ribka dr pontianak…aq bertanya dikit neyh…kt ny bunga bangkai d indonesia bs ny cm tumbuh d daerah sumatera y…
    kyk ny kakak bs teliti d pontianak,,,tanah ny yg gambut qra2 bs atw nggak d tumbuhi bunga bangkai..krn pd kenyataan ny d kota qta (Pontianak) br aza d temukan bunga bangkai tiba2 ad tumbuh d pekarangan rmh warga..
    thank’s kak………

  95. Kalau di bilang bunga raflesia tumbuh di selatan Sumatra ( Kalau lebih banyak mungkin ) tapi teman saya pernah menemukan bunga raflesia itu mekar di Aceh yang di Utara Sumatra .

  96. wah bagus banget ni bunganya tapi bau nya busuk gak

  97. tapi bunganya sama besar gak yaa ^_*

  98. bagus sekali warnanya hehehehe

  99. bunga bangkai selain mempunyai bau yang khas juga punya struktur yang indah

  100. kedua bunga itu ga pernah lihat langsung

  101. Mba saya mau tanya berapa lama bunga raflesia dan bunga bangkai tumbuh?

    tolong dijawab ya

  102. mba bleh mnta no hp gk?

  103. Hi, nimbrung neh..
    Raflesia mungkin bukan hanya di Bengkulu aja, cm blm diketemukan krn kurang perduli ttg botani, masah seh di jagat raya ini hanya bengkulu yg memiliki hutan primer?? Pas aja kale mister “Raflesia Arnoldi” menyukai botani.. jd ketika ketemu bunga ini langsung deh di abadikan dengan namanya lagi.. Mungkin kalau diteliti hutan2 di jagat ini bisa aja ada tumbuhan ini. Saya makin yakin.. Np? bunga bangkai jg bukan hanya di hutan Bengkulu, 2009 saya kaget luar biasa, ketika saya berkunjung ke satu desa di perbatasan sumut dgn aceh tenggara, saya melihat bunga bangkai digotong beberapa pemuda desa dibawa ke kampung terdekat. baunya dan warna serta bentuk persis sama dgn bunga bangkai yg pernah saya liat di KRB. Mereka temukan tuh di hutan n anggap misterius krn mereka belum pernah liat sampe2 org sekampung nongkrongin deh.. Kemudian saya menjelaskan bhw itu bunga bangkai, Thanks…

    • bunga rafflesia emang banyak jenisnya, ra. dan aku yakin juga ada di daerah lain. cuma yang spesies rafflesia arnoldi keknya banyaknya di hutan bengkulu..
      nah, klo bunga bangkai, presty juga yakin bisa tumbuh di mana aja. karena bunga bangkai emang bisa dibudidayakan…
      tapi presty kurang ngerti juga si, karena presty sebenernya bukan orang biologi juga… :)

  104. makasih atas infony
    tpi aq mw nanya zat apa yang terkandung dalam bunga bangkai sehingga mengeluarkan bau bangkai

  105. mungkin semua orang udah pernah ngliat bunga reflesia , tapi aq belum sama ekali

    ha……….ha……………ha……………….

  106. Terima kasih infonya sangat membantu anak saya dalam mengerjakan tugas sekolahnya

    sekali lagi terima kasih banget

  107. pak apasih maksutnya :)
    hahahahahahahahahahha
    waw baunya busuk , tapi gak papalah yang penting ada ilmunya juga :D

  108. sip semoga orang yg belum tau akan perbedaan bunga rafflesia dan Kibut ( bunga Bangkai ) akan mengerti …. salut presty… lanjutan by in bn

  109. semoga mnmbah wawasan kta tntg bunga bangkai

  110. sama gan saya juga baru tau, kirain sama aja

  111. ooo jd gtu y…….aku jg bru tau…….cz x aku bru lihat td pda tnggl 27maret2011….
    emg sih yg aku lht…..eya t brbntuk kerucut……dan berbintik”d smua kelopak x….yg dsbt dgn TITANUM….
    By…..
    BA6734XA

  112. oh ternyata beda y. untung kebetulan baca blog ini. shg meluruskan yang tidak lurus

  113. Informasinya menarik mbak…. Baru jelas perbedaannya!
    Salam mbak!

  114. perlu di jelaskan tu mn yang bunga bangkai dan mn yang bunga raflesia,,,,,,,,,,pembahsan ini rasanya dah cukup untuk di mengert

  115. kk cara bikin gambar icon nya gambar kita sendiri itu gi mana ????

    kalau bikin di blogspot bisa atau gk

    jawab di facebook andreaslion92@yahoo.com

  116. btul juga tu. bagi donk pengalaman.a ma kami-kami

  117. Pingback: Budaya korupsi seperti bunga bangkai dan bunga rafflesia « ZALZ's Blog

  118. apa perbedaannya dan persamaanya

  119. kalau begitu , apa ciri khusus dari bunga bangkai ?

  120. Pingback: Rafflesia Mekar Ganda di Bengkulu | pReSty LaRaSati

  121. mksh infonya………….sblmnya saya jg bingung membedakan antara bunga Rafflesia dan bunga bangkai

  122. terimakasih y bwt info’a mba laras sangat menarik bwt pngthuan,,, sekedar info juga, bagi teman2 yg ingn lihat bunga bangkai tepat’a di kec, subah kab, sambas pontianak. KAL-BAR. yg lebih seru’a bunga bngkai tersbut mekar bersamaan dengan musim panen durian jd sxn makan durian kita juga di manjakan dgn tumbuhan langka tersebut.. klw mw ksna sktr bulan desember.

  123. Terima kasih atas informasinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s